Cegah Ibu Hamil Terpapar Covid-19, Halodoc Hadirkan Telekonsultasi Kandungan Cegah Ibu Hamil Terpapar Covid-19, Halodoc Hadirkan Telekonsultasi Kandungan ~ Teknogav.com

Cegah Ibu Hamil Terpapar Covid-19, Halodoc Hadirkan Telekonsultasi Kandungan


Teknogav.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda, pemerintah mengimbau untuk tidak mengunjungi fasilitas kesehatan jika tidak benar-benar darurat. Padahal ibu hamil merupakan orang yang membutuhkan konsultasi dengan tim medis bekenaan dengan kandungannya. Demi mengatasi hal tersebut Halodoc menggandeng Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menghadirkan layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi. Layanan tersebut dapat diakses melalui platform Halodoc di fitur chat with doctor.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Halodoc dan POGI dilakukan di Sekretariat POGI Jaya Jakarta. Kedua pihak berkomitmen melindungi masyarakat khususnya ibu hamil agar tak perlu sering berkunjung ke fasilitas kesehatan selama masa penanggulangan Covid-19. Para dokter yang tergabung di kanal khusus POGI akan melayani konsultasi secara online bagi pengguna Halodoc.

Langkah tersebut tepat, karena berdasarkan informasi dari World Health Organization (WHO), ibu hamil lebih rentang terjangkit Covid-19. Ini karena ibu hamil mengalami perubahan pada tubuh dan sistem imunitas sehingga saluran pernapasannya mudah terinfeksi. Layanan khusus yang disediakan Halodoc bisa menjadi langkah pencegahan dalam melindungi diri terhadap Covid-19.

“Kami melihat semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan telekonsultasi Halodoc, karena memungkinkan untuk menerapkan physical distancing. Teknologi menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan akan layanan kesehatan. Dalam satu bulan terakhir, terdapat peningkatan pada layanan telekonsultasi Halodoc rata-rata lima kali lipat. Konsultasi di bidang obstetri dan ginekologi mengalami peningkatan sampai 60%,” ucap Doddy Lukito, Co-Founder Halodoc, Doddy Lukito.

Doddy mengungkap bahwa masyarakat khususnya ibu hamil bisa mengurangi kunjungan ke rumah sakit jika keluhan masih bisa ditangani jarak jauh. Penanganan dapat dilakukan melalui kanal telekonsultasi khusus POGI. Upaya ini juga bisa membantu fasilitas kesehatan dan tenaga medis untuk fokus menangani kasus Covid-19.

“Pengguna bisa berkonsultasi dengan para dokter yang tergabung dalam POGI di kanal telekonsultasi khusus ini. Para dokter memiliki panduan telekonsultasi klinis khusus. dan menjalankan konsultasi sesuai pedoman rekomendasi penanganan COVID-19 pada maternal (hamil, bersalin, nifas). Pedoman tersebut sesuai WHO, Kementerian Kesehatan, dan POGI,” ucap Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp. OG (K), MPH, Sekretaris Jenderal POGI.

Kolaborasi antara Halodoc dan POGI ini pun diapresiasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). POGI merupakan perhimpunan pertama yang memanfaatkan teknologi telemedis. IDI berharap perhimpunan lain pun akan memanfaatkan sarana yang sama untuk memperluas akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Telekonsultasi dengan para dokter di bawah naungan POGI ini tak hanya sebatas kehamilan saja, tetapi juga terkait kesehatan reproduksi. Konsultasi bisa seputar menstruasi, menopause, perencanaan program keluarga berencana, keluhan tumor pada sistem organ reproduksi, infeksi menular dan disfungsi seksual.

Bidang obstretri dan ginekologi sudah tersedia sebelumnya di layanan chat with doctor Halodoc. Penambahan kanal khusus POGI diharapkan lebih memudahkan berkonsultasi di bidang tersebut terutama di masa penanggulangan Covid-19. Kanal ini merupakan wujud komitmen Halodoc dan POGI dalam mendukung pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari pemerintah. Halodoc masih membuka kesempatan bagi para dokter POGI untuk bergabung dalam ekosistem mereka demi memutuskan siklus penyebaran Covid-19 di Indonesia.
Share:

Follow by Email