WhatsApp Kini Hadir dalam Dark Mode WhatsApp Kini Hadir dalam Dark Mode ~ Teknogav.com

WhatsApp Kini Hadir dalam Dark Mode


Teknogav.com - Tampilan pada layar perangkat dengan latar belakang putih konon akan membuat mata cepat lelah. Sementara latar belakang gelap seperti hitam lebih ramah di mata, bahkan lebih menghemat konsumsi daya. Setelah lama dinanti-nanti, akhirnya aplikasi instant messenger yang banyak digunakan, yaitu WhatsApp hadir dengan fitur mode gelap atau dark mode. Fitur tersebut hadir secara global untuk perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS.

Ketika menggunakan mode gelap pada WhatsApp, terasa sensasi tampilan yang lebih segar dan memberikan pengalaman baru. Pada kondisi minim cahaya, tampilan layar jadi tak terasa silau, sehingga tidak membuat mata tegang. Ketika sedang menonton di bioskop pun jadi tidak terlalu cangguh saat mengintip WhatsApp, karena tak silau. Biasanya kan layar yang menyala terang akan mengganggu penonton lain.

Mode gelap pada aplikasi WhatsApp ini tidak sepenuhnya hitam, berbeda dengan sebagian aplikasi lain yang menawarkan mode gelap. Gabungan warna hitam murni dan putih murni justru akan memberikan kontras tinggi yang akan melelahkan mata. Hal ini dirasakan oleh tim WhatsApp ketika melakukan uji coba. Jadi WhatsApp pun menggunakan warna latar abu-abu gelap khusus pada mode gelapnya. Sementara tulisan yang ditampilkan pun tidak murni, tetapi putih tulang atau off-white. Tampilan percakapan di WhatsApp pun jadi terasa lebih ramah di mata.

langkah-langkah pengaturan untuk mengaktifkan mode gelap WhatsApp
Ternyata tak semua versi Android dan iOS yang bisa langsung menggunakan mode gelap ini. Mode gelap akan otomatis aktif pada aplikasi WhatsApp pengguna perangkat dengan sistem operasi Android 10 dan iOS 13. Tetapi jika ternyata aplikasi WhatsApp tidak otomatis menerapkan mode gelap ini, maka bisa diatur melalui menu pengaturan perangkat.

Pengguna Android 9 dan sebelumnya pun tetap bisa menggunakan mode gelap ini. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setting di WhatsApp, kemudian pilih Chat. Pada menu chat, pilih Tema atau theme, setelah itu pilih Gelap atau Dark. Jika ingin mengembalikan tampilan WhatsApp ke mode terang, maka pilih Terang atau Light.

pilihan mode terang atau mode gelap pada WhatsApp
Berikut ini adalah video spesial mengenai kehadiran mode gelap di WhatsApp.


WhatsApp pun menginformasikan mengenai mode gelap ini melalui akun resmi Twitter mereka.
Share:

Follow by Email