GSMA Dukung Indosat Ooredoo Uji Teknologi OpenRAN GSMA Dukung Indosat Ooredoo Uji Teknologi OpenRAN ~ Teknogav.com

GSMA Dukung Indosat Ooredoo Uji Teknologi OpenRAN

Teknogav.com - Indosat Ooredoo dan Telecom Infra Project berkolaborasi untuk menerapakn teknologi OpenRAN di Indonesia untuk mengefektifkan biaya dan mempercepat pemerataan digital. Penerapan teknologi OpenRAN diharapkan juga bisa mendukung ekonomi digital Indonesia dan mempersiapkan ekosistem digital melalui community lab. Upaya penerapan tersebut mendapat dukungan penuh dari GSMA untuk menggelar uji coba lapangan atau field trials OpenRAN di Asia.

OpenRAN adalah teknologi yang mengurangi biaya untuk menyediakan layanan suara dan internet dengan melakukan standarisasi desain dan fungsionalitas perangkat keras dan perangkat lunak di dalam Radio Access Network (RAN). Berkat teknologi tersebut jumlah perusahaan yang bisa memasok komponen-komponen akan meningkat.

“Kami senang melihat operator di Indonesia memimpin dalam mendorong transformasi digital, untuk mengevaluasi dan menuai manfaat dari solusi inovatif. Hal ini tentunya mendukung pengembangan ekonomi digital negara dan langkah penting untuk wilayah Asia Pasifik. Operator lain dapat menjadikan referensi untuk mengeksplorasi inovasi teknologi jaringan bagi peningkatan keragaman, keamanan dan fleksibilitas dalam rantai pasokan mereka," ucap Julian Gorman, Head of Asia Pacific GSMA.

Uji coba lapangan akan digelar pada April 2020. Jika hasil uji awal positif, maka akan dilakukan uji coba di BTS USO di willayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) Indonesia. Indosat Ooredoo juga akan membentuk Lab Komunitas TIP dengan menggandeng industri di Indonesia pada kuartal kedua tahun ini. Secara global sudah ada 12 Lab Komunitas, dan Lab Komunitas TIP Indonesia menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

TIP adalah komunitas telekomunikasi yang kolaboratif dalam pengembangan infrastruktur untuk mendukung konektivitas global. Misi TIP adalah mempercepat laju inovasi di jaringan telekomunikasi generasi mendatang melalui desain, pembangunan, pengujian dan penyebaran solusi jaringan berbasis standar, terbuka dan terpilah.

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Komunitas TIP, dan berterima kasih atas dukungan penuh Global System for Mobile Communications Association (GSMA). Indosat Ooredoo memiliki visi yang sama dengan Pemerintah untuk menciptakan ekosistem digital yang efektif dan merata di seluruh Indonesia. Kami juga mendorong munculnya pemain lokal. Harapannya kolaborasi ini akan mempercepat terciptanya industri yang lebih sehat dan meningkatkan ekonomi digital dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia,” ucap Ahmad Al Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Komunitas TIP dibentuk pada Februari 2016 dan memiliki Dewan Direksi Independen yang mencakup British Telecom, Deutsche Telekom, Facebook, Intel, Telefonica dan Vodafone. Saat ini adalah lebih dari 500 anggota TIP yang terdiri dari penyedia layanan, penyedia teknologi, pengembang, integrator, startup dan berbagai entitas lain di dalam dan luar ruang telekomunikasi tradisional.

Lab tersebut akan menjadi wadah bagi komunitas telekomunikasi Indonesia dan anggota TIP. Mereka dapat bekerja sama menguji dan melakukan validasi interoperabilitas teknologi TIP terhadap kebutuhan operator untuk mempercepat penyebaran dan kesiapan pasar.
Indosat Ooredoo bersama dengan TIP ingin membangun ekosistem lokal untuk menunjang pengembangan, penyebaran solusi inovatif dan penghematan biaya bagi operator. Harapannya platform tersebut dapat berperan menggerakkan pembangunan sosial-ekonomi Indonesia.

“Hanya melalui kolaborasi kita dapat mempercepat laju inovasi dalam jaringan telekomunikasi. Kami senang melihat komunitas telekomunikasi Indonesia bekerja sama, ini adalah awal dari perjalanan transformasi di Indonesia. Komunitas telekomunikasi dan masyarakat Indonesia menuai manfaat dari solusi TIP yang dipimpin dan disebarkan secara lokal. Ekosistem pasokan pun lebih kuat. Kami berharap bisa membawa pengetahuan dan keahlian komunitas TIP untuk mendukung perjalanan transformasi Indonesia," ucap Attilio Zani, Executive Director, TIP.
Share:

Artikel Terkini