Tujuh Tips Produksi Film Sesuai Budget ala Yandi Laurens Tujuh Tips Produksi Film Sesuai Budget ala Yandi Laurens ~ Teknogav.com

Tujuh Tips Produksi Film Sesuai Budget ala Yandi Laurens


Teknogav.com - Samsung menghadirkan Galaxy Movie Studio demi mengedukasi pengguna smartphone Samsung Galaxy dalam mengasah keahlian membuat konten.  Pelatihan yang diberikan pada Galaxy Movie Studio akan disampaikan oleh para sutradara berpengalaman. Mereka adalah Joko Anwar, Yandi laurens dan Sammaria Sari Simanjuntak.

Pada acara sosialisasi Galaxy Movie Studio para sutradara tersebut memberikan sekilas tips dan trik dalam pembuatan film. Penggarapan suatu film membutuhkan tiga tahap demi menjaga kesatuan cerita memiliki alur menarik dan memiliki kesan. Ketiga tahap tersebut adalah pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Setelah Joko Anwar memberikan tips untuk memanfaatkan smartphone dalam proses pra-produksi film, Yandi Laurens akan melanjutkan dengan tips produksi film.

Yandie Laurens berpengalaman dalam memproduksi film dengan tantangan anggaran yang terbatas. Berikut ini adalah tujuh tips dalam melakukan produksi film.

1. Pastikan skrip ditulis sesuai anggaran yang dimiliki

Hal ini penting untuk mengetahui sejauh mana eksplorasi produksi film bisa dilakukan dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal.

Pada umumnya dalam shooting satu hari akan melakukan enam adegan siang dan dua adegan malam. Jadi buat perencanaan matang mengenai adegan apa saja yang akan diambil dalam satu hari tersebut.

2. Lokasi bersifat homebase 

Dalam menentukan lokasi shooting tak perlu dengan biaya yang besar. Tipsnya adalah memilih lokasi ‘homebase’ atau tempat yang memudahkan melakukan kegiatan shooting. Usahakan lokasi ini tak jauh dari lokasi utama sehingga tak boros biaya logistik. Pertimbangkan kenyamanan dan kepraktisan untuk bekerja di tempat tersebut dengan jangka waktu sesuai yang dirancang.

3. Pemain sangat penting

Jangan asal memilih pemain, tetapi sesuaikan dengan karakter yang ada di skenario untuk diangkat sebagai film.

4.Tak ada alasan untuk nilai produksi yang buruk

Keterbatasan anggaran produksi tak boleh menjadi alasan dari buruknya nilai produksi film.

5. Pastikan seluruh kru dan pemeran mengetahui kapasitas produksi

Jangan memberikan janji-janji palsu, misalnya menjanjikan bus yang nyaman untuk transportasi ke lokasi, padahal ternyata hanya memakai kopaja. Berikan informasi mengenai kondisi yang akan dihadapi secara jujur agar kru yang ikut serta tidak kecewa ketika melakukan kegiatan produksi.

6. Perlakukan gear seperti kamera profesional

Kendati perekaman dilakukan dengan kamera smartphone, tetap harus memperlakukan kamera tersebut layaknya kamera profesional. Beri perhatian pada proses load data, grip untuk tripod sampai pemakaian lensa tambahan.
Yandi Laurens memberikan tips produksi film
Kamera pada Galaxy Note10 sudah memiliki kemampuan pro-grade. Shooting menggunakan kamera Note10 bisa memanfaatkan fitur-fitur andalan seperti live focus video, super slow-mo, zoom-in mic, dan super steady untuk membantu mengeksplorasi berbagai sudut pengambilan gambar sehingga cerita lebih menarik dengan sinematografi menawan.

7. Pra-produksi yang matang adalah kunci produksi yang baik

  • Pematangan konsep di tahap pra-produksi merupakan salah satu komponen pendukung ketika memasuki proses produksi. 
  • Kematangan dan kesiapan semua tahap produksi, dengan dukungan berbagai unsur pendukung seperti kekuatan cerita dan naskah, sinematografi yang baik, sampai karakter aktor dan aktris, akan menjadi kekuatan suatu film
Demikianlah tujuh tips proses produksi film yang disampaikan oleh Yandi Laurens dalam acara perkenalan Galaxy Movie Studio. Sebelumnya Joko Anwar telah memberikan tips-tips dalam pra-produksi film.  Tips untuk tahap pascaproduksi akan dilanjutkan oleh Sammaria Sari Simanjuntak.
Share:

Artikel Terkini