Review ASUS TUF Gaming FX505D, Desain Tangguh dengan AMD Ryzen Review ASUS TUF Gaming FX505D, Desain Tangguh dengan AMD Ryzen ~ Teknogav.com

Review ASUS TUF Gaming FX505D, Desain Tangguh dengan AMD Ryzen

ASUS TUF Gaming FX505D

Teknogav.com – Layaknya laptop gaming, ASUS TUF Gaming FX505D ini memiliki bodi yang kekar dengan kerlap-kerlip Aura RGB pada keyboard. Kendati tak semewah seri ROG, layar lapang dan desain keyboard yang disesuaikan untuk memudahkan navigasi bermain game cukup memanjakan gamer. ASUS TUF Gaming memang merupakan lini laptop gaming kelas menengah ASUS, tak heran jika harga laptop ini cukup terjangkau.

ASUS TUF Gaming FX505D merupakan laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen generasi ke-2, dengan pilihan prosesor Ryzen 5 dan Ryzen 7. Sedangkan ASUS TUF Gaming FX505 menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8 dengan pilihan Core i5 dan Core i7. Konfigurasi laptop gaming ASUS TUF Gaming FX505D yang diuji coba tim Teknogav.com ini menggunakan prosesor Ryzen 7 3750H.

Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM DDR4 dengan kapasitas 8 GB. Sayangnya media penyimpanan internal masih memakai HDD SATA berkapasitas 1 TB. Kendati demikian di pasaran tersedia juga versi dengan media penyimpanan yang sudah memakai teknologi SSD. Ruang penyimpanan berupa harddisk 1 TB lumayan lapang untuk menyimpan berbagai macam game.

Prosesor AMD Ryzen 7 3750H ini memiliki empat inti dan delapan thread dengan kecepatan dasar 2,3 GHz. Kecepatan tersebut bisa ditingkatkan sampai 4 GHz. Jika dibandingkan dengan Ryzen 5 3350H, maka pada Ryzen 6 3750H kecepatan kinerjanya lebih tinggi 4% sampai 8%.

Dari segi grafis, ASUS TUF Gaming F505D dibekali dengan dua prosesor grafis, yaitu Nvidia GeForce GTX 1650 dan AMD Radeon RX Vega 10. Pengaturan grafis pada laptop dapat dilakukan melalui NVIDIA Control Panel dan AMD Radeon Settings, tergantung dari kartu grafis yang digunakan.

Ketika berusaha menelusuri file dengan browser, terkadang kecepatan untuk memuat isi folder agak lambat dengan gerakan kursor agak terbata. Kemungkinan hal ini karena laptop yang digunakan masih memakai media penyimpanan dengan teknologi harddisk, bukan versi SSD.

Kinerja yang optimal tentunya harus didampingi juga dengan sitem pendinginan yang baik agar tetap stabil. Teknologi HyperCool mencakup sistem Anti-Dust Cooling (ADC) dan HyperFan untuk menjamin pendinginan selama main game berjam-jam. Pendinginan juga ditingkatkan oleh penempatan kipas paralel yang pintar.
Isi paket ASUS TUF Gaming FX505D
Isi paket ASUS TUF Gaming FX505D
Paket ASUS TUF Gaming ini berisi unit laptop dan adapter pengisian daya. Kelengkapan lainnya mencakup buku panduan singkat dan kartu garansi.

Desain

ASUS TUF Gaming memiliki desain bongsor, dengan dimensi 360,4 x 262,0 x 25,8 mm dan bobot sekitar 2,2 kg. Laptop ini memang lebih difokuskan untuk bermain game, jadi tidak memprioritaskan untuk dibawa-bawa. Layar laptop ini pun sudah menggunakan teknologi NanoEdge Display dengan lebar tepi hanya 6,5 mm.

Keyboard ASUS TUF Gaming dioptimalkan untuk gaming dengan fitur AURA RGB yang memberikan cahaya latar RGB di setiap zona. Pencahayaan ini bisa dikendalikan dari panel TUF Aura Core sehingga bisa mengekspresikan gaya yang unik. Gemerlap warna-warni keyboard sudah mencerminkan karakter gaming yang diusungnya.
keyboard laptop gaming ASUS TUF Gaming FX505D
Teknologi HyperStrike eksklusif menjamin pengetikan lebih akurat dan peningkatan yang ergonomis. Navigasi dengan keyboard pun dipermudah dengan keberadaan tombol WASD yang memiliki warna berbeda, sehingga lebih mudah untuk dikenali. Selain itu ada juga tombol spasi lebih lebar, tombol panah yang nyaman dijangkau, serta pemisah yang dapat dikenali antar tombol.

Kerennya lagi teknologi overstroke dapat mencatat ketukan tombol lebih cepat untu kendali yang lebih tepat dan mudah. Jarak key travel tombol ini adalah 1,8 mm.

Ketangguhan ASUS TUF Gaming FX505D ini diperkuat dengan pengujian dan sertifikasi standar militer MIL-STD-810G. Sertifikasi tersebut menjamin ketangguhan ASUS TUF Gaming dari benturan dari penggunaan untuk bermain dan bekerja sehari-hari.

ASUS TUF Gaming FX505D dapat bertahan dalam berbagai kondisi, termasuk paparan matahari, ketinggian dan suhu ekstrim. Laptop ini disertifikasi menghadapi penggunaan harian, mulai dari benturan sampai jatuh dari meja. Ketangguhan ASUS TUG Gaming FX505 telah didorng ke batasnya demi menjamin hanya yang terbaik bagi gamer. Uji ketangguhan mencakup gunjangan dan getaram, suhu, kelembapan, ketinggian dan paparan sinar matahari.

Grafis

Seperti telah disinggung sebelumnya ASUS TUF Gaming FX505D memiliki dua pilihan kartu grafis. Pilihan tersebut adalah NVIDIA GeForce GTX 1650 dan AMD Radeon RX Vega 10.

NVIDIA GeForce GTX 1650 merupakan prosesor grafis untuk laptop gaming. Kinerja grafis dari GPU ini menggunakan arsitektur NVIDIA Turing. Jika dibandingkan dengan GeForce GTX 950M, maka kinerjanya dua kali lipat dan bila dibandingkan GTX 1050 kecepatannya 70% lebih tinggi. Kartu grafis ini sangat cocok digunakan untuk game-game populer dan bahkan lebih cepat untuk game-game modern.

Arsitektur memori dengan Turing shader memungkinkan peningkatan kinerja luar biasa pada game-game saat ini. Aplikasi GeForce Experienc merupakan pendamping penting kartu grafis GeForce. Fitur ini dapat menangkap dan berbagi video, tangkapan layar dan livestream dengan teman. Pastikan driver GeForce selalu baru dan optimalkan pengaturan in-game. Perangkat Nvidia Ansel memungkinkan untuk mengambil tangkapan layar game padatingkat profesional. Tangkap dan bagi pengalaman paling brilian dengan resolusi super, HDR, 360 derajat dan gambar stereo.

Sementara itu jika sedang menggunakan laptop dengan mengandalkan baterai, sebaiknya memakai AMD Radeon RX Vega 10 yang hemat daya.

Audio

Audio yang dihasilkan oleh teknologi DTS Surround Sound yang mendalam memang tak bisa dipungkiri lagi. Bahkan ketika menggunakan headset teknologi DTS Headphone: X memberikan virtual surround-sound dengan kualitas bioskop. Tersedia juga pengaturan yang dioptimalkan untuk game, olahraga, film dan ekualiser untuk tuning tambahan.

Baterai

Kinerja baterai lebih lama, yaitu kurang lebih empat jam untuk digunakan menjelejahi internet atau mode kerja standar. Sedangkan jika digunakan untuk menonton video, baterai mampu bertahan sekitar enam jam.

Konektivitas

Seluruh port terletak di sisi kiri, mulai dari port daya, RJ45 LAN, HDMI 2.0, USB 2.0 type-A, dua USB 3.2 type-A dan jack audio 3,5 mm. Hal ini agar membuat sisi kanan leluasa untuk menggunakan mouse saat bermain game  tanpa terhalang kabel atau perangkat lain yang terpasang di port.
sisi kiri ASUS TUF Gaming FX505D
sisi kiri ASUS TUF Gaming FX505D
sisi kanan ASUS TUF Gaming FX505D
sisi kanan ASUS TUF Gaming FX505D
Pada bagian bawah dan belakang terdapat banyak lubang ventilasi untuk membuang panas keluar.
Koneksi nirkabel perangkat ini didukung oleh Wi-Fi 5 802.11 ac dan Bluetooth 5.0. Transfer data menggunakan koneksi ini cukup cepat, namun terkadang ada kendala dalam mendeteksi perangkat lain yang akan mengirim data.

sisi bawah ASUS TUF Gaming FX505D
sisi bawah ASUS TUF Gaming FX505D
sisi belakang ASUS TUF Gaming FX505D
sisi belakang ASUS TUF Gaming FX505D

Benchmark

Kenyamanan bermain game, tentu saja didukung oleh layar lapang 15,6 inci dengan resolusi FDH yang tajam. Sayangnya tampilan terasa agak tersendat, walah tampak begitu jernih ketika diuji coba menggunakan benchmark Final Fantasy XV. Tetapi dari sisi audio, suara terdengar begitu hidup.

Semestinya game dapat berjalan mulus pada ASUS TUF gaming berkat teknologi AMD FreeSync.
Ketika diuji menggunakan aplikasi Benchmark Final Fantasy XV, uji coba dilakukan dengan tiga jenis kualitas, yaitu Lite, Standard dan High. Semua uji coba tersebut dilakukan pada resolusi 1920 x 1080 piksel dan dilakukan dalam kondisi terpasang dengan adapter daya. Pada pengujian dengan kualitas Lite, nilai yang diperoleh adalah Fairly High atau cukup tinggi dengan skor 4932. Sedangkan pada kualitas standard dan high nilai yang diperoleh adalah standard dengan skor masing-masing 4266, dan 3481.
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Lite dan kondisi charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Lite dan kondisi charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Standard dan kondisi charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Standard dan kondisi charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas High dan kondisi charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas High dan kondisi charging
Uji coba pun kembali dilakukan tanpa memasang adapter daya, jadi laptop hanya mengandalkan sumber daya dari baterai. Ternyata hasilnya berbeda. Pada uji coba menggunakan kualitas Lite, kinerjanya standar, dengan skor 4350. Sayangnya ketika menggunakan kualitas standard, nilai kinerjanya cukup rendah, dengan skor 2922. Ketika uji coba dilakukan menggunakan kualitas high tanpa charging, nilainya rendah dengan skor 2380.
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Lite tanpa charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Lite tanpa charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas Standard tanpa charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas High tanpa charging
Benchmarking ASUS TUF Gaming FX505D dengan Final Fantasy XV dengan kualitas High tanpa charging

Kecanggihan ASUS TUF Gaming FX505D ini pun kami uji menggunakan beberapa aplikasi Benchmark lain. Uji coba pertama menggunakan PC Mark 10 dengan perolehan skor keseluruhan 2334. Sayangnya skor yang diperoleh seri ASUS TUF Gaming FX505D ini lebih rendah dari seri VivoBook yang berada di kisaran 2800an.

Total nilai Essential 4207 menunjukkan kinerja lumayan untuk penggunaan tugas-tugas sederhana karena masih di kisaran nilai kinerja baik, yaitu 4100. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.
PC Mark 10 - ASUS TUF Gaming FX505D
PC Mark 10 - ASUS TUF Gaming FX505D
Ketika dilakukan benchmarking menggunakan Pass Mark, ternyata skor uji kinerja sistemnya juga rendah, yaitu 2416,2. Nilai ini juga rendah karena skor rata-rata adalah 2734. Kendati demikian nilai kinerja CPU ternyata sangat tinggi skornya, yaitu 8480. Nilai ini bahkan lebih tinggi dari skor yang diperoleh ASUS ZenBook S UX392 dengan prosesor Intel® Core™ i7-8565U, yaitu 8282.
skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji kinerja dengan PassMark
skor CPU Mark
peringkat dengan CPU Mark
peringkat dengan CPU Mark
Pada peringkat yang disusun oleh PassMark, kinerja AMD Ryzen 7 3750H ini memang jauh di atas beberapa versi prosesor core i7. Prosesor Intel Core i7 yang peringkatnya masih di bawahnya adalah Intel Core i7-7700HQ, Intel Core i7-6700HQ dan Intel Core i7-3630QM. Tetapi memang jika dibandingkan dengan Intel Core i7 generasi ke-8, yaitu i7-8750, ternyata peringkat AMD Ryzen 7 3750H ini masih di bawahnya.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Uji Video Card 3D
uji RAM
uji RAM
Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 490 untuk 2D Mark, nilai ini masih di bawah rata-rata yang 603. Tetapi kinerja luar biasa diraih pada uji coba 3D Mark, yaitu 6037, padahal nilai rata-rata dunia hanya 3665. Sementara kinerja memori meraih skor 1418 yang masih di bawah rata-rata 1752.

Beralih ke aplikasi benchmark GeekBench, skor kinerja inti prosesor tersebut adalah 3440 untuk single core dan 9935 untuk multi core.
Uji CPU GeekBench 4
Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4
Uji Open CL Geekbench 4
Sementara itu aplikasi CPU-Z menunjukkan rincian nilai hasil uji sebagai berikut. 
CPU - Z
CPU - Z
Harga yang dibandrol pada ASUS TUF Gaming ini adalah sekitar Rp13.350.000. Sebagai laptop gaming kelas menengah, rasanya harga ini cukup sepadan, tak semahal ASUS ROG tetapi dengan kinerja cukup memadai.

Kelebihan

Kelebihan dari ASUS TUF Gaming FX505D ini tentu saja kemampuan grafis dan audionya yang terasa begitu nyata. Apalagi grafis dari laptop gaming ini didukung oleh prosesor grafis ganda, yaitu NVIDIA GeForce GTX 1650 dan AMD Radeon RX Vega 10. Kedua GPU tersebut sama-sama cocok untuk gaming.

Tampilannya begitu nyaman, baik saat digunakan untuk bermain game maupun menonton film. Audio yang hidup didukung oleh teknologi DTS Surround Sound, sensasinya seperti audio di bioskop.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, lebih murah jika dibandingkan dengan ASUS TUF Gaming FX505 yang menggunakan prosesor Intel Core i7. Kinerja AMD Ryzen 7 cukup lumayan, agak sedikit lebih tinggi dibandingkan AMD Ryzen 5 yang juga digunakan pada ASUS TUF Gaming FX505D.

Desain laptop gaming ini terlihat kokoh dan tangguh, karena memang tangguh dengan sertifikasi standar militer.

Kekurangan

Sebaiknya menggunakan ASUS TUF Gaming FX505D ini dengan meletakkannya di atas meja, karena buangan panas dari bodi laptop sangat terasa panas. Bobotnya cukup berat, sehingga kurang cocok untuk gamer yang agak mobile, karena agak susah membawa-bawanya.

Proses booting laptop ini cukup lama, tidak secepat ASUS ZenBook, demikian juga saat menelusuri folder dan membuka aplikasi. Kemungkinan hal ini karena media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan aplikasi dan data tersebut masih menggunakan teknologi harddisk SATA, jadi akses ke data tidak secepat jika menggunakan SSD.

Port yang tersedia cukup lengkap, sayangnya belum ada port USB type-C yang kini sudah banyak digunakan di berbagai perangkat.

Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505D


Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor
Intel® Core™ i7-3750H @2,9GHz
Form Factor
Laptop
Memori
LPDDR4 8 GB 2400 MHz SDRAM Onboard memory
Memori Internal
HDD SATA 1TB 5400 rpm
Layanan awan
OneDrive
Layar
15.6" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080 piksel)
Anti-Glare IPS-level Panel with 45% NTSC
Grafis
NVIDIA GeForce GTX 1650
AMD Radeon RX Vega 10
Port
1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB2.0, 2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1), 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, HDMI support 2.0
Audio
Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone, DTS® Headphone: X®
Webcam
W HD 720p CMOS module
Keyboard
keyboard chiclet dengan tombol numpad di sisi kanan
Nirkabel
Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), 10/100/1000 Base T,
Bluetooth® 5.0
Jenis Catu Daya
Plug type :ΓΈ6.0 (mm)
Output : 20 V DC, 7.5 A, 150 W
Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Jenis Baterai
3 -Cell 48 Wh Battery
Dimensi
360.4 x 262.0 x 25.8 ~26.8 mm (WxDxH)
Bobot
2.2 kg ~ 2.3 kg
Warna
Gun Metal
Share:

Artikel Terkini