Varian Baru AMD Ryzen Gen-3 Hadir dengan Arsitektur Zen 2 Varian Baru AMD Ryzen Gen-3 Hadir dengan Arsitektur Zen 2 ~ Teknogav.com

Varian Baru AMD Ryzen Gen-3 Hadir dengan Arsitektur Zen 2


Teknogav.com – AMD menambah anggota baru keluarga prosesor desktop AMD Ryzen Gen-3, yaitu AMD Ryzen 3 3100 dan AMD Ryzen 3 3300X. Prosesor tersebut menggunakan arsitektur core ‘Zen 2’ yang inovatif bagi para pengusaha, gamer dan pembuat konten di seluruh dunia. Selain itu AMD juga menghadirkan chipset AMD B550 yang dirancang untuk prosesor desktop AMD Ryzen Gen-3 dengan soket AM4. Ada 60 desain chipset yang sedang dikembangkan oleh AMD.

Peningkatan produktivitas pada prosesor AMD Ryzen Gen-3 tersebut berkat adanya teknologi Simultaneous Multi-Threading (SMT). Proses pada prosesor menggunakan inti ganda dan bandwidth dua kali lipat, sehingga menjadikannya solusi yang ideal.

“Games dan aplikasi kini semakin tinggi spesifikasinya, sehingga PC pun dituntut lebih. AMD berkomitmen memberikan solusi untuk memenuhi dan melebihi kebutuhan tersebut di segala tingkatan komputasi. Varian baru dari prosesor desktop Ryzen ini diharapkan dapat melanjutkan komitmen kami pada pelanggan mainstream kami. Kami telah meningkatkan kinerja, menggandakan pemrosesan thread dari prosesor Ryzen 3 untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan multitasking,” ucap Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, client business unit.

AMD Ryzen 3 3100 and AMD Ryzen 3 3300X

Saat ini AMD Ryzen 3 3100 dan AMD Ryzen 3 3300X merupakan prosesor desktop AMD Ryzen 3 tercepat. Kedua prosesor tersebut dilengkapi SMT untuk memberikan kinerja desktop kelas dunia bagi gamer mainstream. Latensi memori dapat dikurangi secara drastis menggunakan cache 18 MB yang terdapat pada prosesor. Cache tersebut dapat mempercepat kinerja game dan memperhalus frame rate tinggi ketika memainkan game berat.

Prosesor Ryzen 3 baru ini menggunakan empat inti, delapan thread dan teknologi AMD SMT yang memberikan kinerja multitasking luar biasa. Jika dibandingkan dengan prosesor dari pesaing, kinerja gaming AMD Ryzen 3 3100 meningkat 20%, sedangkan kinerja kreator meningkat 75%. Kerja prosesor pun responsive sesuai kebutuhan pengguna. Baik AMD Ryzen 3 300X maupun AMD Ryzen 3310 mulai tersedia pada 21 Mei 2020.

Chipset AMD B550

AMD meluncurkkan chipset B550 untuk soket AM4 yang merupakan anggota baru keluarga chipset AMD 500 Series. Chipset ini memberikan dukungan untuk prosesor desktop AMD Ryzen 3000 Series. Motherboard B550 yang akan datang merupakan satu-satunya chipset mainstream modernyang kompatibel dengan PCIe 4.0. Kapasitas bandwidth motherboard tersebut dua kali dibandingkan motherboard B450.

Chipset AMD B550 memiliki kecepatan yang tinggi, kinerja dayanya pun tinggi untuk gaming dan multitasking. Motherboard AMD B550 tersedia mulai 16 Juni 2020 dari mitra ODM termasuk ASRock, ASUS, Biostar, Colorful, GIGABYTE, dan MSI.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email