Huawei dan Telkom Berkolaborasi Sediakan Infrastruktur Telekomunikasi di Kepulauan Seribu Huawei dan Telkom Berkolaborasi Sediakan Infrastruktur Telekomunikasi di Kepulauan Seribu ~ Teknogav.com

Huawei dan Telkom Berkolaborasi Sediakan Infrastruktur Telekomunikasi di Kepulauan Seribu

Teknogav.com - Virus corona jenis baru yang menyebabkan penyakit COVID19 semakin meluas ke berbagai negara. Termasuk di kapal pesiar Princess Diamond dan World Dream yang mengharuskan 260 Warga Negara Indonesia (WNI) dikarantina. Pemerintah menetapkan Kepulauan Seribu sebagai lokasi karantina, yang tentunya juga membutuhkan infrastruktur yang melancarkan kegiatan telekomunikasi. Telkom Indonesia pun menggandeng Huawei Indonesia untuk membangun infrastruktur tersebut di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Huawei Indonesia mendapat permintaan dari Telkom Indonesia untuk menyediakan dua IP Microwave link di Kepulauan Seribu pada 26 Februari 2020. Permintaan tersebut diajukan atas permintaan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kepada Telkom Indonesia melalui surat resmi. Isi surat tersebut menyampaikan kebutuhan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung langkah pemerintah Indonesia mengkarantina 260 WNI.

Telkom Indonesia dan Huawei Indonesia dengan cepat merencanakan, mengalokasikan materi dan mengkoordinir tim yang kompeten dan mampu menangani pekerjaan mendesak. TNI AL pun memberikan bantuan dengan meminjamkan kapal untuk pengiriman material yang dibutuhkan di lokasi selama dua hari. Bantuan ini diberikan karena tak tersedianya kapal umum dan kondisi cuaca yang ekstrem.
perangkat Huawei yang akan dipasang di Kepulauan Seribu
Di Pulau Sebaru ternyata tidak ada satu menara pun, sehingga instalasi antena dilakukan di pohon kelapa. Sebanyak 20 tenaga kerja melakukan pengerjaan mendesak tersebut sejak pukul 6.00 pagi sampai pukul 24.00 WIB selama lima hari. Hop pertama berhasil on-air pada 29 Februari 2020, tepatnya pukul 16.00 WIB. Keesokan harinya, 1 Maret 2020 pukul 17.00 WIB, hop kedua pun berhasil on-air. Huawei dan Telkom Indonesia berhasil memenuhi Key Performance Indicator (KPI) yang ditetapkan TNI AL.

Telkom Indonesia mengapresiasi tim Huawei Indonesia yang berhasil mengimplementasikan tugas tersebut dan berharap terus mempertahankan profesionalitas. Harapannya Huawei Indonesia dapat terus memberikan dukungan kepada Telkom Indonesia di masa-masa mendatang.

Di Indonesia sendiri kini beberapa orang telah positif mengidap COVID19 dan telah dilakukan tindak pencegahan dengan kesadaran melakukan social distancing. Warga disarankan untuk berdiam di rumah masing-masing untuk mencegah penularan virus Corona. Semoga dampak dari virus corona ini segera berakhir terlepas dari kemampuan pemerintah mengkarantina WNI yang terjangkiti di lokasi tertentu.
Share:

Follow by Email