Review Lenovo IdeaPad S340, Laptop Murah Andalkan Kinerja AMD Ryzen Review Lenovo IdeaPad S340, Laptop Murah Andalkan Kinerja AMD Ryzen ~ Teknogav.com

Review Lenovo IdeaPad S340, Laptop Murah Andalkan Kinerja AMD Ryzen


Teknogav.com – Lenovo menghadirkan laptop dengan harga sangat terjangkau dengan kinerja yang tetap tangguh berbekal AMD Ryzen 3, yaitu Ryzen 3 3200U. Prosesor tersebut memiliki kinerja yang tangguh dan tidak boros daya walau digunakan bermain game sekalipun. Kendati bukan laptop gaming, tetapi dukungan dua channel membuat kinerja gaming laptop ini lebih maksimal dengan kartu grafis yang terintegrasi.


Kendati dibandrol dengan harga murah hanya Rp6 jutaan, tetapi Lenovo Ideapad S340 tidaklah murahan. Berbagai teknologi canggih dijejalkan pada laptop yang tipis ini. Prosesor yang digunakan pada laptop ini adalah AMD Ryzen 3 3200U yang terdiri dari dua inti dan empat threads. Kecepatan dasar clock adalah 2,6 GHz dan bisa ditingkatkan sampai 3,5 GHz. Produksi prosesor ini menggunakan teknologi 12 nm.

AMD Ryzen 3 3200U didukung oleh teknologi AMD SenseMI dan dibangun pada asitektur Zen. Teknologi AMD SenseMI pada prosesor menggunakan kecerdasan mesin untuk mempercepat kinerja. Arsitektur Zen mampu meningkatkan efisiensi energi dan memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi, sehingga hemat daya walau dipakai untuk gaming. Prosesor ini juga menggunakan teknologi Radeon FreeSync yang memberikan pengalaman gaming mulus tanpa tersendat.

Kinerja prosesor didukung oleh memori RAM DDR4 berkapasitas 8 GB yang memiliki kecepatan 2400 MHz. Kapasitas tersebut tergolong lapang untuk laptop dengan harga yang begitu terjangkau. Memori sistem tersebut terdiri dari dua channel. Dari segi grafis, digunakan AMD Radeon Vega 3 yang terdiri dari tiga inti dan kecepatan 1200 MHz.

Layar laptop berukuran 14 inci dengan bezel yang sempit sehingga membuat bodinya terasa ringkas. Ketebalan laptop ini pun begitu tipis dan ringan, sehingga nyaman untuk dibawa-bawa. Privasi pun tetap terjamin dengan adanya switch untuk menutup kamera yang terdapat di bezel atas laptop.

Media penyimpanan Lenovo IdeaPad S340 mengandalkan SSD PCIe NVMe M2 dengan kapasitas 512 GB. Jika dibandingkan dengan harddisk biasa, teknologi SSD PCIe NVMe bisa mengakses data yang disimpan di dalamnya dengan cepat.
isi paket Lenovo IdeaPad S340
Kelengkapan isi paket Lenovo IdeaPad S340 ini terdiri dari unit laptop berwarna Abyss Blue yang keren dan adapter untuk mengisi daya. Selain itu tersedia juga buku panduan dan kartu jaminan.

Sistem operasi yang digunakan pada laptop ini adalah Windows 10 Home Single Language. Tentu saja berbagai aplikasi-aplikasi standar sudah melengkapi sistem operasi tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup Calculator, Calendar, Camera, Connect, Dolby Audio, Film & TV, Lenovo Vantage, LenovoUtility, Office, One Drive dan lain-lain.

Kerennya laptop ini menghadirkan pengalaman audio yang begitu hidup dengan suara layaknya di bioskop menggunakan Dolby Audio. Pengaturan audio tersebut dapat ditentukan menggunakan aplikasi Dolby Audio. Apalagi didukung oleh layar yang mengusung resolusi Full HD. Pengaturan grafis pada laptop ini dapat dilakukan melalui AMD Radeon Settings.
aplikasi Dolby Audio
aplikasi AMD Radeon Settings
aplikasi AMD Radeon Settings
Keamanan perangkat ini terjamin dengan adanya shutter pada kamera yang siap mengendalikan apa saja yang bisa dilihat oleh webcam. Penampakan keyboard pun begitu keren dengan adanya backlit yang bisa menyala saat laptop diaktifkan.
bagian belakang Lenovo IdeaPad S340

Desain

cover atas Lenovo IdeaPad S340
Lenovo IdeaPad S340 memiliki desain yang tipis dan ringan, bobotnya hanya 1,55 kg. Sosoknya begitu ringkas dengan dimensi 323,6 mm x 28 mm x 17,9 mm, nyaman untuk dibawa bepergian. Penampilan laptop ini terlihat cantik dengan warna Abyss Blue, dengan logo Lenovo mungil di pinggiran cover atas.
tampilan layar dan keyboard Lenovo IdeaPad S340, tampak pada kamera terdapat switch di sisi atas layar
Layar laptop berukuran 14 inci dengan bezel yang sangat tipis di bagian samping. Pada bingkai atas terdapat kamera yang memiliki shutter atau switch untuk menutup kamera. Sayangnya bingkai bawah layar terlihat begitu lebar.

Tombol-tombol pada keyboard ini disusun dengan jarak yang nyaman untuk mengetik. Tampilannya pun terlihat mewah dengan backlit yang cantik. Di bawah keyboard terdapat touchpad dengan warna yang hitam yang agak senada dengan warna Abyss Blue di sekitarnya. Tak ada tombol khusus pada touchpad, klik menyatu pada pad untuk navigasi. Sayangnya laptop ini tidak menyediakan sensor sidik jari untuk pengamanan secara biometrik.                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Grafis

Lenovo IdeaPad S340 memiliki satu kartu grafis terdedikasi, yaitu AMD Radeon Vega 3. Prosesor ini merupakan solusi grafis yang terintegrasi dari AMD dan diluncurkan pada Februari 2018. Teknologi prosesor grafis ini menggunakan proses 14 nm dan dibangun berdasarkan arsitektur Raven Ridge.
Call of Duty 4
AMD Radeon Vega 3 telah mendukung penggunaan DirectX 12.00 dan memiliki fitur-fitur yang hemat daya. Konsumsi daya prosesor grafis ini tergolong rendah, sehingga cocok digunakan pada laptop yang tipis dan ringan. Ketika digunakan untuk memainkan game Call of Duty 4, tampilan animasinya tampak begitu mulus dan lancar. Demikian juga ketika digunakan untuk menyunting foto.

Baterai dan Konektivitas

Perpaduan prosesor AMD Ryzen 3 dan prosesor grafis AMD Radeon Vega 3 yang konsumsi dayanya rendah membuat baterai lebih awet. Kemampuan baterai ini bertahan sekitar tujuh jam dari kondisi penuh. Ketika laptop dimatikan atau dalam kondisi shutdown, maka dapat dengan cepat dinyalakan dan membuka aplikasi dengan kondisi sebelum dimatikan.
battery saver
Baterai bisa lebih hemat dengan fitur Battery saver yang bisa memperpanjang daya tahan dengan membatasi aktivitas di latar dan push notification ketika baterai lemah. Fitur ini bisa dinyalakan otomatis dengan menentukan batas persentase minimum baterai.
sisi kiri Lenovo IdeaPad S340
sisi kanan Lenovo IdeaPad S340
Port yang tersedia untuk konektivitas pada laptop ini cukup lengkap. Di bagian kiri terdapat port daya DC, port HDMI, port USB type-C, dan jack headphone atau mikrofon kombo Beralih ke kanan terdapat dua port USB 3.1 type-A dan satu slot SD card. Secara nirkabel, koneksi yang diandalkan laptop ini adalah WiFi 802.11 ac dan Bluetooth 4.2.

Benchmark

Tim Teknogav.com menguji Lenovo IdeaPad S340 dengan beberapa aplikasi Benchmark. Ketika dilakukan uji coba menggunakan PC Mark 10, skor keseluruhan yang diperoleh adalah 2868. Kisaran skor ini setara dengan skor yang diperoleh ASUS VivoBook, bahkan cenderung lebih tinggi. ASUS VivoBook A412D yang menggunakan AMD Ryzen 5 3500U memperoleh skor PC Mark 10 keseluruhan 2845. Sedangkan ASUS VivoBook X505Z yang memakai Ryzen 7 2700U mendapatkan skor 2804.

Nilai Essential yang diperoleh cukup tinggi, yaitu 6508, jauh di atas nilai batas kerja baik, yaitu 4100. Parameter Essential ini menunjukkan keandalan saat mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.
Benchmarking Lenovo IdeaPad S340 dengan PC Mark 10
Benchmarking Lenovo IdeaPad S340 dengan PC Mark 10
Benchmarking berikutnya dilakukan menggunakan Pass Mark. Skor yang diperoleh untuk kinerja sistem adalah 2344, sayangnya skor ini masih di bawah rata-rata. Beralih ke kinerja CPU, skor yang diperoleh adalah 4694, nilai ini pun di bawah rata-rata yang 7002.
skor uji kinerja dengan PassMark
skor CPU Mark
PassMark juga membuat peringkat prosesor dari beberapa data prosesor yang ada. Tampak bahwa kinerja AMD Ryzen 3 3200U di atas Intel Core i5-3210M dan di bawah AMD Ryzen 5 2500U.
peringkat dengan CPU Mark

Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 405 untuk 2D Mark dan 1064 untuk 3D Mark. Sementara kinerja memori meraih skor 1395. Sayangnya ketiga skor tersebut masih di bawah rata-rata.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Uji RAM
Kinerja inti prosesor juga diuji dengan aplikasi benchmark Geekbench. Nilai yang diperoleh adalah 2534 untuk single core dan 6385 untuk multi core.
Uji CPU GeekBench 4

Uji Open CL Geekbench 4

Ketika dilakukan benchmark dengan 3DMark, skor yang diperoleh adalah 4484. Uji coba yang dilakukan pada 3DMark benchmarking menggunakan Sky Diver untuk menguji sistem DirectX dengan kartu grafis mainstream, prosesor grafis atau grafis terintegrasi.

Benchmarking juga dilakukan dengan uji grafis 1 dan uji grafis 2, dengan nilai grafis total 4.502. Uji grafis 1 fokus pada teselasi yang digunakan untuk mengelola seperangkat data poligon yang mewakili obyek pada suatu scene dan membaginya ke dalam struktur yang sesuai untuk rendering. Nilai uji grafis 1 ini adalah 21,29 fps. Pengujian grafis 2 fokus pada pemrosesan piksel dan menggunakan metode pencahayaan terkotak-kotak berbasis shader yang dikomputasi. Nilai yang diperoleh pada pengujian ini adalah 19,88 fps.
Benchmarking Lenovo IdeaPad S340 dengan 3DMark
Benchmarking Lenovo IdeaPad S340 dengan 3DMark

Simulasi fisik menguji kinerja CPU dengan peningkatan jumlah patung yang runtuh ketika dipukul oleh palu yang berayun dari rantai. Pada pengujian ini, nilai yang diperoleh adalah 4.471. Nilai total keseluruhan uji benchmarking dengan 3D Mark ini 9% lebih baik dari total keseluruhan.

Ketika menggunakan aplikasi CPU-Z diperoleh rincian nilai hasil uji sebagai berikut. 
CPU-Z
Lenovo IdeaPad S340 dibandrol dengan harga Rp6.799.000. Harga ini cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan keandalannya. Jadi jika beberapa skor ternyata di bawah rata-rata, cukup sepadan dengan harganya.

Kelebihan

Layar laptop ini berukuran 14 inci dengan bezel yang tipis, sehingga bodinya ringkas. Dimensinya pun tipis dengan bobot yang ringan. Resolusi layar cukup tajam, yaitu Full HD dan memiliki fitur anti glare.

Keandalan utama laptop ini adalah hemat daya karena menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 dan prosesor grafis AMD Radeon Vega 3. Kinerjanya prosesor didukung RAM berkapasitas 8 GB dan media penyimpanan SSD 512 GB. Proses yang berjalan pada laptop ini terasa mulus dan lancar.

Beberapa game dapat dimainkan dengan cukup lancar dan grafisnya berjalan dengan mulus. Demikian juga saat digunakan untuk menyunting foto dan video. Kerennya lagi, tak perlu takut diintai dengan keberadaan kamera di atas layar, karena ada switch untuk menutup kamera.

Keyboard memiliki desain yang nyaman untuk mengetik. Susunan tombol-tombol memiliki jarak yang pas dengan pergerakan jari. Huruf-huruf pada tombol terlihat jelas berkat adanya backlit yang membuat keyboard tampak terang.

Kekurangan

Kendati bezel laptop cukup tipis di sisi samping, tapi di bagian bawah masih terlalu lebar. Keamanan pada laptop tidak didukung sensor sidik jari. Beberapa hasil benchmarking pada laptop ini juga masih di bawah nilai rata-rata. Grafis pada laptop juga hanya didukung satu prosesor grafis, yaitu AMD Radeon Vega 3. Untuknya prosesor grafis ini tetap hemat daya dengan kinerja gaming yang tangguh.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad S340

Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor
AMD Ryzen 3 3200U
Form Factor
Laptop
Memori
DDR4 2400 MHz 8 GB (4GB Soldered + 4GB DIMM)
Memori Internal
SSD PCIe NVMe M.2 512 GB
Layanan awan
OneDrive
Layar
14" FHD (1920x1080) IPS 250nits Anti-glare
Grafis
AMD Radeon Vega 3

Port
DC jack, HDMI, USB-C, Headphone/mic combo, SD card reader, 2 x USB 3.1
Audio
Dolby Audio, 2 speaker 2 watt
Webcam
HD Camera 720p with switch cover
Keyboard
Backlit Keyboard with Numeric pad
Nirkabel
Wi-Fi: 802.11 AC 1x1 & 2x2
Bluetooth: Bluetooth® 4.2

Jenis Catu Daya
Output: 20V DC, 65 W
Input: 100-240V AC, 50/60Hz
Baterai
52,5 Wh 3-cell polymer, mampu bertahan 8 jam dan didukung pengisian daya cepat
Dimensi
323.6 mm x 228 mm x 17.9 mm (WxDxH)
Bobot
1,55 kg
Warna
Abyss Blue
Aplikasi
AMD Radeon Settings Lite, Dolby Audio, Lenovo Vantage, LenovoUtility, Microsoft Store, One Drive, Xbox Console Companion, Xbox Game Bar, McAfee LiveSafe 30-day trial, Microsoft Office 365 30-day trial
Garansi
1 tahun
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email