Review ASUS ZenBook UX334F, UltraBook Mungil dengan Layar Tambahan ScreenPad Review ASUS ZenBook UX334F, UltraBook Mungil dengan Layar Tambahan ScreenPad ~ Teknogav.com

Review ASUS ZenBook UX334F, UltraBook Mungil dengan Layar Tambahan ScreenPad


Teknogav.com – ASUS ZenBook UX334F tampak begitu cantik dengan sosok yang ringkas. Istimewanya, Ultrabook nan mungil ini tak dibekali sekedar touchpad, melainkan Screenpad yang juga bisa berperan sebagai layar kedua. Canggih banget kan. Belum lagi jeroannya yang dibekali prosesor Intel core i5 generasi ke-10. Laptop lain terasa begitu usang.

Jika dibandingkan dengan ASUS ZenBook S UX392F yang lebih mahal, maka ASUS ZenBook UX334F memiliki sosok lebih kecil. Kendati demikian ASUS ZenBook UX334F sedikit lebih tebal dari seri laptop tipis tersebut. Keringkasan bodi ZenBook UX334F berkat desain layar yang menggunakan teknologi NanoEdge Display yang memakai bezel sangat tipis.

Prosesor Intel Core i7-10210U yang digunakan pada laptop ini diproduksi dengan proses pabrikasi 14 nm. Inti prosesor ada empat dan memiliki delapan thread. Kecepatan clock prosesor antara 1,6 GHz sampai 4,6 GHz yang kinerjanya didukung RAM berkapasitas 8 GB. Media penyimpanan berkapasitas 512 GB turut menunjang kinerja prosesor dengan teknologi SSD PCIe NVMe. Kecanggihan teknologi tersebut adalah dapat mengakses aplikasi dan data yang disimpan lebih cepat.

Kerennya, grafis laptop ini didukung oleh dua prosesor grafis, yaitu NVIDIA GeForce MX250 dan Intel UHD Graphics. Masing-masing prosesor grafis tersebut dapat dikendalikan dengan NVIDIA Control Panel dan Intel Graphics Control Panel.

Unboxing ASUS ZenBook UX334F

Kelengkapan paket ASUS ZenBook UX334F ini terdiri dari unit laptop, adapter pengisian daya, dan konverter dari USB ke RJ45. Port yang tersedia pada laptop sebenarnya sudah cukup lengkap, ada beberapa port USB, tetapi memang tak ada port RJ45. Mungkin demi mempertahankan agar laptop tetap tipis.

Sistem operasi yang digunakan pada ASUS ZenBook UX334F adalah Windows 10 Home Single Languange dengan dukungan keamanan Windows Hello. ASUS merekomendasikakn untuk memakai sistem operasi Windows Pro.

ScreenPad 2.0

ASUS ZenBook UX334F sangat pas digunakan untuk kerja yang kreatif, apalagi didukung oleh ScreenPad 2.0 yang bisa menjadi layar tambahan. Fitur ini siap memberikan kebebasan dalam menemukan kekuatan kreatif.
tampilan ScreenPad pada ASUS ZenBook UX334F
Antarmuka ScreenPad 2.0 mirip dengan smartphone yang intuitif. Pengelolaan tugas-tugas dapat dengan mudah dilakukan melalui ScreenPad ini. Demikian juga jika ingin  membuat alur kerja multitasking dengan lebih praktis.

Pada ScreenPad ini ada serangkaian aplikasi untuk menunjang produktivitas yang disediakan oleh ASUS. Salah satuya adalah Quick Key untuk melakukan otomatisasi serangkaian kombinasi keyboard yang rumit. Selain itu tersedia juga fitur Handwriting yang bisa dengan mudah mengubah tulisan tangan menjadi teks, lalu ada Number Key dan Office Xpert.
hasil screen capture ASUS ZenBook UX334F
Pengendalian cepat untuk meningkatkan interaksi antara layar utama dan ScreenPad juga dapat dilakukan. Berbagai aplikasi, termasuk game dan video bisa dibuka di ScreenPad sehingga menambah ruang tambahan, tak hanya mengandalkan layar utama yang sedang dipakai kerja.

Kerennya saat melakukan screen capture atau tangkapan layar secara keseluruhan, maka tangkapan layar merupakan gabungan tampilan pada layar utama dan tampilan pada ScreenPad.

Desain

ZenBook UX334F memiliki desain yang ringkas dan ringan, ketebalannya hampir setara dengan kotak coklat Godiva kemasan 89 gram. Dimensi laptop ini 302,96 mm x 189,3 mm x 17,9 mm dengan bobot 1,22 kg, sehingga nyaman dibawa-bawa. Bodi laptop ini tampak berwarna biru tua mengkilap atau dijuluki Royal Blue. Pada cover atas, warna birut tersebut tampak mendominasi dengan logo ASUS berwarna silver di bagian tengahnya.



cover atas ASUS ZenBook UX334F
ZenBook UX334F merupakan laptop berukuran 13 inci yang paling kecil di dunia. Ukurannya bahkan 14% lebih kecil jika dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu ZenBook UX331. Keringkasan dimensi laptop ini berkat teknologi NanoEdge yang merampingkan bezel di keempat sisi sehingga tampilan visual lebih mendalam dan mengurangi distraksi bagi mata.

tampilan layar ASUS ZenBook UX334F
Gambar yang ditampilkan tetap jelas dalam sudut pandang yang lebar, bahkan dari sudut yang ekstrim. Warna yang ditampilkan pun begitu akurat dan tajam, sangat pas digunakan oleh desainer. Ukuran bezel di samping layar ini hanya 2,8 mm sehingga membuat rasio layar-ke-body sebesar 95%. Layar 13,3 inci tersebut memiliki resolusi FHD dengan 100% sRGB dan teknologi sudut lebar 178°. Posisi kamera laptop ini ada di bezel bagian atas layar, sehingga pas untuk bertatapan saat digunakan video chat.
Desain ErgoLift ASUS ZenBook UX334F
Layaknya desain ZenBook terkini, maka ZenBook UX334F sudah menggunakan desain engsel ErgoLift yang eksklusif. Engsel ini akan mengangkat bodi layar di kemiringan tertentu sehingga nyaman saat digunakan untuk mengetik. Selain mengoptimalkan posisi mengetik, engsel Ergolift ini juga meningkatkan sistem pendinginan dan kinerja audio.
Bagian bawah ASUS ZenBook UX334F
Sayangnya untuk saya pribadi susunan tombol pada keyboard kurang terlalu nyaman untuk mengetik karena terasa rapat. Beberapa tombol juga posisinya agak berbeda jika dibandingkan dengan keyboard lain. Tapi akan selalu ada ScreenPad yang menyelamatkan suasana, bisa juga mengoptimalkan fitur handwriting.

Grafis

ASUS ZenBook UX334F menggunakan dua pilihan kartu grafis, yaitu NVIDIA GeForce MX250 dan Integrated Intel UHD Graphics. Nvidia GeForce MX250 merupakan kartu grafis entry-level untuk laptop yang dibangun pada arsitektur Pascal GP108. Prosesor grafis GeForce MX250 ini justru sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan MX150 yang digunakan pada ZenBook S UX392F. Peningkatan tersebut mencapai 5%. Kecepatan clock dari prosesor grafis ini antara 1.518 MHz sampai 1.582 MHz dengan kecepatan memori 7000 MHz.

Intel UHD Graphics masih cukup memadai jika digunakan untuk memainkan game-game casual seperti Team Fortress 2 dan Farming Simulator 17. Keandalannya lebih dalam hal hemat daya.

Baterai dan Konektivitas

Bahan baterai polimer-lithium pada baterai turut menunjang daya tahan baterai ini. Tentu saja penggunaan prosesor Intel Core i-5 generasi ke-10 yang memiliki keandalan efisiensi daya juga turut berperan dalam membuat baterai lebih awet.

Tersedia juga aplikasi ASUS Battery Health charging yang turut memperpanjang usia baterai dengan mencegah pengisian daya berlebih. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dengan menginstalnya dari Microsoft Office. Cukup pilih persentase maksimal pengisian daya baterai yang diinginkan. Semakin kecil batas persentase kapasitas baterai, maka masa pakai baterai akan semakin panjang.
sisi kiri ASUS ZenBook UX334F
sisi kanan ASUS ZenBook UX334F
Pada sisi kiri terdapat port daya DC, port HDMI, USB 3.1 Gen 2, Port USB 3.1 Gen 2 Tipe-C. Lalu di sebelah kanan terdapat jack audio, port USB 2.0 dan card reader micro SD. Jika membutuhkan koneksi Ethernet dengan kabel melalui jack RJ45, maka tersedia konverter USB ke jack RJ45 pada paket.

Sementara itu koneksi nirkabel menggunakan Dual-band gigabit-class WiFi 5 dan Bluetooth 5.0. Koneksi dengan Bluetooth cukup lancar dan mudah mendeteksi perangkat lain. Demikian juga koneksi WiFi, sayangnya terkadang koneksi data sering terputus walau WiFi masih tersambung. Cara mengatasinya harus melakukan diagnosa sebelum koneksi data lancar kembali.


Benchmark

Mari menguji ASUS ZenBook UX334F dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, ZenBook UX334F memperoleh nilai total 3400. Angka ini luar biasa, karena di atas dari skor ZenBook S UX392F di angka 3329, padahal harga ZenBook S UX392F lebih dari dua kali lipat.

Nilai Essential dari ZenBook UX334F juga tinggi, yaitu 6796 yang menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Hebatnya skor ini mengalahkan yang diperoleh ZenBook S UX392F yaitu 6621. Keduanya masih cukup tinggi sih dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10 - ASUS ZenBook UX334F

Pada pengujian benchmarking menggunakan Pass Mark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 3556, sedangkn skor rata-rata 2736. Jika dilihat dari benchmarking Pass Mark ini, kinerja ZenBook UX334F masih di bawah S UX392F yang berada di angka 4138,9. Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ZenBook UX334F adalah 7983. Nilai ini hanya sedikit di bawah ZenBook S UX392F yang berada di angka 8282.
skor uji kinerja dengan PassMark
skor CPU Mark
peringkat dengan CPU Mark
Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i5-10210U ini masih di atas Intel Core i7-6700HQ dan Intel Core i7-3630QM. Padahal kedua prosesor tersebut memiliki kecepatan lebih tinggi, masing-masing adalah 2,6 GHz dan 2,4 GHz. Namun bila dibandingkan dengan Intel Core i7-7700HQ yang memiliki kecepatan 2,8 GHz, Intel Core i5-10210U masih di bawahnya. Kendati demikian selisih skornya hanya sedikit saja, yaitu 8609 untuk Intel Core i5-10210U dan 8767 untuk Intel Core i7-7700HQ.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Uji RAM
Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ZenBook UX334F adalah 694. Nilai ini beda tipis dengan ZenBook S UX392F yang memperoleh skor 692. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 2751, jauh lebih tinggi dari ZenBook S UX392F yang memperoleh nilai 2456. Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh ZenBook UX334 adalah 1639. Nilai ini masih di bawah rata-rata dunia yaitu 1752.

Kerika melakukan uji coba dengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 4566 dan multi core 14978. Nilai kinerja tersebut selisih tipis dengan ZenBook S UX392F di 4659 dan 14253.

Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4
Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z
Harga yang dibandrol pada ASUS ZenBook UX334F ini mulai dari Rp15.299.000. Angka ini cukup murah jika dibandingkan dengan fitur-fitur canggih yang diusungnya.

Kelebihan

Keistimewaan ZenBook UX334F tentu saja pada ScreenPad 2.0 yang diusungnya. Kendati kecil dan ringan, tetapi berkreasi lebih leluasa dengan layar yang tetap maksimal dengan teknologi NanoEdge Display. Tentu saja ditamah layar tambahan pada ScreenPad yang bisa berfungsi sebagai layar, touchpad, handwriting, kalkulator dan lain-lain.

Jeroan prosesor pada ZenBook UX334F sangat luar biasa, yaitu Intel Core i5-10210U yang didukung RAM berkapasitas lega 8 GB. Grafisnya pun didukung dua prosesor grafis sekaligus, yaitu NVIDIA GeForce M250 dan Intel UHD Graphics. Media penyimpanan pun sudah menggunakan teknologi terkini, yaitu SSD PCIe NVMe dengan kapasitas 512 GB. Semua aplikasi yang dibuka dan kerjaan terasa berjalan mulus.

Tampilan pada layar terlihat jernih dan tajam, nyaman untuk menyunting video dan rendering pun tak berat. Tampilan pada layar memang tampak tajam dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel. Bermain game pun tetap lancar walau menggunakan laptop berukuran ringkas ini.

Keamanan laptop didukung oleh pengenalan wajah yang dapat dengan mudah diatur saat awal menyalakan laptop atau kapan pun ingin disesuaikan. Desain Ergolift laptop membuatnya nyaman untuk mengetik, memaksimalkan keluaran audio dan mendukung sistem pendinginan.

Kekurangan

Kendati ScreenPad dapat dimaksimalkan sebagai layar sentuh, tetapi sayangnya layar utama ZenBook UX334F ini belum menggunakan layar sentuh.

Susunan tombol pada keyboard kurang nyaman digunakan untuk mengetik. Mungkin karena belum terbiasa dengan susunan yang cukup rapat dan beberapa tombol khusus yang posisinya berbeda.

Port sudah cukup lengkap, bahkan ada tambahan konektor, tetapi sayangnya untuk slot card reader tidak bisa digunakan untuk SD Card. Padahal beberapa kamera masih menggunakan SD Card sebagai media penyimpanan. Kedua kartu grafis sama-sama bukan jenis kartu grafis untuk game yang berat tetapi lebih mengutamakan efisiensi daya.

Spesifikasi ZenBook UX334F


Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor
Intel® Core™ i5-102108565U CPU @1,8GHz ~ 2,11 GHz
Form Factor
Laptop
Memori
LPDDR3 2133MHz 8 GB Onboard memory
Memori Internal
SSD 512 GB M.2 NVMe PCIe
Layanan awan
OneDrive
Layar
13.3” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 72% NTSC with wide 178° viewing angles
Grafis
NVIDIA GeForce MX250 dan Intel UHD Graphics 620
Port
USB 2.0 Type-A, USB 3.1 (Gen 2) Type-C, USB 3.1 (Gen 2) Type-A, HDMI, port daya adapter AC, slot micro SD card
Audio
ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound; smart amplifier for maximum audio performance
Array microphone with Cortana voice-recognition support
3.5mm headphone jack
Certified by Harman Kardon
Webcam
IR Camera
Keyboard
Illuminated chiclet keyboard, keytravel 14 mm
Screenpad
5.65” FHD+ (2160 x 1080) Super IPS display
178˚ wide-view technology
Glass-covered for fingerprint and smudge resistance
Precision touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures
Nirkabel
Wi-Fi: Dual-band gigabit-class Wi-Fi 5
Bluetooth: Bluetooth 5.0
Jenis Catu Daya
65W power adapter
Plug Type: ΓΈ4 (mm)
(Output: 19V DC, 65W)
(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Jenis Baterai
50Wh 3-cell lithium-polymer
Up to 13.2 hours battery life
Dimensi
302 x 189 x 17,9 mm (WxDxH)
Bobot
1,22 kg dengan baterai cell
Warna
Royal Blue
Aplikasi
ASUS Battery Health Charging
ASUS Splendid
Garansi
2 tahun garansi hardware global1 tahun
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email