Ini Keunggulan-keunggulan Duo Canon PowerShot G Seri Terbaru Ini Keunggulan-keunggulan Duo Canon PowerShot G Seri Terbaru ~ Teknogav.com

Ini Keunggulan-keunggulan Duo Canon PowerShot G Seri Terbaru


Teknogav.com - Pada ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 di Yogyakarta, Canon juga meluncurkan dua varian Canon PowerShot G Seri terbaru. Kedua kamera G-series tersebut adalah PowerShot G5 X Mark II dan PowerShot G7 X Mark III. Kinerja kamera ditingkatkan serangkaian fitur, yang mencakup sensor CMOS 1.0 inci, perekaman video 4K tanpa crop, high speed shooting 30 fps dan lain-lain. Berikut ini akan dipaparkan lebih jelas mengenai serangkaian fitur tersebut.

Sensor CMOS Lebih  Besar dan Prosesor Gambar DIGIC 8

Jika dibandingkan sensor kamera compact, kedua kamera ini memiliki sensor yang lebih besar sehingga kinerjanya meningkat dengan autofokus lebih cepat. Hasil pemotretan lebih terang, tajam dan minim noise dalam segala suasana, walau kurang cahaya seperti malam hari atau mendung.. Kemampuan ini berkat rentang ISO yang luas sampai 25.600.

Bukaan Lensa Lebar

Pemotretan gambar dengan efek bokeh lebih leluasa berkat bukaan lensa lebar, yaitu f/1.8-2.8. Kedua kamera memiliki rentang focal length yang luas sehingga memberikan kemampuan zoom optik yang lumayan. Luasnya rentang tersebut juga memungkinkan pengambilan berbagai kebutuhan foto seperti landscape, macro, portrait sampai perekaman video selfie.
Selfie dengan Canon PowerShot G5 X Mark II
Selfie dengan Canon PowerShot G5 X Mark II

LCD yang Bisa Ditekuk

Kemudahan untuk selfie baik itu pemotretan atau perekaman video didukung LCD yang dapat ditekuk bahkan sampai 180ยบ. Kemampuan LCD yang bisa ditekuk ini memudahkan untuk membidik gambar dari berbagai sudut sehingga bisa merekam dengan sudut pandang unik.

Panoramic Shot

Tak perlu perangkat lunak penyuntingan untuk bisa menghasilkan foto panorama berkualitas tinggi, cukup aktifkan mode panoramic shot. Panning horisontal atau vertikal bisa dilakukan dengan menekan tombol shutter.

High Speed Shooting 30 fps

Pemotretan bisa dilakukan secara tepat walau subjek bergerak cepat dengan menangkap satu frame terbaik di fokus dan posisi yang diinginkan. Momen tersebut dapat diabadikan berkat pengaturan pre-shoot 0,5 detik sebelum tombol shutter ditekan. Tak akan ada momen penting yang terlewat berkat kemampuan pemotretan di kecepatan tinggi, yaitu 30 fps dalam mode RAW dan 20 fps dalam mode JPEG.

Konektivitas Nirkabel

Kamera mudah dihubungkan ke smartphone atau tablet dengan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth Low Energy (BLE) menggunakan aplikasi Canon Camera Connect. Aplikasi tersebut dapat digunakan pada perangkat Android atau iOS dengan mengunduhnya di Google PlayStore atau App Store.

Pengiriman gambar ke smartphone atau tablet tetap bisa dilakukan walau kamera sambil digunakan memotret. Jadi tak perlu lagi memindahkan foto secara manual setelah memotret. Smartphone bisa juga digunakan sebagai pengendali jarak jauh untuk memotret atau merekam atau Remote Live View Shooting.

Selain konektivitas nirkabel, tersedia juga port USB Tipe-C untuk memudahkan pengisian daya dengan memakai USB Power Adapter PD-E1.

Desain Ringkas dan Ergonomis

Kedua Canon G-Series ini memiliki bentuk ringkas dengan bobot ringan, desainnya pun ergonomis sehingga ideal sebagai kamera all-in-one sehari-hari. Bentuk yang ringkas ini memudahkan untuk dimasukkan dalam kantong, pouch dan tas jinjing wanita.
Peluncuran kamera Canon PowerShot G-Series terkini beserta aksesorinya
Peluncuran kamera Canon PowerShot G-Series terkini beserta aksesorinya
“Kedua kamera Canon G-series ini mengintegrasikan fitur-fitur baru, peningkatan kinerja dan unsur-unsur terbaik dari seri PowerShot dan EOS. Kemampuan tersebut menjadikannya andalan untuk fotografi dan videografi,” ucap Merry harun - Canon Division Director pt. Datascrip.

PowerShot G7 X Mark III - Mumpuni Merekam Video

Canon PowerShot G7 X Mark III
Canon PowerShot G7 X Mark III
Kamera bisa digunakan untuk merekam video 4K tanpa crop dan maksimal untuk merekam secara landscape berkat lensa wide 24 mm. Perekaman video 4K juga bisa dilakukan dengan format JPEG sehingga bisa mengambil frame tertentu dan meninjau ulang rekaman setiap saat. Momen dari video juga bisa dipilah dan disimpan sebagai gambar 8 MP JPEG berkualitas tinggi.
Canon PowerShot G7 X Mark III
Canon PowerShot G7 X Mark III

Para vlogger tentunya akan suka dengan fungsi live streaming yang bisa menghubungkan langsung kamera ke YouTube. Kegiatan livestream dapat dilakukan selama kamera terkoneksi dengan Wi-Fi. Seperti telah disinggung sebelumnya Canon PowerShot G7 X Mark memiliki focal length yang luas, yaitu 24-100 mm dengan zoom optik 4,2x.  Harga yang dibandrol pada PowerShot G7 X Mark III adalah Rp10,67 juta.

Sebenarnya kamera ini sudah dibekali mikrofon stereo internal, tetapi jika ingin meningkatkan kualitas perekaman suara, tersedia jack mikrofon 3,5 mm untuk memasang mikrofon eksternal.

PowerShot G5 X Mark II – Andalkan Fitur Pop-up EVF

Canon PowerShot G5 X Mark II
Canon PowerShot G5 X Mark II

Fitur Pop-up Electronic Viewfinder (EVF) mencakup 2,36 juta titik dan panel OLED high-definition 0,39 inci. Ketika matahari terik menyilaukan sehingga susah melihat tampilan LCD, fitur ini akan membantu pemotretan dan perekaman video di luar ruangan. Pop-up EVF dapat dimunculkan dan disembunyikan sesuai kebutuhan, sehingga desain kamera tetap ringkas.

Rentang focal length pada PowerShot G5 X Mark II lebih luas, yaitu 24-120mm dengan kemampuan optical zoom 5x. Harga yang dibandrol pada PowerShot G5 X Mark II adalah Rp12,98 juta.

Canon Tripod Grip HG-100TBR

Canon Tripod Grip HG-100 TBR dengan kamera Canon PowerShot G7 X Mark III
Canon Tripod Grip HG-100 TBR dengan kamera Canon PowerShot G7 X Mark III

Jika membutuhkan pegangan kokoh dan nyaman, gunakan grip Canon Tripod Grip HG-100TBR. Perekaman dan pemotretan vertikal pun bisa dilakukan dengan mantap, sehingga sempurna jika ingin memuat hasilnya dalam Instagram Stories. Sesuai dengan namanya, tentu saja alat ini bisa dijadikan table-top tripod untuk merekan film sendiri. Perangkat ini bisa dikendalikan, baik untuk zoom maupun melepas tombol shutter dengan koneksi Wireless Remote Control BR-E1. Harga yang dibandrol pada Tripod Grip HG-100TBR adalah Rp1.397.000

Canon Stereo Microphone DM-E100

Perekaman video dengan audio berkualitas tinggi bisa tanpa gangguan suara sekitar dapat dilakukan dengan mikrofon eksternal ini. Tersedia juga wind screen untuk mengurangi kebisingan angin saat merekam. Harga yang dibandrol pada mikrofon ini adalah Rp1.567.500
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email