Tips Berinvestasi dengan KoinWorks Tips Berinvestasi dengan KoinWorks ~ Teknogav.com

Tips Berinvestasi dengan KoinWorks


Teknogav.com - Kini aplikasi pinjaman online marak bertebaran, tetapi banyak dari aplikasi tersebut yang ilegal, atau tidak mendaftar ke OJK. Nah, KoinWorks merupakan salah satu aplikasi P2P lending yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK dan tunduk pada regulasi. KoinWorks bahkan merupakan aplikasi peminjaman secara Peer to peer (P2) atau P2P lending di Indonesia. Tidak hanya untuk mendapatkan pinjaman, KoinWorks ini justru menarik untuk berinvestasi. Aplikasi ini berperan sebagai mediator antara peminjam dan orang yang memiliki dana untuk investasi. Yuk simak tips investasi di aplikasi ini.

Jika dibandingkan dengan produk investasi keuangan lainnya, maka pilihan investasi yang tersedia di KoinWorks menyediakan imbal hasil lebih tinggi. Tentu saja ada juga yang lebih rendah, tergantung dengan risiko dan layanan yang disediakan. Nah, bagi yang ingin berinvestasi, saat ini KoinWorks menyediakan tiga metode, yaitu KoinRobo, KoinP2P dan KoinGold. Nantinya akan ada tambahan metode investasi yaitu KoinTrade.

halaman utama aplikasi KoinWorks
Pada investasi di KoinRobo, KoinWorks akan secara otomatis memilihkan produk investasi yang akan dimasuki. Sayangnya pada investasi ini rate yang ditawarkan tidak begitu besar, kisarannya 4% sampai 13%. Selain itu juga investasi ini tidak dapat dimasuki menggunakan koin yang diperoleh dari pendaftaran menggunakan kode referal. Pilihan tenornya adalah 1, 3, 6 dan 12 bulan, investor akan mendapatkan dana investasi beserta imbal hasilnya di akhir tenor. Keuntungan dari metode ini adalah tak perlu repot menyeleksi produk investasi dan dana yang diproteksi mencakup dana investasi dan bunganya.
cara pendaftaran KoinWorks menggunakan kode referal ND61008
Tim Teknogav.com memilih metode KoinP2P untuk berinvestasi karena memang imbal hasil lebih besar dan mencoba memanfaatkan koin yang ada. Ketika mendaftar, jangan lupa gunakan kode referal ND61008 untuk mendapatkan bonus koin sebesar 350.000. Saat ini koin tersebut hanya bisa dipakai berinvestasi di KoinP2P. Koin ini hanya berlaku selama 1 bulan lho, lewat dari masa pakai tersebut, maka koin akan hangus. Investasi yang dilakukan menggunakan koin tidak bisa kembali, jadi lebih baik masukkan saja ke produk dengan risiko paling tinggi.
Profil Produk KoinP2P berdasarkan Grade (sumber: www.koinworks.com)
Perlu diingat saat memilih investasi bahwa high risk high return. Jadi semakin tinggi imbal hasil yang diperoleh maka tingkat risiko pun semakin tinggi. KoinWorks membagi profil tersebut menjadi lima kategori dari A sampai E sesuai dengan bunga dan dana proteksi. Maksud dari Dana Proteksi adalah minimum pengembalian dana pokok ke investor jika terjadi gagal bayar. Dapat dilihat bahwa pada Grade A, dana pokok bisa kembali sampai 100% tetapi bunga yang ditawarkan mulai dari 12% saja. Sebaliknya pada Grade E persentase pengembalian dana jika terjadi gagal bayar hanya 20%, tetapi bunganya mulai dari 24%.

Angka persentase bunga tersebut per tahun dan belum dipotong pajak karena KoinWorks memang belum menyetorkan pajak pendapatan bunga. Kendati demikian investor dapat mengurus sendiri pembayaran pajak bunga tersebut dengan besar pajak sebesar 20% dari profit.

filiter berdasarkan Grade dan jenis Produk
Saat mencoba, kami berusaha mencari produk dengan investasi tertinggi di Grade E atau Grade D, caranya dengan menggunakan menu filter. Tetapi ternyata produk dengan kedua Grade tersebut sudah habis, imbal hasil tertinggi ada pada Grade C. Penyaringan produk ini juga bisa dilakukan dengan menetapkan tenor dan jenis produk. Produk-produk yan tersedia mencakup Koin Bisnis, Koin Invoice, Koin Pintar, dan Koin Employee.
Tampilan daftar produk sebelum dan setelah difilter
Demi memudahkan urutan, maka penyortiran bisa dilakukan berdasarkan sisa dana yang harus dikumpulkan, grade, jenis pinjaman, tenor dan sisa waktu penggalangan dana. Jika memilih produk dengan sisa waktu yang tinggal sebentar lagi, sebaiknya pilih yang persentase pengumpulan dana sudah cukup banyak.

Dana akan diteruskan ke peminjam setelah dana yang terkumpul minimal sudah mencapai 80% pada batas waktu yang sudah ditentukan. Nah, ketika ingin berinvestasi memanfaatkan koin, pilih produk dengan rate paling tinggi dan tenor paling panjang, yaitu 24 bulan. Pada contoh ini, produk yang dipilih tim Teknogav.com adalah C1 KoinBisnis: Inventory Purchasing dengan rate 23,01% dan tenor 24 bulan.
langkah pembelian produk
konfirmasi pembelian
Untuk mendanai produk tersebut, tinggal tekan produk atau langsung masukkan nominal yang ingin diinvestasikan. Profil peminjam juga bisa dilihat terlebih dahulu untuk memastikan. Setelah yakin, lakukan Checkout dan konfirmasi. Jika ingin melihat seluruh produk investasi yang diikuti, tinggal tekan menu Portofolio.
portofolio produk yang dimiliki
Koin yang tersedia saat awal memasukkan kode referal adalah 350 ribu, tetapi pendanaan hanya bisa dilakukan kelipatan 100 ribu. Jika sudah menginvestasikan koin sebesar 300 ribu dan masih sisa 50 ribu koin, maka bisa digabung dengan dana top up. Pada pembelian dengan dana gabungan antara koin dan top up, maka pokok yang akan dikembalikan hanya yang berasal dari cash. Cara lain adalah menambah koin dengan berbagi kode referal.

Jika ingin melihat seluruh riwayat pembelian produk, maka dari menu utama tekan Portofolio yang terletak di barisan bawah, kedua dari kiri. Tekan tiga titik dalam lingkaran, lalu pilih Order History. Sementara untuk melihat arus kas pilih Cashflow.
Menu Portofolio di KoinWorks

Sayangnya ketika mulai berinvestasi, KoinWorks tidak memberikan kuesioner untuk membatasi produk yang bisa dimasuki sesuai profil risiko layaknya perbankan. Kendati demikian investor dapat mengecek profil risiko di aplikasi KoinWorks sebagai bahan pertimbangan pribadi. Kekurangan lain adalah besar investasi yang harus kelipatan Rp100 ribu sehingga dana hasil dari pembayaran bunga tidak bisa langsung diinvestasikan kembali jika belum mencapai Rp100 ribu.

Nah, jika ingin mengunduh aplikasi ini, bisa melalui Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS. Jangan lupa memasukkan kode referal ND61008 untuk mendapatkan koin senilai 350 ribu!
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email