Dukung Internet Positif, TikTok Gandeng Sudah Dong Kampanyekan #SamaSamaNyaman Dukung Internet Positif, TikTok Gandeng Sudah Dong Kampanyekan #SamaSamaNyaman ~ Teknogav.com

Dukung Internet Positif, TikTok Gandeng Sudah Dong Kampanyekan #SamaSamaNyaman


Teknogav.com - Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) diperingati setiap tanggal 11 Februari 2020. Demi merayakan peringatan tersebut, TikTok bekolaborasi dengan Sudah Dong, yaitu suatu gerakan dan komunitas anti perundungan atau anti bullying. Kolaborasi tersebut menghasilkan panduan untuk mengajak pengguna TikTok menciptakan lingkungan internet yang positif. Tema yang diangkat pada panduan tersebut adalah “Sama Sama Aman, Sama Sama Nyaman”.

“TikTok menyediakan platform bagi semua orang untuk mengekspresikan kreativitas. Prioritas utama kami adalah memberikan lingkungan yang aman sehingga semua orang merasa nyaman ketika mengekspresikan diri secara terbuka dan kreatif. Kami menciptakan panduan berdasarkan hal tersebut. Pengguna bisa mendapat tips cara menghadapi cyber bullying secara umum dan fitur-fitur keamanan di TikTok, ucap Donny Eryastha Head of Public Policy, TikTok Indonesia.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar survei bersama dengan Polling Indonesia terhadap pengguna internet di Indonesia. Data penelitian yang digelar selama Maret sampai April 2019 mengungkap bahwa 49% netizen pernah menjadi korban perundungan di media sosial. Hasil tersebut menunjukkan betapa pentingnya melindungi diri dari cyber bullying.

ki-ka: Donny Eryastha  (Head of Public Policy untuk Indonesia, Malaysia dan Filipina) dan Adiyat Yori Rambe (Perwakilan Komunitas Sudah Dong)
“Kami senang sekali bisa berkolaborasi dengan TikTok pada kampanye ini dan turut berkontribusi dalam menjaga kenyamanan pengguna TikTok. Mayoritas pengguna TikTok adalah anak muda. Panduan ini menyajikan informasi yang mudah dipahami mengenai bullying dan tindakan menanggapi aksi bullying, serta tips menggunakan internet cerdas. Selain itu tersedia juga  panduan fitur-fitur keamanan pada aplikasi TikTok yang menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna,” ucap Katyana Wardhanam Pendiri Komunitas Sudah Dong.

Situs Sudah Dong menayangkan panduan ‘Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman’ sejak 11 Februari 2020 bertepatan dengan Safer Internet Day. Safer Internet Day atau Hari Internet Aman Sedunia awal dirayakan pada tahun 2004 yang merupakan inisiatif dari EU SafeBorders. Kini sekitar 150 negara di seluruh dunia melakukan peringatan tersebut. Berbagai penggunaan teknologi yang positif ditekankan untuk mengeksplorasi peran pemangku kepentingan pada peringatan ini. Mereka berusaha mewujudkan komunitas internet yang lebih baik dan lebih aman.
ki-ka: Utari Hues (Kreator TikTok) dan Ferdinandus Setu (Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia)
TikTok bersama sejumlah kreator di TikTok pun berkolaborasi untuk mengunggah video yang mengkampanyekan anti perundungan siber. Video-video kampanye yang kreatif tersebut dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman. Kini TikTok sudah tersedia di lebih dari 150 negara dalam 75 bahasa. Demi mendorong pengguna berkreasi dan berinteraksi melalui konten yang relevan dengan budaya dan tren lokal, TikTok menggencarkan strategi lokalisasi.

“Kami mengapresiasi langkah TikTok dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya, seta aktif melawan cyber bullying yang kerap terjadi. Hal ini sejalan dengan beberapa program yang kami lakukan untuk mengkampanyekan Internet yang Sehat dan Aman. Program tersebut kami gelar dalam bentuk dalam bentuk sosialisasi, roadshow, dan forum diskusi dengan melibat seluruh komponen masyarakat,” ucap Ferdinandus Setu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.
Share:

Follow by Email