AMD Pamerkan Jajaran Prosesor Ultra Tipis Terkininya di CES 2020 AMD Pamerkan Jajaran Prosesor Ultra Tipis Terkininya di CES 2020 ~ Teknogav.com

AMD Pamerkan Jajaran Prosesor Ultra Tipis Terkininya di CES 2020


Teknogav.com - Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, AMD mengumumkan jajaran prosesor laptop terkininya. Pertama adalah prosesor laptop ultra-tipis x86 delapan inti yang merupakan bagian dari jajaran prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile. Jajaran kedua adalah prosesor seri mobile AMD Athlon yang juga ditujukan untuk laptop. Selain itu AMD juga mengumumkan ketersediaan prosesor desktop AMD Ryzen Threadripper 3990X dan 3970X.

Prosesor seri mobile AMD Ryzen 4000

AMD Ryzen 4000 Series Mobile merupakan prosesor AMD Ryzen Mobile generasi ketiga yang diproduksi dengan proses teknologi 7 nm. Prosesor laptop ultrathin x86 8-core dan 16-thread ini  dibagun pada arsitektur Zen 2 dan dilengkapi grafis Radeon berkinerja tinggi. Desain prosesor ini ditingkatkan secara signifikan dengan hemat daya untuk dipakai pada laptop ultra tipis dan gaming.

“Kami memulai 2020 dengan terobosan yang menghadirkan kinerja, grafis, dan daya baterai tahan lama pada prosesor. Prosesor AMD Ryzen 4000 Mobile Series yang baru tak tertandingi untukpara pengguna laptop gaming dan ultra-tipis.Berdasarkan riwayat portofolio pertumbuhan AMD Ryzen Mobile-powered system di tahun 2019, kami sudah berada di jalur yang tepat untuk mengadopsi sistem yang lebih luas dari prosesor AMD Ryzen 4000 Series pada 2020 untuk para mitra OEM. Prosesor AMD menawarkan efisiensi daya dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya,” ucap Saeid Moshkelani, Senior Vice President and General Manager, AMD Client Compute.
efisiensi daya AMD Ryzen 4000 U-Series Mobile
AMD Ryzen 4000  U-Series Mobile menawarkan portabilitas dan sangat responsif, sehingga kinerjanya luar biasa pada laptop ultra-tipis dengan TDP 15W. Prosesor AMD Ryzen 4800U memiliki kinerja grafis sampai 18% lebih cepat jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Demikian juga dengan kinerja single-thread yang sampai 4% lebih baik dan kinerja multi-thread sampai 90% lebih cepat dibandingkan pesaing.

Sementara itu AMD Ryzen 4000 H-Series Mobile memiliki kemampuan konfigurasi TDP 45W yang cocok untuk gaming dan kreasi konten. Kinerja simulasi gameplay prosesor tersebut sampai 39% lebih baik jika dibandingkan prosesor pesaing. Ketika diuji dengan memakai Adobe Premier, kinerja video encoding 4K sampai 25% lebih cepat dibandingkan pesaingnya. Prosesor AMD Ryzen 4000 H-Series Mobile ini dirancang untuk digunakan pada laptop inovatif tipis dan ringan.Kinerja single-thread sampai 5% lebih baik dan kinerja multi-thread sampai 46% lebih baik dibandingkan pesaing.

Teknologi SmartShift juga dihadirkan AMD untuk menggunakan Ryzen 4000 Mobile, grafis Radeon dan AMD Radeon Software Adrenalin edisi 2020 terkini. Daya antara prosesor Ryzen dan grafis Radeon diubah secara dinamis oleh teknologi tersebut. Kinerja gaming pun sampai 10% lebih tinggi dan kinerja pembuatan konten sampai 12% lebih baik sehingga lebih efisien saat dibutuhkan.

Prosesor seri mobile AMD Athlon 3000

Prosesor ini dibangun pada arsitektur Zen yang menawarkan pengalaman komputasi modem berkinerja nyata bagi berbagai kalangan pengguna laptop mainstream. Kinerjanya cocok untuk produktivitas sehari-hari dan streaming Full HD. Kemampuan prosesor memberikan pengalaman komputasi modern seperti Windows Hello dan Cortana. Kinerja grafis prosesor ini sampai 86% lebih cepat dan kinerja produktivitas sampai 51% lebih cepat dibandingkan pesaing. Prosesor ini akan digunakan pada laptop yang akan diluncurkan OEM global pada awal 2020.

Baik seri Ryzen 4000 maupun Athlon 3000 siap mentenagai berbagai brand laptop yang akan diluncurkan mulai kuartal pertama tahun 2020. Beberapa brand tersebut antara lain adalah Acer Asus, Dell, HP dan Lenovo. Sementara itu sistem-sistem lain dengan prosesor tersebut siap meluncur sepanjang tahun 2020 bersama mitra OEM global.

AMD Ryzen Threadripper

prosesor AMD Ryzen Threadripper
AMD juga mengumumkan ketersediaan prosesor High End Desktop (HEDT) AMD Ryzen Threadripper 3990X secara global pada 7 Februari 2020. Prosesor canggih ini dirancang khusus untuk menyajikan kinerja khusus mengerjakan 3D, efek visual dan video profesional. Kecepatan prosesor dengan 64 inti dan 128 thread ini 51% lebih cepat dari prosesor AMD Ryzen Threadripper 3970X.

Para profesional pembuat konten yang biasa bekerja dengan animasi 3D, raytraced VFX dan video coder 8K cocok memakai AMD Ryzen Threadripper 3990X. Kinerja komputasi single-socket prosesor ini mempunyai jumlah yang belum pernah ada pada platform desktop. Ketika diuji dengan MAXON Cinema4D rendere, kinerjanya sampai 51% lebih baik dari Ryzen Threadripper 3970X in 3D Ray Tracing industri terkemuka. Riwayat Cinebench R20.06 juga memberikan nilai 25.399 untuk kinerja prosesor single.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email