Tips Menjaga Orang Tua Tetap Aman Secara Online Tips Menjaga Orang Tua Tetap Aman Secara Online ~ Teknogav.com

Tips Menjaga Orang Tua Tetap Aman Secara Online


Teknogav.com - Di situasi pandemi Covid-19 ini tentunya kita semua ingin orang tua tetap aman, baik dalam hal kesehatan maupun teknologi. Cara aman melakukannya adalah dengan memberikan proteksi secara jarak jauh tanpa harus berkunjung langsung.

Begitu banyak orang terjebak di rumah akibat pandemi Covid-19, sehingga para orang lanjut usia (lansia) berada dalam posisi paling rentan. Virus lebih berbahaya bagi mereks, sehingga isolasi harus dilakukan secara ketat. Kerabat yang lebih muda biasanya tak bisa berkunjung karena kontak langsung dapat berisiko penularan.

Kini kegiatan sehari-hari pun beralih online, hal ini pun dapat menjadi kendala bagi orang yang lebih tua. Biasanya mereka cenderung kurang percaya diri untuk online. Berdasarkan survei Kaspersky, sebanyak 46% orang berusia 55 tahun ke atas tidak melakukan tindakan khusus untuk melindungi mereka secara online. Hal ini berisiko pencurian informasi kredensial mereka atau disebarkan pada pihak ketiga. Generasi tersebut juga lebih sulit membadakan antara email normal dengan spam dan phishing.

Berikut ini adalah tips dari Kaspersky untuk membantu orang tua tetap aman online:

  1. Menggunakan telepon, hampir semua generasi masih bisa menggunakan telepon, katakan pada mereka agar tak sungkan menelpon jika ragu dan butuh bantuan mengenai teknis
  2. Pastikan akses internet sudah dibayar dan bekerja dengan baik. Instal aplikasi yang dibutuhkan seperti WhatsApp, Facebook, Netflix atau Spotify
  3. Berikan informasi penting mengenai situs untuk memesan makanan atau kebutuhan lain. Pertimbangkan untuk membantu memasukkan akun atau peringatkan untuk waspada jangan membagian kredensial. Bantu mereka bebelanja online, beberapa penyedia layanan memungkinkan pengiriman ke beberapa lokasi.
  4. Terangkan untuk tidak memakai kata sandi yang sama untuk lebih dari satu situs atau layanan. Mudahkan mereka dalam melakukan hal \ini dengan alat pengelola kata sandi.
  5. Jelaskan mengenai bahaya phishing dan menanggapi tautan dalam email, SMS dan media sosial agar terhindar dari penipuan saat belanja online atau melakukan transaksi perbankan.
  6. Informasikan untuk menghindari penyimpanan detail kartu pada situs web yang dikunjungi.
  7. Sarankan memakai layanan terpercaya, seperti dari pemerintah atau instansinya.
  8. Gunakan solusi keamanan yang akan menjaga terhadap risiko phising dan tak membiarkan instalasi file malware atau mengunjungi situs berbahaya. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Kaspersky Security Cloud yang memiliki banyak kelebihan.

Kaspersky Security Cloud

 
Salah satu kelebihan Kaspersky Security Cloud adalah bisa diinstal sampai 20 perangkat, sehingga memenuhi kebutuhan bagi yang memiliki keluarga besar, Kaspersky Security Cloud juga berjalan pada perangkat dengan sitem operasi Mac, Windows, Android dan iOS. Sebagaimana antivirus, solusi ini menyediakan fitur-fitur lain, yang mencakup notifikasi mengenai kebobolan akun, proteksi koneksi internet, pengelola kata sandi, pengendalian orang tua dan masih banyak lagi. Ini merupakan solusi all-in-one agar tetap aman secara online.

Solusi ini juga merupakan sistem yang mudah untuk berbagi proteksi dan mengelolanya secara jarak jauh. Ketika menginstal produk untuk pertama kali, maka buat akun pada portal My Kaspersky untuk mengelola seluruh produk Kaspersky pada seluruh perangkat. Anda pun bisa berperan sebagai bagian TI di keluarga.

Peran tersebut mencakup penjadwalan pengkinian database antivirus atau menjalankan pemindaian secara manual. Jika ada obyek mencurigakan yang terdeteksi di komputer, maka akan segera menerima laporan. Kemudian bisa memutuskan secara jarak jauh bagaimana menanganinya. Administrator keluarga secara online mempermudah hidup dan kenyamanan selama melakukan physical distancing.

Cara melakukan Pengaturan Proteksi Jarak Jauh

Berikan lisensi produk Kaspersky Security Cloud Family pada keluarga atau orang tua. Caranya dengan membuka My Kaspersky, kemudian login ke akun dan masuk ke bagian Licenses. Pada Kaspersky Security Cloud Family tekan tombol Users di bawahnya dan pilih Share protection. Tekan Continue, kemudian masukkan nama dan alamat email dari orang yang ingin dibagi lisensi tersebut pada formulir yang muncul. Lanjutkan dengan menekan Continue ketik nama sendiri agar jelas siapa yang mengirim undangan, kemudian tekan Send untuk mengirim.

Kemudian telpon orang tua dan minta mereka untuk memeriksa email. Pada kotak masuk email mestinya ada pesan dengan judul “[nama Anda] has shared Kaspersky Security Cloud prodtection with you.” Kemudian berikan instruksi melalui telpon untuk menekan tombol Download protection yang akan merujukanya ke portal My Kaspersky. Portal tersebut menampilkan persyaratan dan kondisi dengan dua kotak centang. Kotak pertama harus dicentang sementara yang kedua opsional.

Tekan tombol I agree untuk mengunduh installer full version dari Kaspersky Security Cloud untuk sistem operasi yang sesuai dengan lisensi yang sudah diaktivasi. Setelah instalasi selesai, komputer, tablet atau smartphone telah terlindungi. Kemudian masuk ke My Kaspersky, temukan komputer atau smartphone orang tua Anda pada daftar perangkat dan tekan tombol Manage. Maka akan tampil seluruh tindakan yang memungkinkan dengan penjelasan rinci.
Share:

Follow by Email