Mozilla Tekankan Pentingnya Keamanan dan Perlindungan Data Pribadi Mozilla Tekankan Pentingnya Keamanan dan Perlindungan Data Pribadi ~ Teknogav.com

Mozilla Tekankan Pentingnya Keamanan dan Perlindungan Data Pribadi

Teknogav.com – Masyarakat Indonesia kini sudah tak asing dengan teknologi internet yang sudah menjadi bagian hidup. Berbagai informasi mulai dari yang akurat sampai hoaks dapat ditemukan di internet. Hasil survei We Are Social & Hootsuite menunjukkan waktu rata-rata untuk memakai perangkat setiap hari sekitar 7 jam 59 menit. Selama menjelajahi internet, terkadang pengguna memasukkan informasi pribadi seperti profil, kegiatan online, kondisi kesehatan, lokasi, akun keuangan dan lain-lain. Tanpa disadari informasi tersebut bisa disalahgunakan pihak lain.

Perusahaan teknologi biasanya menggunakan data berupa informasi pribadi penggguna sebagai aset untuk mengembangkan produk dan layanan digital yang bermanfaat bagi pengguna. Semestinya perusahaan teknologi bertanggung jawab menjaga informasi pribadi pengguna tersebut, tetapi sayangnya beberapa perusahaan teknologi berpotensi menyalahgunakan data tersebut.

Di Indonesia sendiri, kasus penyalahgunaan dan pelanggaran data pribadi bukan hal yang baru. Suatu perusahaan fintech peer to peer (P2P) lending pada tahun 2018 ketahuan menyalahgunakan data pribadi. Peusahaan tersebut memanfaatkan data pribadi untuk menagih debitur dengan cara intimidatif.
infografis rutinitas berinternet orang Indonesia
Pelanggaran privasi data lain yang dilakukan beberapa perusahaan teknologi adalah Surveillance  Economy. Pada sistem tersebut, perusahaan teknologi menjual informasi pengguna ke pihak ketiga untuk keuntungan pribadi. Data dan informasi mentah dari pengguna diolah menjadi data perilaku dan dipakai untuk meningkatkan pelayanan, sisanya untuk memprediksi perilaku pengguna. Prediksi-prediksi tersebut dijual ke pihak ketiga, bahanya adalah jika data-data tersebut dipakai untuk kepentingan propaganda atau hal yang membahayakan.

Mozilla menentang segala bentuk pelanggaran data pribadi, termasuk Surveillance Economy sehingga membangun Firefox Personal Data Promise. Isi dari Firefox Personal Data Promise adalah prinsip-prinsip untuk menjaga privasi pengguna di setiap produk Firefox. Prinsip-prinsip tersebut mencakup:
  • Penggunaan data seperlunya untuk kebutuhan penggguna sendiri. Mozilla mempertimbangkan penggunaan data pengguna, seperti apakah benar-benar membutuhkan data, penggunaan data dan waktu penghapusan data.
  • Menjaga keamanan data dengan selalu mengutamakan privasi pengguna. Data dikelompokkan sesuai kategori dan menerapkan peraturan tegas dalam menyimpan dan menjaga data tersebut secara berkelanjutan.
  • Selalu terbuka mengenai pemberitahuan privasi. Semua orang bisa bergabung dalam rapat mingguan Mozilla. Mozilla juga memastikan kode-kodenya terbuka untuk diakses jika pengguna ingin melihat titik data yang dikumpulkan.
Mozilla mengimbau agar pengguna sadar dalam membagikan informasi pribadi di internet dan memakai sarana yang tepat untuk menghindari bahaya tersebut. Kesadaran bersama yang terbangun dapat menciptakan internet yang lebih kondusif dengan pengendalian pada privasi secara penuh.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email