WhatsApp Hadirkan Fitur Katalog untuk Mudahkan Berjualan di WhatsApp Business WhatsApp Hadirkan Fitur Katalog untuk Mudahkan Berjualan di WhatsApp Business ~ Teknogav.com

WhatsApp Hadirkan Fitur Katalog untuk Mudahkan Berjualan di WhatsApp Business


Teknogav.com - Kemajuan teknologi yang menjadi serba digital membuat bisnis pun semakin dipermudah dengan berbagai layanan, termasuk salah satunya WhatsApp. Kini banyak sarana digital yang bisa digunakan oleh suatu usaha untuk membantu meningkatkan relevansi merek bagi pelanggannya. Tahun lalu, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business yang menawarkan cara mudah untuk memluai usaha. Baru-baru ini WhatsApp memperkenalkan fitur Katalog sebagai etalase mobile yang memudahkan suatu usaha untuk berjualan.


Fitur Katalog dapat memamerkan 500 foto produk atau jasa yang dapat menarik perhatian calon pelanggan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memanfaatkan fitur Katalog.

1. Membuat foto

membuat foto
Kini  memotret semakin mudah, tak perlu kamera mahal, bahkan hanya dengan memakai smartphone pun bisa. Tak perlu lagi membayar fotografer mahal atau membeli kamera DSLR. Jika ingin memaksimalkan pemotretan, bisa juga memakai tripod dan kotak studio mini. Eksperimen pemotretan bisa dilakukan dari berbagai sisi dan jarak, mulai dari overhead sampai off-center. Jika detail produk memiliki nilai jual tinggi, jangan lupa untuk memotret dari jarak dekat untuk memudahkan calon pelanggan mendapat informasi yang dibutuhkan.

2. Mengunggah foto

mengunggah foto di fitur Katalog pada WhatsApp Business

Ketika foto-foto sudah dibuat, waktunya untuk memajang pada etalase yang bisa dilihat para calon pelanggan. Mereka dapat menelusuri galeri produk di fitur Katalog pada aplikasi perpesanan tanpa perlu beralih ke aplikasi lain. Ketimbang mengirim foto produk satu per satu saat melakukan percakapan antara penjual dan pembeli, jadi terkadang terasa seperti dibombardir foto. Berbeda jika calon pembeli memiliki keleluasaan untuk menelusuri sendiri koleksi foto produk yang ada. Ketika calon pembeli menemkan produk yang disukai di katalog, mereka tinggal memilih dan mendiskusikannya di ruang obrolan.

Cara membuat Katalog mudah, cukup buka aplikasi WhatsApp Business dan buka menu Pengaturan/Setelah. Pilih menu Pengaturan/Setelan Bisnis, dan kemudian pilih Katalog. Jumlah foto yang bisa diunggah bisa sampai 500 foto. Jangan lupa untuk melengkapi rincian produk berupa nama produk atau jasa, deskripsi, harga, tautan dan kode produk atau jasa.

3. Mempromosikan Produk


Setiap item yang terdapat pada Katalog dapat disebarkan ke pelanggan dengan mempromosikannya. Jika pelanggan melihat produk tersebut dan tertarik, maka mereka bisa langsung menghubungi dengan menekan tombol ‘Kirim pesan ke bisnis’. Katalog penjual tersebut juga bisa dibagikan pelanggan kepada temannya.

Demi memenuhi kebutuhan tren dan selera konsumen masa kini, para pebisnis harus cepat beradaptasi dengan segala teknologi digital terbaru. Proses transformasi dan pembelajaran teknologi disajikan begitu mudah pada WhatsApp Business. Para penjual dan pembeli pun dimanjakan dengan platform yang biasa dipakai. Fitur Katalog merupakan etalase digital di smartphone yang praktis, cocok bagi gaya hidup pelanggan masa kini. Penjualan pun bisa meningkat dan percakapan yang bertumpuk-tumpuk pun bisa dikurangi.

Kini penjualan semakin praktis, tinggal potret, unggah foto, dan jual! Aplikasi WhatsApp Business bisa diunduh dari Google Play Store dan Apps Store secara gratis.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email