Samsung Galaxy S11+ versus Huawei P40 Pro, Pilih Mana? Samsung Galaxy S11+ versus Huawei P40 Pro, Pilih Mana? ~ Teknogav.com

Samsung Galaxy S11+ versus Huawei P40 Pro, Pilih Mana?



Teknogav.com - Samsung dan Huawei tampaknya kini saling bersaing untuk menggarap smartphone canggih yang paling dinanti-nantikan. Beberapa bulan lalu dikabarkan bahwa Galaxy S11 dan S11+ akan menggunakan konfigurasi empat kamera dangan satu lensa telefoto 48 MP. Sementara itu Huawei P40 Pro rumornya akan hadir dengan lensa zoom terpanjang yang mampu melakukan pembesaran sampai 10 kali. Yuk simak bocoran-bocoran dari kedua smartphone yang akan datang tersebut.


Samsung Galaxy S11 dan Galaxy S11+

Beberapa bocoran mengenai Samsung Galaxy S11 series diungkapkan oleh akun Twitter @IceUniverse. Bocoran tersebut antara lain mengungkapkan bahwa Samsung Galaxy S11, S11e dan S11+ akan menghadirkan lensa telefoto dengan resolusi 48 MP. Dia juga menyinggung bahwa raksasa teknologi asal Korea tersebut akan menjadi yang terdepan dalam pertarungan lensa telefoto piksel tinggi. Fitur lain yang akan diterapkan pada Galaxy S11+ adalah pembesaran optik sampai 5 kali.

Sementara itu sebagai kamera utama, resolusi yang akan diusung pada Galaxy S11 dan S11+ adalah 108 MP. Kendati demikian belum jelas apakah Galaxy S11e juga akan menghadirkan modul kamera 108 MP atau menurunkan resolusi varian tersebut. Kabarnya ketiga seri S11 tersebut akan tiba pada 18 Februari 2020.

Huawei P40 Pro

Seperti telah disinggung sebelumnya, Huawei P40 Pro akan memberikan kejutan dengan lensa zoom terpanjang. Kemampuan lensa zoom periskop yang sampai 10 kali akan melakukan pembesaran lebih tinggi dengan lebih jelas. Beralih ke kamera telefoto, resolusi yang diterapka pada kamera telefoto Huawei P40 Pro tersebut adalah 16 MP.
Bocoran gambar Huawei P40 Pro

Tahun lalu P30 Pro telah meningkatkan lensa pembesaran periskop sampai 5 kali. Fitur P30 Pro tersebut kabarnya akan diterapkan Samsung pada Galaxy S11 di tahun 2020.

Sepertinya memang menyenangkan untuk memiliki lensa pembesaran optik sampai 10 kali. Tetapi jika dipikir-pikir memperbesar dengan jarak yang sangat jauh, rasanya juga agak berlebihan. Tentunya akan mudah untuk memotret burung atau olahraga, tetapi untuk fotografi sehari-hari kebutuhan untuk memotret dengan lensa jauh sepertinya tak terlalu terpakai. Belum jelas juga apakah Huawei bisa menjamin kejelasan saat menggunakan pembesaran satu kali sama dengan 10 kali.

Bocoran foto Huawei P40 Pro pertama kali memang benar-benar menonjol. Huawei menggunakan kaca lengkung pada sisi samping, atas dan bawah smartphone. Bingkai aluminium siap melindungi smartphone pada bagian tepi.

Tampaknya chipset yang akan digunakan adalah Huawei Kirin 990, sama seperti yang digunakan pada Mate 30 Pro. Smartphone tersebut juga diharapkan memiliki versi 5G, baterainya diharapkan lebih besar sesuai kebutuhan smartphone 5G dengan kapasitas 5500 mAh. Pengisian daya lebih cepat dengan charger 50-watt, dan tersedia juga dukungan pengisian daya secara nirkabel.

Masalah Huawei dengan pemerintah Amerika Serikat yang memblokir layanan Google pada smartphone terkini Huawei tentu saja masih menjadi pertanyaan. Huawei Mate 30 Pro hadir tanpa Google Play Store, YouTube, Gmail, dan Google Maps. Smartphone tersebut memang tidak dijual di Eropa Barat. Sepertinya belum ada kesepakatan baru yang akan mengubah kondisi tersebut saat P40 Pro akan diluncurkan di kisaran Maret 2020.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email