IDCamp 2020 Sajikan Pelatihan Coding dalam Berbagai Tingkatan Secara Online IDCamp 2020 Sajikan Pelatihan Coding dalam Berbagai Tingkatan Secara Online ~ Teknogav.com

IDCamp 2020 Sajikan Pelatihan Coding dalam Berbagai Tingkatan Secara Online


Teknogav.com – Indosat Ooredoo kembali menghadirkan IDCamp yang menyajikan program pembelajaran secara online. Pendaftaran IDCamp 2020 sudah dibuka dan akan ditutup pada 24 Juli 2020. Pelatihan utama yang disediakan pada IDCamp ini mulai dari tingkat dasar, pemula, menengah, mahir sampai profesional. Alur belajarnya ditujukan bagi Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer dan Machine Learning Developer. Tersedia 10 ribu beasiswa untuk mengikuti IDCamp ini.

Persyaratan untuk ikut serta dalam program IDCamp 2020 ini sangat mudah, yaitu warga negara Indonesia dengan usia maksimal 29 tahun. Selain itu tersedia juga pendagtaran untuk guru SMA/SMK. Tujuan program IDCamp ini adalah untuk menumbuhkan talenta digital muda Indonesia yang dapat menghasilkan solusi yang dibutuhkan masyarakat. Pada tingkat dasar, IDCamp 2020 juga menyediakan pelatihan tambahan dengan alur belajar Fundamental Programming.

“IDCamp merupakan wujud kepedulian sosial Indosat Ooredoo untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Para developer muda disertifikasi agar dapat bersaing dengan talenta global dan membangun ekosistem digital di Indonesia. Mereka akhirnya akan berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia,” ucap Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Tak hanya menggelar IDCamp 2020, Indosat Ooredoo juga menyelenggarakan IDCamp Developer Challenge. Program tersebut menantang para developer muda untuk menciptakan aplikasi inovatif yang bisa berperan mengurangi penyebaran virus SARS-CoV-2.

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pun mengapresiasi langkah Indosat tersebut. Pelatihan coding yang digelar Indosat Ooredoo diharapkan dapat memicu para developer membuat aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan masyarakat saat menghadapi pandemi Covid-19. Aplikasi tersebut termasuk yang mendukung physical distancing, misalnya aplikasi yang mendukung kegiatan work from home (WFH) sambil melakukuan hal produktif lainnya.

“Program Indosat Ooredoo mendorong talenta muda Indonesia tetap produktif sekaligus meningkatkan kapasitas talenta mereka di era digital ini. Kami berharap situasi sekarang akan segera membaik. Masyarakat pun dapat beraktivitas normal kembali,” ucap Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

IDCamp merupakan penerapan program tanggung jawab perusahaan CSR Indosat Ooredoo di pilar pendidikan yang sudah memasuki tahun kedua. Program ini memberikan beasiswa pelatihan coding secara online untuk mengasah soft skills dan hard skills para talenta muda Indonesia. Mereka pun mendapatkan akses dan kesempatan lebih luas untuk bekerja di industri digital saat ini.

Kebutuhan talenta digital di Indonesia sendiri sekitar 9 juta orang demi mendukung pengembangan ekonomi mulai tahun 2015 sampai 2030. Jumlah kebutuhan tersebut sekitar 600 ribu talenta digital per tahun. Salah satu kompetensi yang harus ditingkatkan pada talenta tersebut adalah kemampuan bahasa coding.

IDCamp 2020 juga akan melakukan roadshow ke 10 univesitas, 10 SMA/SMKdan 10 komunitas developer di 10 kota di seluruh Indonesia. Periode pelatihan secara online untuk tingkat dasar dan pemula adalah 30 Maret 2020 sampai 31 Juli 2020. Sedangkan pelatihan online untuk tingkat menengah dan profesional dimulai sejak 19 Juni 2020 sampai 24 Februari 2021.

Informasi lengkap mengenai IDCamp dapat dilihat di idcamp.indosatooredoo.com dan akun Twitter resmi Indosat Ooredoo. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai IDCamp 2020 juga bisa dilakukan dengan mengirim email ke idcamp@indosatooredoo.com.
Share:

Follow by Email