Dimensity 1000, Chipset 5G Andalan MediaTek untuk Smartphone Flagship Dimensity 1000, Chipset 5G Andalan MediaTek untuk Smartphone Flagship ~ Teknogav.com

Dimensity 1000, Chipset 5G Andalan MediaTek untuk Smartphone Flagship


Teknogav.com - Teknologi 5G makin menjanjikan untuk diusung berbagai perangkat-perangkat 5G di seluruh dunia. Salah satu system-on-chip (SoC) yang mengusung teknologi 5G canggih ini adalah Dimensity besutan MediaTek. SoC ini menawarkan berbagai inovasi konektivitas, multimedia, kecerdasan buatan dan pencitraan untuk smartphone flagship.

Dimensity 1000 adalah SoC MediaTek pertama di keluarga chipset 5G dengan modem terintegrasi yang diproduksi dengan proses 7 nm. Chipset ini dirancang khusus untuk menghadirkan kinerja 5G yang mampu menyajikan kecepatan ultra-tinggi dan konektivitas yang lancar.

“Seri Dimensity merupakan ujung dari investasi MediaTek dalam 5G dan menempatkan kami sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan dan inovasi 5G. Teknologi 5G kami berpacu dengan siapa saja di industri ini,” ucap Joe Chen, President, MediaTek.
SoC MediaTek Dimensity 1000
Nama Dimensity menunjukkan solusi-solusi 5G yang memicu inovasi dan pengalaman, layaknya dimensi kelimat dalam dongeng. Dimensity 1000 merupakan chipset pertama MediaTek yang memberikan pengalaman mobile lebih cepat dan lebih cerdas secara sifnifikan. Berbagai perangkat-perangkat dengan teknologi 5G yang menggunakan Dimensity siap hadir di pasaran pada kuartal pertama tahun 2020 ini.

Dimensity 1000 mendukung dua agregasi carrier 5G (2CC CA) yang dirancang untuk mendukung jaringan sub-6GHz stand-alone dan non-stand-alone (SA/NSA). Kecepatan throughput chipset ini tertinggi di dunia dengan 4,7 Gbps downlink dan 2,5 Gbps uplink di jaringan sub-6 Ghz. Chipset ini memiliki dukungan multi-mode untuk semua generasi konektivitas seluler, mulai dari jaringan 2G sampai jaringan 5G.

Berbagai standar tercanggih Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1+ digabungkan chipset ini untuk mendapatkan konektivitas nirkabel lokal tercepat dan paling efisien. Berkat konektivitas tersebut kecepatan throughput pun lebih dari 1 Gbps untuk downlink dan uplink.

SoC MediaTek Dimensity 1000
Dimensity 1000 mempunyai empat inti Arm Cortex-A77 yang memiliki kecepatan 2,6 GHz dan empat inti Arm Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Chipset ini begitu tangguh yang dapat menyeimbangkan kinerja tinggi dan efisiensi daya. Dari segi grafis, chipset ini memakai GPU Arm Mali-G77 yang mumpuni untuk streaming dan lancar untuk gaming di kecepatan 5G.

AI Processing Unit terkni dari MediaTek, yaitu APU 3.0 juga melengkapi Dimensity 1000. Kinerja APU ini dua kali lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. APU ini dapat memicu kinerja lebih signifikan menjadi 4,5 TOPS.

Fitur-fitur Pada Dimensity 1000

  • SIM 5G ganda yang didukung layanan-layanan Voice over New Radio (VoNR) dan konektivitas lancar di berbagai jaringan dengan kecepatan konsisten.
  • Modem 5G yang irit daya dengan desain praktis dan terintegrasi sehingga memungkinkan produsen perangkat memasukkan fitur-fitur lain dalam perangkatnya. Fitur tersebut bisa berupa baterai berkapasitas besar atau sensor kamera dengan resolusi tinggi.
  • Agregasi carrier 5G memungkinkan perpindahan mulus antara dua area lokasi dengan kecepatan tinggi yang lancar saat berada di luar ruangan.
  • Image signal processing (ISP) lima inti yang dipadukan dengan teknologi imagiq+ mediatek menyajikan pengalaman kamera dan video yang luar biasa. Chipset ini mendukung sensor kamera 80 MP di 24 fps dan multi-kamera seperti kamera ganda 32 MP + 16 MP.
  • APU mendukung peningkatan kamera AI canggih untuk autofokus, auto exposure, auto white balance, noise reduction, HDR dan deteksi wajah. Chipset ini juga mendukung kamera dengan kemampuan HDR video multi-frame pertama di dunia.
  • Grafis dan video luar biasa yang mendukung layar Full HD+ sampai 120 Hz dan 2K+ sampai 90 Hz. Dukungan format Google AV1 chipset ini sampai resolusi 4K di 60 fps menghadirkan pengalaman streaming video ke tingkatan lebih tinggi.
 
“Dimensity 1000 menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam konektivitas, multimedia, AI, pencitraan dan game, seluruhnya disetel untuk kinerja 5G bagi konsumen. Inovasi tersebut dapat menghadirkan pengalaman-pengalaman luar biasa pada perangkat-perangkat 5G yang menggunakan Dimensity,” lanjut Chen.

Chipset ini dirancang untuk digunakan pada jaringan-jaringan 5G global sub-6GHz yang diluncurkan di Asia, Amerika Utara dan Eropa. Informasi lebih lanjut mengenai Dimensity 1000 ini dapat dilihat pada halaman solusi MediaTek Dimensity 5G.
Share:

Artikel Terkini