Review HP EliteBook 735 G6, Notebook Profesional Kaya Port Review HP EliteBook 735 G6, Notebook Profesional Kaya Port ~ Teknogav.com

Review HP EliteBook 735 G6, Notebook Profesional Kaya Port


Teknogav.com – HP EliteBook 735 G6 adalah notebook yang dirancang bagi para profesional modern. Notebook ini dilengkapi dengan keamanan tingkat enterprise dan berbagai fitur-fitur canggih yang membuatnya tetap terhubung. Begitu banyak port melengkapi notebook untuk bisnis ini, bahkan tersedia juga slot SIM Card yang memungkinkan untuk terhubung ke internet saat tak ada koneksi WiFi.

Prosesor yang digunakan pada laptop ini adalah AMD Ryzen 7 PRO 3700U yang menggunakan empat inti prosesor Zen+. AMD Ryzen 7 PRO 3700U berbeda dengan Ryzen 7 3700U walau sama-sama dan berkecepatan 2,3 - 4 GHz. Perbedaannya, pada versi PRO lebih banyak fitur-fitur tambahan untuk manajemen dan keamanan. Salah satu fitur keamanan tambahan tersebut adalah enkripsi memori penuh.

Pointstick pada HP EliteBook 735 G6
Kerennya, selain slot SIM Card ada juga beberapa fitur unik lain pada laptop ini yang tak dimiliki laptop pada umumnya. Jika biasanya antarmuka untuk input cukup menggunakan trackpad saja, maka HP EliteBook 735 G6 ini juga menambahkan PointStick. Fitur tersebut membuat penempatan kursor lebih presisi, cocok untuk mengedit gambar atau merancang desain.

Dari segi keamanan, HP EliteBook 735 G6 dilengkapi dengan sensor sidik jari dan slide untuk menutup kamera di atas layar. Di sisi samping kiri tersedia juga slot nano security lock untuk mencegah laptop hilang dicuri orang. Sebagai laptop bisnis dengan fitur lengkap, HP EliteBook 735 G6 ini cukup murah, hanya Rp13,5 juta saja.

Prosesor AMD Ryzen PRO 3700U

Seperti telah disinggung sebelumnya, prosesor AMD Ryzen 7 PRO 3700U ini terdiri dari empat inti CPU dengan 8 threads. Kecepatan clock dasar prosesor adalah 2,3 GHz yang bisa di-boost sampai dengan 4 GHz. Prosesor ini diproduksi dengan teknologi 12 nm, sehingga memungkinkan kecepatan clock lebih tinggi pada konsumsi daya yang sama.

Ryzen 7 PRO 3700U ini memiliki TDP (Thermal Design Power) 15 watt dan ditujukan untuk laptop kelas menengah. Chipset Picasso ini menggunakan arsitektur mikro Zen+ dengan sedikit peningkatkan yang juga meningkatkan IPS (instruction per second) sampai 3%.

Fitur-fitur APU Picasso ini sama jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Raven Ridge. Pengendali memori dual-channel yang terintegrasi mendukung penggunaan memori DDR4-2400. Media penyimpanan notebook ini lapang dan dapat diakses dengan cepat berkat SSD PCIe NVMe M2 berkapasitas 512 GB.

Dari segi grafis, kartu grafis yang digunakan adalah AMD Radeon RX Vega 10 dengan kecepatan sampai dengan 1400 MHz. Sementara itu dari segi audio, laptop ini didukung speaker stereo ganda dengan teknologi Bang & Olufsen. Pengaturan audio pada HP EliteBook 735 G6 ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi Bang & Olufsen Audio Control.
tampilan HP EliteBook 735 G6 dari depan
Aplikasi Bang & Olufsen Audio Control
Kendati layar laptop ini berukuran 13,3 inci namun sosoknya terasa lebar karena bingkai atas dan bawah layar cukup lebar. Bobot laptop ini sebenarnya cukup ringan, hanya 1,33 kg tapi sosoknya kurang ringkas, kemungkinan karena bezel layar yang lebar. Dimensi laptop ini 31,04 x 22,93 x 1,77 cm, jadi sedikit lebih lebar jika dibandingkan dengan Lenovo Ideapad S340. Namun jika dilihat dari panjang dan ketebalan, maka HP EliteBook 735 G6 lebih pendek dan tipis.
kamera dengan penutup geser pada HP EliteBook 735 G6
tampilan HP Client Security
Bagi yang agak was-was kegiatannya diintip dari kamera pada laptop, tak perlu khawatir. HP EliteBook 735 G6 ini memiliki kamera HD yang dilengkapi dengan penutup geser, sehingga tak perlu khawatir kamera dimanfaatkan orang tak berwenang untuk mengintip. Keamanan lain laptop ini didukung oleh HP Client Security dan sensor sidik jari yang terletak di bawah keyboard, tepatnya di sisi kanan.
HP EliteBook 735 G6 dan adapter daya
Paket HP EliteBook 735 G6 ini terdiri dari unit laptop dan adapter beserta kabelnya. Selain itu tentu saja ada kertas-kertas berupa booklet panduan umum dan spesifikasinya, serta kartu garansi.

HP EliteBook 735 G6 merupakan laptop bisnis, jadi tak heran jika sudah dibekali dengan Windows 10 Pro. Beberapa aplikasi standar sudah tercakup pada laptop ini, yaitu Calculator, Calendar, Camera, Connect, Bang & Olufsen Audio Control, Film & TV, One Drive dan lain-lain.

Keyboard cukup nyaman digunakan untuk mengetik dari segi jarak antar jari dan backlit di setiap tombol. Kendati demikian ada beberapa fungsi yang agak berbeda dengan posisi tombol pada umumya, yaitu print screen. Tombol tersebut terletak menyatu dengan tombol shift di sebelah kanan. Gunakan tombol fn dan print screen untuk mengambil tangkapan pada layar.

Desain

cover atas HP EliteBook 735 G6
HP EliteBook 735 G6 sebenarnya memiliki bobot yang ringan, hanya 1,33 kg, tetapi entah kenapa terasa cukup berat. Dimensinya pun melebar jika dibandingkan dengan laptop lain walau lebih pendek panjangnya. Penampilan HP EliteBook 735 G6 terlihat cukup mewah dengan warna silver yang sama di seluruh bodi. Pada cover lapop tampak logo khas HP yang berwarna silver metalik.
Desain keyboard, posisi pointstick, trackpad dan sensor sidik jari
Di bawah pojok kiri keyboard terdapat tulisan EliteBook yang merupakan lini notebook ini. Sementara di sisi kanan bawah keyboard tersemat sensor sidik jari untuk pengamanan. Selain trackpad yang mendampingi keyboard, tersedia juga terdapat pointstick untuk menggerakkan cursor secara lebih presisi. Letak pointstick ini diapit oleh teombol G, H dan B. Sayangnya tonjolan pointstick ini menjiplak bekas pada permukaan layar.

Layar laptop ini berukuran 13,3 inci, tapi sayang bingkainya cukup lebar, terutama di bagian atas dan bawah layar. Pada bingkai atas terdapat kamera yang dilengkapi dengan switch geser untuk menutup kamera tersebut. Tentunya keberadaan switch ini bisa menambah rasa aman dari risiko diintip orang yang tak berwenang.
desain lubang speaker Bang & Olufsen pada HP EliteBook 735 G6

Kerennya lagi corak lubang speaker yang letaknya di atas keyboard pun memiliki motif yang unik. Laptop ini juga sudah lolos uji standar militer dan mengantongi sertifikat MIL-STD-810.

Grafis

Prosesor grafis yang digunakan pada HP EliteBook 735 G6 adalah AMD Radeon RX Vega 10 Graphics yang diluncurkan tahun 2017. GPU itu dibangun pada arsitektur Vega yang merupakan GCN generasi ke-5 dan memiliki 10 CU yang setara dengan 640 shader. Kecepatan prosesor grafis ini sampai 1300 MHz. Arsitektur Vega menyajikan beberapa peningkatan pada generasi Polaris dan mendukung DirectX 12. Tentu saja prosesor ini sudah didukung fitur-fitur yang hemat daya sehingga cocok diadopsi pada notebook berdimensi tipis.

Dukungan prosesor grafis ini membuat penyuntingan gambar, foto dan video terasa mulus. Demikian juga saat digunakan untuk bermain game.

Baterai dan Konektivitas

Ketahanan baterai ini patut diacungi jempol, bahkan bisa sampai lebih dari 15 jam saat digunakan dari kondisi penuh. Kemampuan laptop untuk membuka aplikasi pun begitu cepat, walau saat baru dinyalakan sekalipun.

Battery Saver mampu memperpanjang daya tahan baterai dengan membatasi kegiatan yang berjalan di latar dan mengurangi notifikasi push ketika baterai lemah. Fitur ini dapat dinyalakan secara otomatis jika persentase daya paga baterai berada di bawah persentase tertentu.
sisi kanan HP EliteBook 735 G6
sisi kiri HP EliteBook 735 G6
Port yang tersedia untuk konektivitas pada laptop ini sangat lengkap. Di bagian kanan dari belakang ke depan terdapat port daya, USB type-C, konektor docking, port ethernet, port HDMI, port USB 3.1 Gen 1, jack audio combo, dan slot SIM card. Sayangnya slot SIM Card ini agak sulit untuk dibuka, demikian juga slot smartcard Card di sisi kiri. Di sisi kiri dari belakang ke depan terdapat slot kunci keamanan nano, lubang ventilasi, port USB 3.1 Gen 1, dan slot smartcard reader.

Koneksi nirkabel laptop ini mencakup WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5 dan koneksi menggunakan operator seluler berkat dukungan slot SIM Card. Sayangnya koneksi WiFi sering tiba-tiba terputus ketika lama didiamkan dan harus melakukan koneksi ulang. Sementara itu untuk koneksi menggunakan SIM Card belum dicoba karena kesulitan untuk membuka slot SIM Card. Koneksi Bluetooth bisa berjalan lancar dan mudah terhubung dengan berbagai jenis perangkat yang sudah didukung koneksi Bluetooth.

Benchmark

Beberapa aplikasi Benchmark digunakna untuk menguji coba HP EliteBook 735 G6 ini. Uji coba pertama menggunakan PC Mark 10, dan memperoleh nilai keseluruhan 3225. Skor tersebut jauh lebih tinggi dari ASUS VivoBook X505Z yang menggunakan Ryzen 7 2700U dengan skor 2804.
Benchmarking HP EliteBook 735 G6 dengan PC Mark 10
Nilai Essential yang diperoleh cukup tinggi, yaitu 6177, jauh di atas nilai batas kerja baik, yaitu 4100. Parameter Essential ini menunjukkan keandalan saat mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.
Uji kinerja dengan PassMark
skor CPU Mark
Benchmarking berikutnya dilakukan menggunakan Pass Mark. Skor yang diperoleh untuk kinerja sistem adalah 2413, sayangnya skor ini masih di bawah rata-rata di 2778. Beralih ke kinerja CPU, skor yang diperoleh adalah 7972, tentu saja nilai ini jauh di atas nilai rata-rata 7123.
peringkat dengan CPU Mark
PassMark juga membuat peringkat prosesor dari beberapa data prosesor yang ada. Tampak bahwa kinerja AMD Ryzen 7 PRO 3700U di atas Intel Core i7-6700HQ yang memiliki kecepatan clock sampai 2,6 GHz dan Intel Core i7-3630QM yang kecepatannya 2,4 GHz. Kendati demikian jika dibandingkan dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dan ke-8 ternyata AMD Ryzen 7 PRO 3700U masih di bawahnya. Terlihat bahwa peringkat prosesor ini masih di bawah Intel Core i7-7700HQ dan Intel Core i7-8750H.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Uji RAM
Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 410 untuk 2D Mark dan 1141 untuk 3D Mark. Sementara kinerja memori meraih skor 984. Sayangnya ketiga skor tersebut masih di bawah rata-rata.
Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4
Kinerja inti prosesor juga diuji dengan aplikasi benchmark Geekbench. Nilai yang diperoleh adalah 3532 untuk single core dan 10249 untuk multi core.

Ketika menggunakan aplikasi CPU-Z diperoleh rincian nilai hasil uji sebagai berikut. 
CPU-Z
HP EliteBook 735 G6 dengan AMD Ryzen PRO 7 3700U dibandrol dengan harga Rp13.500.000. Harga ini cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan keandalannya. Apalagi beberapa laptop dengan AMD Ryzen 5 pun sudah dibandrol di angka Rp13 jutaan.

Kelebihan

Perangkat ini memiliki port yang sangat lengkap dan beberapa slot, baik untuk smart card maupun SIM Card. Bobotnya pun sangat ringan dengan dimensi yang tipis. Fitur-fitur kemanan pada perangkat cukup lengkap dengan adanya sensor sidik jari dan juga switch pada kamera laptop.

Kinerja laptop begitu luar biasa dengan prosesor AMD Ryzen PRO 7 3700U dan prosesor grafis AMD Radeon RX Vega 10. Keberadaan memori RAM DDR4 berkapasitas 8 GB pun turut mendukung kinerja prosesor tersebut. Kecepatan akses file yang tersimpan dan membuka aplikasi juga cepat berkat penggunaan SSD 512 GB. Kerennnya lagi baterai pada laptop mampu bertahan sampai 15 jam.

Desain keyboard nyaman untuk mengetik dan ada PointStick yang mempermudah menggerakkan cursor dengan lebih presisi. Huruf-huruf pada tombol keyboard pun jelas terlihat dengan keberadaan backlit yang menyala.

Kekurangan

Kendati laptop ini sudah dibekali slot SD Card dan slot smartcard, tetapi tidak ada petunjuk yang jelas bagaimana mengeluarkan tatakan pada slot tersebut. Bezel atas dan bawah layar pun terasa tebal, sehingga membuat sosok laptop kurang ringkas. Selain itu beberapa nilai hasil benchmarking HP EliteBook 735 G6 ini masih ada yang di bawah rata-rata.

Spesifikasi


Sistem Operasi
Windows 10 Pro
Prosesor
AMD Ryzen 7 PRO 3700U
Form Factor
Laptop
Memori
DDR4 2400 MHz 8 GB (4GB Soldered + 4GB DIMM)
Memori Internal
SSD PCIe NVMe M.2 512 GB
Layanan awan
OneDrive
Layar
13,3" FHD eDP (1920x1080) IPS 250 nits Anti-glare
Grafis
AMD Radeon RX Vega 10

Port
2 x USB 3.1 Gen 1; 1 x USB Type-C™; 1 x Smartcard reader (opsional); 1 x slot SIM card (opsional); 1 x RJ-45; 1 x headphone/microphone combo; 1 x HDMI 2.0; 1 x docking connector; 1 x AC power
Audio
Bang & Olufsen, speaker dual stereo, 3 multi array microphone
Webcam
720p HD camera
Keyboard
HP Premium Collaboration Keyboard, spill resistant with drain, optional backlit keyboard and DuraKeys;Clickpad with multi-touchgesture support, taps enabled as default; Precision Touchpad with multi-touch gesture supportAmbient light sensor; Hall sensor
Nirkabel
Wi-Fi: Intel® Dual Band Wireless-AC 9260 802.11a/b/g/n/ac (2x2)
Bluetooth: Bluetooth® 5

Jenis Catu Daya
Output: 19,5V DC, 65 W
Input: 100-240V AC, 50/60Hz
Baterai
50 Wh 3-cell Li-ion, mampu bertahan 15 jam 15 menit
Dimensi
31,04 x 22,93 x 1,77 cm (WxDxH)
Bobot
1,33 kg
Warna
Silver
Aplikasi
Microsoft Store, One Drive, Xbox Console Companion, Xbox Game Bar, Microsoft Office 365 30-day trial
Garansi
3 tahun
Share:

Follow by Email