Review BenQ W1700M, Proyektor 4K untuk Bioskop Pribadi Review BenQ W1700M, Proyektor 4K untuk Bioskop Pribadi ~ Teknogav.com

Review BenQ W1700M, Proyektor 4K untuk Bioskop Pribadi


Teknogav.com – BenQ W1700M merupakan proyektor 4K HDR Seni Cine Home yang memberikan sensasi menonton bioskop di ruang keluarga. Tentunya bisa mengobati rasa kangen menonton bioskop saat gerakan #dirumahaja demi menghindari penularan virus corona SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Keistimewaan proyektor ini adalah kemampuan memperbesar layar sampai 300 kali dengan resolusi 8,3 juta piksel dan warna Cinematic Rec.709 100%. Selain itu tersedia juga teknologi Projector-optimized HDR10/HLG.

 Paket proyektor BenQ W1700M ini terdiri dari unit proyektor, remote control, kabel daya, CD panduan dan buku panduan pengguna. Desain proyektor ini lumayan besar dengan balutan warna putih. Dimensi proyektor BenQ W1700M ini cukup besar, yaitu 353 x 135 x 272 mm dan bobotnya 4,2 kg. Jadi bukan jenis proyektor portabel yang mudah dibawa ke mana-mana, karena memang cocok untuk dijadikan proyektor bioskop pribadi.
isi paket proyektor BenQ W1700M
Pada bagian bawah proyektor terdapat tiga kaki untuk pengaturan posisi yang terdiri dari satu kaki depan dan dua kaki belakang. Ketika ingin mengeluarkan kaki depan, tekan terlebih dahulu tombol yang ada di bagian depan di dekat kaki tersebut. Sedangkan kedua kaki belakang dapat dipanjangkan dengan cara diputar. Pada samping kiri dan kanan bodi proyektor terdapat lubang ventilasi yang cukup lebar, sehingga memudahkan untuk membuang panas.
sisi bawah proyektor BenQ W1700M
sisi kiri proyektor BenQ W1700M
sisi kanan proyektor BenQ W1700M

Di panel atas dekat jendela lensa terdapat putaran untuk menyesuaikan fokus dan zoom yang sangat mudah digunakan. Tentu saja fitur ini sangat memudahkan untuk mengatur tingkat fokus suatu objek, apalagi fungsi ini tak terdapat di remote control. Masih di panel atas yang berseberangan secara diagonal dari putaran pengatur zoom dan fokus, terdapat tombol menu dan navigasinya. Nah, kalau untuk pengaturan menu ini lebih mudah dari remote control ketimbang dari tombol menu di panel proyektor.
roda pengatur fokus dan zoom
tombol menu di proyektor BenQ W1700M
Pada bagian belakang proyektor tersedia beberapa pilihan port untuk menghubungkan proyektor dengan konten atau materi yang akan ditayangkan. Port audio in dan audio out 3,5 mm, port serial PC, Port HDMI I (HDCP 2.2), HDMI 2, mini USB, USB tipe-A, RS-232 (9 pin), 12 V Trigger dan port daya. Sayangnya tidak ada port RCA untuk video dan juga koneksi nirkabel seperti Bluetooth dan Wi-Fi untuk menghubungkan ke perangkat lain. Koneksi nirkabel yang tersedia hanya infra merah untuk mengendalikan proyektor menggunakan remote control. Para remote ini juga dilengkapi backlit merah yang memudahkan untuk melihat tampilan pada tombol.
panel belakang proyektor BenQ W1700M

remote control

Instalasi dan Pengaturan BenQ W1700M

Ketika proyektor dinyalakan, langkah pertama adalah melakukan pengaturan posisi proyektor, apakah di depan layar dan diletakkan di atas meja, di depan layar dan digantung di langit-langit, di belakang layar dan di atas meja atau di belakang layar dan digantung di langit-langit. Langkah berikutnya tentukan apakah akan mendeteksi sumber video secara otomatis, jika ya maka proyektor dapat secara otomatis mendeteksi koneksi saat dihubungkan ke perangkat. Pada menu pengaturan gambar dapat menentukan tingkat kecerahan, kontras, warna, tint, ketajaman dan pengaturan tingkat lanjut lainnya. Tampilan juga dapat diatur dengan Overscan Adjustment.

Pengaturan posisi tak hanya dapat dilakukan di awal saja, tetapi bisa juga melalui menu Installation. Pada menu tersebut juga bisa melakukan pengujian pola, rasio aspek dan lain-lain. Pendinginan secara cepat juga bisa diaktifkan melalui menu System Setup Advanced.

Tampilan Proyeksi Menggunakan BenQ W1700M

tampilan proyeksi dengan posisi proyektor di depan layar
Proyektor ini dapat memberikan tampilan dengan resolusi 4K UHD atau 3.840 x 2.160 piksel dan ketajaman detail 8,3 juta piksel. Teknologi HDR10/HLG yang dioptimalkan untuk proyektor juga membuat kualitas video ini super realistis. Standar HDTV Rec. 709 ini bisa color gamut 100% dengan pengoptimalan roda warna RGBRGB.

Model proyektor W1700M ini tak jauh berbeda dengan W1700. Perbedaannya adalah dari segi tingkat kecerahan, W1700M justru agak diturunkan menjadi 2000 ANSI Lumens, sementara W1700 memiliki kecerahan 2200 ANSI Lumens. Kendati demikian ada tambahan fitur pada daya pakai lampu, yaitu LampSave yang mampu memperpanjang masa pakai sampai 15 ribu jam. Masa pakai lampu baik W1700 maupun W1700M untuk penggunaan Normal adalah 4.000 jam, Economic 10 ribu jam dan SmartEco 8 ribu jam. Rec. 709 Coverage dari W1700M 100% sedangkan pada seri W1700 sebelumnya hanya mengatakan sanggup di atas 96%. Berikut ini adalah perbedaan spesifikasi optik kedua proyektor tersebut.
perbandingan optik antara proyektor BenQ W1700 dan BenQ W1700M
Throw ratio dari proyektor ini 1,50:1 sampai 1,65:1. Hebatnya ukuran tampilan proyeksi bisa diatur mulai 30 inci sampai 300 inci, jadi pas untuk melengkapi bioskop pribadi. Ketika hasil proyeksi di layar tidak menampilkan persegi empat sama panjang yang sempurna, maka tersedia fitur untuk memperbaiki konfigurasinya sehingga tak terlihat seperti trapesium.

Ada berbagai alternatif koneksi untuk menghubungkan BenQ dengan sumber video, sesuai dengan pilihan port yang sudah disebutkan sebelumnya. Proyektor ini cocok digunakan untuk menampilkan film layaknya bioskop dan juga tampilan video saat meeting. Jadi pas juga nih dipakai untuk conference meeting saat Work From Home (WFH). Tampilan 4K yang ditayangkan tampak begitu tajam dengan kinerja HDR yang bagus, tetapi dari segi black reference agak kurang. Demikian juga ketika proyektor dihubungkan ke komputer menggunakan kabel serial PC, hasil proyeksi tampak kuning, sehingga kurang nyaman di mata.

Demikianlah uji coba yang dilakukan pada BenQ W1700M, informasi mengenai proyektor ini bisa disimak dari situs resmi BenQ. Harga yang dibandrol pada proyektor ini adalah Rp30 juta. Pembelian dapat dilakukan pada Official Store BenQ di Lazada dan Tokopedia.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email