Sukses Tuntaskan Implementasi QRIS, DANA Dukung Pekan QRIS Nasional Sukses Tuntaskan Implementasi QRIS, DANA Dukung Pekan QRIS Nasional ~ Teknogav.com

Sukses Tuntaskan Implementasi QRIS, DANA Dukung Pekan QRIS Nasional


Teknogav.com, Jakarta - Pemerintah menghadirkan QRIS sebagai landasan yang kuat dan strategis bagi seluruh ekosistem ekonomi digital Indonesia dalam membangun sinergi. Salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang turut mendukung penggunaan QRIS ini adalah DANA. Penerapan QRIS oleh dompet digital DANA ini bahkan telah 100% diselesaikan. Prestasi ini merupakan wujud keseriusan DANA dalam mempercepat inklusi dan kompetensi ekonomi digital Indonesia.

Tuntasnya implementasi DANA QRIS memungkinkan masyarakat mebayar transaksi dengan DANA di merchant-merchant dengan kode QR bertanda QRIS dari berbagai PJSP. Pembayaran juga bisa dilakukan di aplikasi-aplikasi pembayaran digital yang sudah menerapkan QRIS.

“Penerapan QRIS merupakan kebijakan dan langkah strategis Bank Indonesia yang mesti didukung semua bagian ekosistem perekonomian nasional. Pemberdayaan ekonomi berbasis ekonomi digital dapat menyentuh lapisan dan segmen masyarakat yang semakin luas dengan penerapan dan pemasyarakatan QRIS tersebut. QRIS berperan signifikan dalam mempercepat kelancaran bertransaksi nontunai digital,” ucap Vincent Iswara, CEO dan salah satu founder DANA.

Lebih dari 100 ribu mitra bisnis DANA merasakan peran peran signifikan QRIS dalam mempercepat kelancaran transaksi nontunai digital. Mitra bisnis DANA tersebut berasal dari berbagai skala usaha, mulai dari UMKM sampai perusahaan besar. Penerapan QRIS memudahkan untuk mengedukasi masyarakat mengenal konsep dompet digital secara utuh dengan memakai dompet digital DANA pada transaksi digital.

Penggunaan DANA pun lebih praktis, karena ada banyak sumber dana yang bisa dipilih, baik itu saldo atau binding kartu. Ketika menggunakan metode binding kartu, tak perlu repot top-up lagi dan bisa tetap yakin aman karena ada DANA Protection.

“Kami yakin kepercayaan masyarakat pada pembayaran berbagai transaksi digital dengan QRIS akan meningkat pesat berkat edukasi ke masyarakat luas. DANA akan terus mendukung Bank Indonesia dalam melakukan edukasi betapa efektifnya transaksi nontunai digital dalam mendukung kegiatan ekonomi. Kini semua jadi lebih mudah, produktif, nyaman dan aman,” lanjut Vincent.

Sejak awal QRIS pertama kali diterapkan, tercatat 28% transaksi di merchant-merchant DANA dengan pembayaran memakai PJSP lain. Angka interoperable ratio DANA sendiri adalah 10% untuk ‘Off-us’. Data-data tersebut menunjukan betapa efektifnya penerapan QRIS DANA.

Ketika bertransaksi menggunakan QRIS tak ada perbedaan cara dalam pemakaian aplikasi, cukup memindai kode QRIS di merchant saja. Kemudian pilih sumber dana seperti biasa menggunakan aplikasi DANA. Jika akan melakukan pembayaran dengan PJSP lain, cukup buka aplikasi tersebut, dan memindai kode QRIS yang tersedia di merchant DANA.

Seiring dengan dituntaskannya implementasi QRIS, DANA juga berpartisipasi pada pekan QRIS yang digelar oleh Bank Indonesia. Kampanye ini dilakukan secara besar-besaran di perkantoran yang juga melibatkan bank dan asosiasi pembayaran selama 9 -15 Maret 2020.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email