Wired For Work Asah Keterampilan Kaum Muda untuk Siap Kerja Wired For Work Asah Keterampilan Kaum Muda untuk Siap Kerja ~ Teknogav.com

Wired For Work Asah Keterampilan Kaum Muda untuk Siap Kerja

Teknogav.com - Wired For Work (W4W) adalah program untuk mendukung ketenagakerjaan kaum muda Jakarta.  Program W4W digelar berkat keberhasilan program ketenagakerjaan kaum muda Plan International di Asia dan Amerika Latin. Perubahan dilakukan W4W dengan memprogram ketenagakerjaan kaum muda Plan . Hal tersebut dilakukan sambil meningkatkan aksesbilitas, efisiensi, jangkauan, wawasan, dan penyesuaian latihan melalui inovasi.

Program W4W merupakan hasil kolaborasi antara Yayasan Bulir Padi dan Yayasan Plan International Indonesia. Yayasan Bulir Padi adalah organisasi yang membantu anak marjinal mendapatkan akses pendidikan agar dapat mandiri. Organisasi ini merupakan lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada keunggulan prestasi akademis, pendidikan keterampilan siap kerja dan akses ke dunia kerja. Sedangkan Yayasan Plan International adalah organisasi yang fokus pada pemenuhan hak anak dan kesetaraan anak perempuan.

“Yayasan Bulir Padi bangga dapat bekerjasama dengan Yayasan Plan International sebagai mitra dalam menjalankan program Wired 4 Work! Program ini sejalan dengan strategi kerja kami untuk membekali kaum muda marjinal di Jakarta dengan ketrampilan siap kerja. Mereka pun dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul ketika masuk dalam dunia kerja,” ucapTia Sutresna, Pendiri & Direktur Strategi dan Program, Yayasan Bulir Padi.

Kaum muda, terutama perempuan dapat memperluas akses dan memiliki kesempatan mendapatkan pekerjaan layak dengan adanya program W4W. Akses dan kesempatan tersebut diperoleh dengan pembekalan siap kerja yang mencakup kecakapan hidup dan pelatihan teknis. Program ini mengintegrasikan aset digital ke dalam jalur kerja kaum muda Plan (Ketenagakerjaan, Kewirausahaan dan Pemberdayaan Kaum Muda). Plan Indonesia berusaha memberikan kesetaraan kesempatan bagi anak perempuan dan kaum muda perempuan untuk mendapatkan pekerjaan layak.

 “Kemitraan ini akan memperkuat berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kerja kaum muda, khususnya perempuan. Upaya ini dijalankan dengan menggunakan model pelatihan kejurusan yang dibutuhkan industri kerja dan sistem informasi digital,” ucap Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di provinsi tersebut adalah 5,13% pada Februari 2019. TPT penduduk dengan jenjang pendidikan SMK merupakan yang tertinggi, yaitu 7,82%. Angka tersebut meningkat dari 7,16% pada Februari 2018.

“Program kami sejalan dengan misi Pemerintah dalam membentuk SDM unggul Indonesia yang dinamis dan terampil. Pendidikan pelatihan kerja yang tepat bisa meningkatkan kesempatan penduduk dengan TPT tertinggi tersebut untuk mendapat pekerjaan dengan penghasilan layak. Mereka pun bisa meningkatkan taraf hidup dan keluar dari lingkaran kemiskinan,” lanjut Tia Sutresna.

Yayasan Bulir Padi selaku mitra program W4W menargetkan 400 kaum muda marjinal di Jakarta pada periode 2019-2020 untuk siap kerja. Sebanayak 75% dari jumlah tersebut adalah perempuan. Program W4W diselenggarakan Plan Indonesia di tiga kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang dan Lombok. Jumlah target penerima manfaat di ketiga kota tersebut adalah 10 ribu kaum muda yang termarjinalkan.
Share:

Artikel Terkini