Survei Mozilla Ungkap Fakta Tren Wisata Generasi Milenial Indonesia Survei Mozilla Ungkap Fakta Tren Wisata Generasi Milenial Indonesia ~ Teknogav.com

Survei Mozilla Ungkap Fakta Tren Wisata Generasi Milenial Indonesia


Teknogav.com - Rutinitas sehari-hari kerap membuat jenuh, sehingga dibutuhkan penyegaran. Masyarakat Indonesia banyak yang menjadikan wisata sebagai hiburan penyegaran saat liburan. Wisata dapat dilakukan di dalam negeri atau luar negeri, disesuaikan juga dengan anggaran. Mozilla pun membuat survei mengenai tren wisata generasi milenial Indonesia yang digelar pada 2019. Beberapa fakta menarik dapat diperoleh dari suvei yang diikuti 501 responden tersebut.

Inisiatif Mozilla melakukan survei karena melihat data peningkatan wisata domestik maupun mancanegara hasil riset Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan data BPS, terjadi peningkatan wisata domestik sebesar 12,37% dari tahun 2017 ke 2018. Sementara tren wisata ke mancanegara naik 10% dari semester pertama 2018 ke semester pertama 2019.

Survei digelar Mozilla pada responden yang berada di wilayah Jabodetabek dengan kisaran usia 18 tahun sampai 32 tahun. Berikut ini adalah beberapa fakta yang terungkap dari hasil survei tersebut.

Generasi milenial lebih senang berwisata dengan keluarga

Wisata bersama keluarga (sumber: Endah/teknogav.com)
Sebanyak 88% responden melakukan perjalanan wisata pada waktu tertentu, misalnya akhir tahun, pertengahan tahun atau saat tanggal liburan. Sebanyak 66% responden melakukan perjalanan wisata bersama keluarga dan 20% berwisata dengan teman. Bagi yang memiliki kekasih, ternyata hanya 9% yang berwisata bersama pasangannya tersebut.

Wisata domestik lebih diminati

Situ Gunung, Sukabumi (sumber: Endah/Teknogav.com)
Kendati dana mencukupi untuk berwisata ke luar negeri, tetapi 77% responden memilih untuk berwisata di dalam negeri. Sebanyak 68% responden lebih senang menjelajahi berbagai tempat dalam satu wilayah atau kota saja. Sedangkan 32% responden memilih ke banyak kota tanpa harus mengeksplorasi kota yang dikunjungi secara mendalam. Bagi 50% responden, keunikan tempat wisata merupakan faktor penting dalam memilih tempat tujuan. Sebagian besar responden lebih suka menjelajahi satu kota dan budaya lokal yang ada di dalamnya secara mendalam.

Penting untuk mengabadikan momen dengan foto dan video


ilustrasi mengabadikan momen (sumber: Pixabay)
Mayoritas responden, yaitu 94% tidak membutuhkan periode liburan yang panjang, cukup satu sampai tujuh hari saja. Sepanjang periode tersebut, lebih dari setengah responden mementingkan untuk mengabadikan momen perjalanan dengan berfoto atau merekam video. Momen tersebut bisa berupa atraksi wisata, makanan, pemandangan atau berbagai kegiatan lain. Para generasi milenial senang menyimpan dan berbagi pengalaman pada platform digital.

Merencanakan perjalanan dengan acuan media sosial

ilustrasi merencanakan perjalanan (sumber: Pixabay)
Demi membuat perjalanan menjadi berkesan, maka perlu merencanakan perjalanan dengan cermat. Sebanyak 72% responden mengumpulkan informasi wisata dari Instagram, 62% dari YouTube dan 40% dari Facebook. Mereka menjadikan media sosial sebagai acuan penting untuk mencari informasi wisata dan tak lagi memakai agen tur atau pemandu perjalanan.

Menyimpan dan berbagi informasi wisata ke media sosial

Sebanyak lebih dari setengah responden menyimpan informasi wisata dalam format digital. Sebanyak 47% responden berbagi informasi wisata melalui media sosial atau instant messenger, hanya 18% yang berbagi informasi dengan bertemu langsung.

Ternyata berdasarkan survei Mozilla, media sosial berperan penting bagi kebutuhan wisata pengguna. Sebagian besar responden cenderung berbagi pengalaman wisata mereka di media sosial. Terutama bagi mereka yang mendapatkan informasi dan inspirasi dari konten digital media sosial akun lain. Perubahan kebiasaan wisata generasi milenial membuat mereka mencari cara yang efisien dengan mengakses informasi di internet.

Mozilla memperkenalkan fitur travel terkini yang terdapat pada platform multifungsi Firefox Lite. Fitur tersebut memudahkan pengguna menyusun daftar destinasi saat ingin menjelajahi kota-kota baru dalam satu platform. Berbagai tips dan informasti dari traveler lain dapat diakses secara real-time. Fitur travel juga bisa memberikan inspirasi wisata dari media sosial dan penawaran menarik yang mempermudah pergi ke tujuan wisata.

Tak hanya mengusung fitur Travel, Firefox Lite juga memiliki fitur untuk membandingkan produk dan harga murah pada platformnya. Selain itu tersedia juga game gratis dan berita-berita terkini pada satu platform. Firefox Lite merupakan perambah mobile lengkap yang siap mendukung kehidupan yang lebih nyaman dan efisien. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email