Justin Bieber Manfaatkan Demam TikTok untuk Promosikan Single 'Yummy' Justin Bieber Manfaatkan Demam TikTok untuk Promosikan Single 'Yummy' ~ Teknogav.com

Justin Bieber Manfaatkan Demam TikTok untuk Promosikan Single 'Yummy'


Teknogav.com - Banyak orang ingin populer melalui TikTok, termasuk musisi, bahkan Justin Bieber pun mempromosikan single terkininya ‘Yummy’ di TikTok. Bieber berkolaborasi dengan beberapa bintang Tik Tok untuk membuat konten dengan single terkininya tersebut. Kemudian video kompilasi TikTok tersebut diunggahnya ke channel YouTube. Ini bukan pertama kalinya Bieber berusaha meningkatkan popularitas lagu tersebut di Tik Tok. Musisi tersebut bergabung dengan Tik Tok ketika single ‘Yummy’ pertama kali diluncurkan.


Bieber memperkenalkan ‘Yummy’ dengan duduk di ranjang bertelanjang dada sambil menganggukkan kepala seiring musik tersebut mengalun di latar. Selain itu ada juga video Bieber mengelus-elus kumisnya di atas ranjang dengan latar musik Yummy, tetapi kali ini dia menggunakan kaos.

Bieber memiliki lebih dari 126 juta follower di Instagram, 108 juta follower di Twitter dan 50 juta subscriber di YouTube. Jadi sebenarnya single ‘Yummy’ dijamin sukses, tetapi tampaknya Bieber masih ingin mendompleng kesuksesan aplikasi TikTok untuk viral.

Lagu-lagu yang viral di TikTok biasanya disusul dengan keberhasilan besar bagi musisi tersebut. Salah satunya contohnya adalah Lil Nas X dengan lagu ‘Old Town Road’. Single tersebut sukses setelah menjadi lagu dan tarian populer di TikTok. Bedanya saat itu Lil Nas X tidak bermaksud untuk menjadikannya fenomena, karena hal tersebut dilakukan TikTok sebagai komunitas. Musik tersebut cukup menarik, baru dan cukup aneh yang bisa membuat orang terbius.

Perusahaan rekaman mengamati cara TikTok mengangkat karir banyak artis dan mulai bekerja sama dengan musisi mereka untuk bersentuhan langsung dengan TikTok. Bieber mencoba untuk menjadikan lagunya mendukung video di TikTok ketimbang mengandalkan lagu itu sendiri menjadi konten yang digunakan orang layaknya di YouTube.

TikTok telah memisahkan divisi musik dan rutin bertemu dengan artis dan pesohor untuk menawarkan tips agar menonjol di platform tersebut. Sebelumnya selebriti dan musisi mencoba mendapatkan penggemar di YouTube. Artis meluncurkan channel resmi untuk mengunggah video musik dan klip di balik tur mereka. YouTube akan membantu untuk memasukkan video musik tersebut di Trending List yang memudahkan untuk ditemukan pengguna.

Tentu saja proses di YouTube tersebut berbeda dengan TikTok yang didominasi penggunanya. Cara terbaik untuk membuat lagu menjadi viral adalah dengan mengangkat keanehannya. Para pengguna Twitter menyebut Bieber menggunakan TikTok hanya untuk mempromosikan ‘Yummy’ dan tidak berpartisipasi mengikuti budanya TikTok dalam membuat video yang eklektik.

@kjapa.official Having fun on set with @𝙢𝙖𝙙𝙚𝙡𝙖𝙢𝙚
♬ shot siblings - jktessketit

Jika dibandingkan dengan para pemeran Riverdale KJ Apa dan Cole Sprouse yang sering mengunggah videoberupa meme yang disukai pemggemar TikTok. Mereka mengandalkan pertemanan dan bercanda dengan pengguna lain, sesuai dengan kualitas TikTok sebagai platform yang menyenangkan bagi banyak orang. Konten yang dikembangkan pun terasa alami dan secara tak langsung mempromosikan serial mereka.

Saat ini ‘Yummy’ belum menjadi meme yang masihf, tetapi setiap kali musisi seperti Bieber mencoba menggunakan TikTok sebagai platform ketimbang tempat untuk video senang-senang, maka TikTok kehilangan keunikannya.
Share:

Follow by Email