WhatsApp Luncurkan Kunci Sidik Jari untuk Para Pengguna Android WhatsApp Luncurkan Kunci Sidik Jari untuk Para Pengguna Android ~ Teknogav.com

WhatsApp Luncurkan Kunci Sidik Jari untuk Para Pengguna Android


Teknogav.com - WhatsApp selalu berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur baru pada aplikasinya. Privasi dan keamanan merupakan faktor yang menjadi perhatian WhatsApp, tentunya karena pesan pribadi bersifat personal sehingga perlu adanya penguncian. Beberapa metode penguncian sudah diterapkan oleh WhatsApp, salah satunya adalah menggunakan PIN. Metode lainnya adalah Touch ID dan Face ID yang sudah bisa digunakan oleh pengguna iPhone sejak awal tahun 2019. Kini pengguna Android pun bisa menggunakan sensor sidik jari untuk membuka penguncian aplikasi ini.

Cara aktivasi fitur membuka penguncian dengan sidik jari mudah. Pertama-tama pastikan sudah menggunakan aplikasi WhatsApp terbaru, yaitu untuk Android adalah versi 2.19.308 yang diunggah pada 28 Oktober 2019. Kemudian langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tekan menu dari ikon tiga bulatan di pojok kanan atas, lalu pilih Settings atau Setelan
  3. Pilih Account atau Akun
  4. Pilih Privacy atau Privasi
  5. Geser tampilan menu sampai ke paling bawah, kemudian pilih Fingerprint Lock atau Kunci Sidik Jari
  6. Pada pilihan Unlock with Fingerprint atau Buka kunci dengan sidik jari geser bar untuk mengaktifkan
  7. Kemudian konfirmasi sidik jari dengan meletakkan jari pada sensor sidik jari
  8. Setelah itu, pilih durasi waktu penguncian aplikasi secara otomatis, pilihannya adalah segera, setelah satu menit dan setelah 30 menit

cara aktivasi fitur fingerprint di WhatsApp
cara aktivasi fitur fingerprint di WhatsApp
Aktivasi metode sensor sidik jari untuk membuka penguncian pun berhasil dilakukan.

Tentunya ini menjadi pengalaman baru untuk membuka aplikasi chatting yang populer ini bagi pengguna Android. Sayangnya metode ini baru diluncurkan setelah berbulan-bulan sebelumnya bisa digunakan oleh perangkat dengan sistem operasi iOS. Kendati demikian metode menambah lapisan keamanan tambahan bagi penggunanya. Seluruh chat dan notifikasi kini bisa dikunci dengan menggunakan sensor sidik jari yang biasa digunakan pada layar. Pilihan durasi waktu untuk membuka penguncian pun beragam. Pilihan yang tersedia adalah segera, 1 menit dan 30 menit.

Aktivasi fitur pengamanan dengan sensor sidik jari ini dapat mengunci seluruh chat dan notifikasi. Sidik jari yang digunakan  sama dengan yang digunakan untuk membuka penguncian layar. Nah, bagi yang ingin mengaktifkan fitur ini, selamat mencoba ya!
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email