Acer Swift 3 dengan AMD Ryzen 5, Pas Bagi Profesional Acer Swift 3 dengan AMD Ryzen 5, Pas Bagi Profesional ~ Teknogav.com

Acer Swift 3 dengan AMD Ryzen 5, Pas Bagi Profesional


Teknogav.com – Keseharian saat ini tak lepas dari penggunaan laptop dan perangkat elektronik lain untuk mempermudah hidup. AMD pun berkolaborasi dengan Acer menghadirkan laptop mainstream Acer Swift 3 dengan desain ultrathin dan kinerja mumpuni. Fitur-fitur premium diusung oleh laptop ini, tetapi tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Prosesor yang digunakan pada Acer Swift 3 ini adalah AMD Ryzen 5 3500U yang dirancang untuk bekerja, browsing, dan multitasking.  Kerja yang cukup berat seperti mengedit konten video dan bermain game esport atau casual gaming pun bisa dilakukan laptop ini. AMD Ryzen 5 3500U memang merupakan prosesor mobile yang dirancang untuk laptop berdesain tipis dan ringan dengan kinerja yang cepat. Prosesor tersebut memiliki 4 inti dan 8 thread.

Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM DDR4 dengan kapasitas 4 GB. Kendati demikian jika membutuhkan RAM lebih untuk kerja yang lebih berat, tersedia slot RAM tambahan sampai kapasitas 16 GB. Semakin besar kapasitas RAM tentu saja kinerja pun bisa lebih tinggi lagi untuk multitasking. Media penyimpanan Acer Swift 3 pun canggih, yaitu menggunakan SSD NVMe yang membuat kecepatan membaca data yang tersimpan lebih cepat. Kapasitas media penyimpanan pun cukup lapang, yaitu 256 GB.
Acer Swift 3
Bobot Acer Swift 3 cukup ringan, yaitu 1,4 kg dengan ketebalan sekitar 1,8 cm sehingga masih nyaman untuk dibawa-bawa. Bagi pengguna dengan produktivitas dan mobilitas yang tinggi, maka laptop ini cocok sebagai pendamping. Kinerja laptop ini cocok untuk menyelesaikan tugas harian dan nyaman untuk browsing, mengecek email, menyunting konten ringan dan multimedia. Jika butuh hiburan, Acer Swift 3 pun bisa digunakan untuk bermain game.

“Laptop Acer Swift 3 merupakan laptop ultrathin yang keandalan kinerjanya disertai dengan fitur-fitur premium. Prosesor AMD Ryzen 5 3500U siap memberikan pengalaman yang maksimal dan kinerja lebih optimal. Laptop ini cocok mendampingi pengguna seperti para pekerja maupun content creator yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas yang padat” ucap Armawati Cen, Business Development Manager AMD Indonesia.

Port Koneksi yang Lengkap

Laptop Acer Swift 3 memiliki port yang cukup lengkap yang siap memaksimalkan produktivitas pengguna. Beberapa port tersebut mencakup 1 HDMI, 2 USB 3.1 Gen 1, 1 USB Type C, 1 USB 2.0, 1 slot SD Card Reader, dan 1 jack audio Headphone 3.5mm.
Acer Swift 3

Keyboard yang Nyaman

Desain keyboar pada Acer Swift 3 berupa chiclet yang nyaman digunakan mengetik. Tampilannya pun lebih cantik dan mudah terlihat saat berada di ruang gelap dengan keberadaan backlit keyboard. Login pun bisa lebih mudah dan praktis dengan keberadaan sensor sidik jari untuk membuka penguncian.

Tampilan Grafis Pada Layar Full HD

Acer Swift 3
Layar laptop ini menggunakan panel IPS berukuran 14” dengan resolusi Full HD (1920×1080) dan dilengkapi anti-glare. Perpaduan tersebut membuat tampilan pada layar Acer Swift 3 tampak lebih jelas dan warna pun lebih akurat, serta nyaman dipandang. Pengolahan tampilan grafis laptop ini mengandalkan kartu grafis AMD Radeon Vega 8 yang menggunakan 8 core unit (CU). Kinerja kartu grafis ini setingkat dengan kartu grafis diskrit low end.

Baterai Awet

Sumber daya laptop Acer Swift 3 mengandalkan baterai yang memiliki daya tahan kuat. Apalagi karena memang prosesor AMD Ryzen 5 3500U dikenal memiliki konsumsi daya rendah dengan tingkat TDP 15 watt. Arsitektur 12 nm+ pun turut mendukung penggunaan daya baterai yang lebih efisien. Ketika digunakan untuk memutar video, baterai pada laptop Acer Swift 3 mampu bertahan sampai 7 jam 12 menit. Sementara untuk menjelajahi internet bisa tahan lebih dari 8 jam.

Hasil Benchmark dari Acer Swift 3

Ketika Acer Swift 3 digunakan untuk menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop CC dan Adobe Premier, hasil yang diperoleh luar biasa. Kinerja AMD Ryzen 5 3500U tampak cukup tangguh.

Pengujian kinerja pun dilakukan dengan bermain beberapa game, yaitu Gota, Counter Strike: Global Offensif dan DiRT. Hasil fps pun cukup memuaskan dengan kisaran di atas 50 fps dengan memakai model Dual Channel RAM. Laptop ini pun masih sanggup untuk memainkan game AA seperti Battlefield 1, Shadow Of The Tomb Raider, ataupun The Witcher. Ketika menggunakan setting medium saat memainkan game-game tersebut, bisa stabil di 30 fps.
peringkat hasil benchmark CPU Mark

Berdasarkan hasil benchmark yang disusun oleh Passmark, tampak kinerja AMD Ryzen 3500U masih di atas Intel Core i7-3630M yang memiliki kecepatan 2,4 GHz. Skor rata-rata CPU Mark yang diperoleh AMD Ryzen 5 3500U adalah 7.744 sedangkan Intel Core i7-3730QM hanya 7.582.

Kesimpulan

Acer Swift 3 ditenagai dengan AMD Ryzen 5 3500 U dan grafisnya mengandalkan kartu grafis AMD Radeon Vega 8. Laptop ini dilengkapi berbagai fitur-fitur yang mumpuni untuk berbagai kegiatan, baik untuk bekerja maupun bermain game ringan. Kerja yang mungkin dilakukan termasuk mengerjakan tugas umum sehari-hari dan juga menyunting konten ringan.

Bobot yang ringan 1,4 kg dan desain yang ringkas didukung juga oleh baterai yang awet sehingga cocok untuk mobilitas tinggi. Kualitas tampilan warna pada layar tampak tajam berkat resolusi Full HD (1920x1080 piksel) dan panel IPS. Harga yang ditawarkan laptop pun cukup kompetitif, yaitu Rp7.999.000.

Spesifikasi

Sistem Operasi
Windows 10
Prosesor
AMD Ryzen™ 5-3500U dengan empat inti prosesor (8 threads) @2,1 GHz ~ 3,7 GHz
Form Factor
Laptop
Memori
DDR4 2400 MHz 4 GB Onboard memory
Memori Internal
SSD 256 GB NVMe x4
Layar
14” FHD LED real IPS (1920 x 1080 piksel)
Grafis
AMD Radeon Vega 8
Port
1 HDMI, 1 USB 2.0, 2 x USB 3.1 Gen 1 Type A, 1 x USB 3.1 Gen 1 Type C (up to 5 Gbps), 1 x slot SD Card Reader
Audio
Teknologi Acer Purified.Voice dengan dua mikrofon built-in
Fitur-fiturnya mencakup far-field pickup, keystroke suppression, adaptive
beam forming, dan pre-defined personal and conference call modes. 
teknologi Acer TrueHarmony untuk distorsi lebih rendah, rentang frekuensi lebih lebar, audio headphone-like dan suara yang tangguh
Kompatibel dengan Cortana dengan Voice
Disertifikasi untuk Skype untuk Business
Dua speaker stereo built-in
Webcam
Super high dynamic range imaging (SHDR)
Keyboard
Backlit keyboad
Nirkabel
WiFi: 802.11ac 2×2 MU-MIMO
Bluetooth: Bluetooth 4.2
Jenis Catu Daya
45W
Jenis Baterai
Li-ion 48Wh sampai 10 jam
Dimensi
323 x 228 x 17,9 mm (WxDxH)
Bobot
1,4 kg
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email