Mudah Kembangkan Perangkat Pintar AIoT dengan Pumpkin dari MediaTek Mudah Kembangkan Perangkat Pintar AIoT dengan Pumpkin dari MediaTek ~ Teknogav.com

Mudah Kembangkan Perangkat Pintar AIoT dengan Pumpkin dari MediaTek

Teknogav.com – Seiring dengan perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang cepat, tren IoT pun mengalami pergeseran. Kini pemrosesan data pun berpindah dari cloud ke perangkat edge itu sendiri karena semakin canggihnya perangkat tersebut. Perangkat edge dapat memproses AI sehingga industri AIoT pun semakin berkembang. SoC buatan MediaTek yang berkinerja tinggi dan hemat daya memungkinkan perangkat-perangkat AIoT dapat bekerja. Berbagai perangat AIoT ini bisa diwujudkan dengan mudah menggunakan kit pengembangan perangkat keras Pumpkin.


Pumpkin Kit

Program AIoT MediaTek bisa diterapkan di rumah, enterprise, industri, layanan kesehatan, ritel, kota atau sektor-sektor lain. Pengembang cukup memilih add-on perangkat, konektivitas dan berbagai perangkat lunak stack . Mereka pun bisa bekerja sama dengan ekosistem mitra AIoT MediaTek yang luas. Ekosistem tersebut mencakup perusahaan-perusahaan ODM, IDH, layanan-layanan desain global dan lain-lain.
Ekosistem mitra AIoT MediaTek (sumber: MediaTek)

Kemajuan Perangkat AIoT.

  • Respon lebih cepat karean informasi diproses secara lokal di perangkat tak perlu mengirim informasi ke cloud. Pengalaman pengguna bisa lebih baik karena mengurangi waktu lag.
  • Perlindungan data dan kerahasiaan pengguna lebih aman karena pemrosesan edge AI dilakukan di perangkat tak perlu cloud. Apalagi pengguna harus banyak berbagai informasi dengan perangkat.
  • Fungsi-fungsi pintar di perangkat dengan Edge AI tetap dapat bekerja tanpa harus terhubung ke internet.
  • Koneksi semakin mudah, berdasarkan prediksi Statista, pada tahun 2025 akan ada lebih dari 75 miliar perangkat IoT di seluruh dunia. Semakin padatnya data yang dihasilkan perangkat yang terhubung di internet menjadi tantangan infrastruktur jarintan. Beban di jaringan tersebut dapat berkurang dengan pemrosesan informasi di edge.
  • Semakin wawasnya situasional atau lingkungan sehingga setiap perangkat bisa mengambil keputusan secara real-time berdasarkan kondisi di sekitar perangkat. Contohnya adalah kota cerdas dengan sinyal lalu lintas yang bereaksi terhadap perubahan alur lalu lintas. Lampu penerangan jalan raya juga bisa bereaksi berdasarkan keberadaan orang di sekitar atau tingkat kecerahan lokal.
MediaTek memungkinkan pengembangan prosesor AI terkemuka di industri untuk perangkat-perangkat tertanam dan ekosistem mitra global yang sangat luas. Program AIoT MediaTek mendukung inovasi AI dari startup dan merek-merek baru sampai enterprise besar. Tujuan dari program tersebut adalah merancang berbagai perangkat AIoT untuk memberikan pengalaman pengguna baru dan peluang-peluang pasar baru.

Pengembang dapat berkresi membuat desain sejauh mungkin. Informasi lebih lanjut mengenai perangkat lunak Pumpkin dapat dilihat pada tautan ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email