Tekankan Pentingnya Pengalaman Berbelanja, Zebra Tawarkan Perangkat MC3300 Bagi Peritel Tekankan Pentingnya Pengalaman Berbelanja, Zebra Tawarkan Perangkat MC3300 Bagi Peritel ~ Teknogav.com

Tekankan Pentingnya Pengalaman Berbelanja, Zebra Tawarkan Perangkat MC3300 Bagi Peritel


Teknogav.com – Zebra Technologies Corporation baru-baru ini merilis hasil survei dalam laporan Shopper Study 2020 untuk wilayah Asia Pasifik. Survei yang dilakukan tersebut menganalisa sikap dan perilaku pembeli, pegawai toko, dan para pemimpin industri ritel. Selain itu survei tersebut juga membahas tren ritel dan teknologi yang memengaruhi perilaku belanja pembeli. Pentingnya pengalaman berbelanja pembeli, Zebra memperkenalkan MC3300, perangkat yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi pegawai industri ritel.

Laporan yang disusun Zebra Technologies mengungkap bahwa 86% pembeli milenial pergi bebelanja ke toko fisik tetapi akhirnya membeli barang yang sama secara online. Hal tersebut juga dilakukan oleh 56% pembeli dari generasi X dan 25% generasi baby boomer. Alasan para pembeli melakukan hal tersebut karena barang tidak tersedia di toko.

Awalnya memang pelanggan melihat barang secara online, lalu ke toko fisik untuk bisa berbelanja langsung barang tersebut. Saat berbelanja di toko fisik, harga merupakan prioritas utama. Sekitar 29% pembeli yang disurvei mengatakan akan meninggalkan toko karena harga barang tidak cocok dengan harga di toko online.

Pelanggan juga berharap bisa melakukan pegembalian tanpa batas saat berbelanja di e-commerce. Sekitar 57% pembeli puas dalam pengalaman pengembalian barang yang dibeli. Angka tersebut berbeda dengan yang diyakini para eksekutif di industri ritel yaitu 80% pembeli puas dengan pengalaman pengembalian barang.

Sekitar 81% pemimpin di industri ritel sepakat bahwa mengelola pengembalian pesanan online merupakan tantangan yang signifikan. Perencanaan peningkatan teknologi pengelolaan pengembalian dalam lima tahun ke depan telah dimulai 51% eksekutif ritel. Kini e-commerce sedang berperan ganda sebagai pusat distribusi, memenuhi pesanan online, memudahkan proses dan mendekatkan layanan dengan pelanggan akhir.
Laporan survei Zebra Technologies
Hasil studi Zebra Technologies menunjukkan bahwa layanan yang lebih baik akan membantu pembeli lama dan menarik pembeli baru. Para pebisnis ritel dituntut menguasai dasar-dasar yang benar dalam hal ketersediaan produk, kemudahan menemukan produk, pengembalian dan penukaran produk. Pengimplementasian kecanggihan dilakukan sesuai harapan pembeli dari pengalaman belanja secara online.

“Pebisnis ritel harus menghadirkan pengalaman multi-channel yang mulus sesuai harapan pelanggan dan memanfaatkan teknologi sehingga layanan lebih profesional. Langkah ini dilakukan untuk mengelola inventaris dan membangun operasi yang lebih cerdas,” ucap George Pepes, APAC Vertical Solutions Lead, Healthcare and Retail, Zebra Technologies.

Sekitar 63% pembeli yakin pegawai toko yang memakai komputer genggam dengan pemindai built-in bisa meningkatkan pengalaman bebelanja. Hampir setengah pegawai toko melaporkan bahwa perangkat mobile di toko membantu memberikan pengalaman berbelanja lebih baik. Sekitar 48% dapat menemukan harga yang benar, 46% menjawab pertanyaan dan 42% menghemat waktu pelanggan.

Pembeli yang melakukan layanan teknologi dalam toko adalah sebagai berikut:

  • 63% pembeli cenderung memakai layar sentuh untuk mencari barang, memeriksa harga, menerima promosi dan memindai barcode.
  • 59% pembeli cenderung menggunakan kupon berbasis lokasi yang dikirim sesuai lokasi pembeli.
  • 58% pembeli cenderung menggunakan layanan checkout otomatis sehingga bisa meninggalkan toko tanpa berhenti membayar barang.
“Toko-toko fisik di Asia Pasifik belum sepenuhnya menerapkan digitalisasi ritel. Hal ini sebenarnya makin berpengaruh dalam keputusan pembeli melakukan pembelian. Kenyataannya adalah tidak ada satu arsitektur teknologi yang akan berfungsi paling baik untuk setiap usaha ritel. Kendati demikian, serangkaian teknologi real-time telah terbukti berkali-kali paling berpengaruh dalam meningkatkan kecepatan dan akurasi pemenuhan,”ucap Ben Marvin Tan, Country Manager Indonesia, Zebra Technologies.

Di era ekonomi on-demand, penting untuk mengetahui saat mengubah label harga atau lokasi produk. Peritel harus mempunyai alat untuk mengeksekusi hal tersebut secara instan sehingga bisa memberikan perbedaan terbesar dalam kepuasan pelanggan. Hal tersebut berlaku untuk pengalaman belanja online dan offline. Pengalaman pembeli dapat ditingkatkan dan bahkan membuat pelanggan kembali berbelanjajika pebisnis ritel memenuhi kebutuhan paling mendasar dan melakukan inovasi bisnis.
MC3300
Zebra MC3300 merupakan perangkat mobile computer yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi para pegawai di garis terdepan industri retail. Perangkat ini dirancang dengan bentuk yang ergonomis sehingga memudahkan penggunaan baik di toko maupun gudang.

Hasil Survei Per Wilayah

Di Asia Pasifik, 58% pembeli memilih berbelanja di toko ritel online yang juga memiliki toko fisik. Sebanyak 40% pembeli memilih membeli melalui smartphone atau perangkat mobile lain. Sementara itu di Eropa dan Timur tengah, 66% pembeli puas jika bisa membayar di mana pun di dalam toko. Hanya 14% pembeli yang benar-benar yakin bahwa toko ritel bisa melindungi data pribadi mereka.

Beralih ke Amerika Latin, 71% pembeli merasakan pengalaman berbelanja yang lebih baik dengan melakukan self-checkout. Sebanyak 64% memilih memakai teknologi dibandingkan membayar di kasir konvensional. Sekitar 83% tertarik menerima penawaran kupon atau cashback dan rela menanti empat hari untuk menerima pengiriman dari pembelian secara online.

Di Amerika Utara hanya 6% pembeli yang mengatakan percaya penuh pada kemampuan toko ritel melindungi data pribadi mereka. Angkat tersebut terendah dibandingkan kawasan lain. Para pembeli yang berbelanja semasa liburan memperkirakan akan menghabiskan 58% dari anggaran liburan di toko fisik.
Share:

Artikel Terkini