Ajak Masyarakat Berpartispasi Lawan Covid-19, Ini Langkah Berdonasi via DANA Ajak Masyarakat Berpartispasi Lawan Covid-19, Ini Langkah Berdonasi via DANA ~ Teknogav.com

Ajak Masyarakat Berpartispasi Lawan Covid-19, Ini Langkah Berdonasi via DANA



Teknogav.com -  Habitat for Humanity Indonesia (Habitat) masih terus melanjutkan aksi sosial kemanusiaan #TempatSinggahPejuangMedis yang digagasnya. Aksi yang memanfaatkan teknologi dompet digital DANA tersebut mengajak masyarakat luas untuk turut serta membantu para pejuang medis melawan Covid-19. Targetnya aksi ini akan membantu lima rumah sakit rujukan pemerintah yang menangani Covid-19.

“Dukungan pendanaan dari masyarakat yang berpartisipasi dalam aksi sosial kemanusiaan masih terus mengalir melalui kitabisa.com dan benihbaik.com di aplikasi DANA. Habitat telah mengakomodasi 30% kebutuhan dari target 600 tenaga medis melalui donasi masyarakat yang terkumpul. Banyaknya kebutuhan ini membuat Habitat berharap masyarakat tak berhenti berpartisipasi memberikan pendanaan demi mewujudkan #TempatSinggahPejuangMedis selama pandemi berlangsung,” ucap Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia.

Kolonel dr. Abraham Arimuko, Direktur Umum RSPAD Gatot Soebroto menyatakan betapa dibutuhkannya dukungan tempat singgah bagi tenaga medis yang berjuang menanggulangi Covid-19. Menurutnya tenaga medis yang mengalami kelelahan fisik dan mental sangat membutuhkan tempat singgah yang nyaman dan dekat dengan rumah sakit. Sebenarnya RSPAD Gatot Soebroto Jakarta memiliki paviliun untuk beristirahat para tenaga medis, tetapi kini kapasitasnya tak mencukupi kebutuhan yang meningkat. Kini paviliun tersebut sudah digunakan untuk merawat tenaga medis yang sudah terpapar Covid-19.
(ki-ka) Kolonel dr. Roedi Djatmiko; Renaldy Martin - Head of Government Relations, OYO Hotels and Homes, Indonesia; dan Kolonel dr. Abraham Arimuko - Dirbinum RSPAD Gatot Soebroto
“Risiko tenaga medis terpapar Covid-19 sangat tinggi, sehingga untuk mengurangi risiko ditulari dan menularkan mereka harus menjaga stamina. Hal tersebut dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup dan berkualitas, serta tak berinteraksi fisik dengan keluarga dan masyarakat luas,”  ucap Kolonel dr. Abraham Arimuko.

Dr. Moh. Adib Khumaidi, SpOT, Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) pun mengungkapkan hal serupa dengan merespon positif aksi tersebut. Dia menyebut aksi atau gerakan sosial kemanusiaan untuk membantu percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 tersebut sebagai bentuk gotong-royong digital. Menurutnya, teknologi memudahkan masyarakat luas untuk bersinergi dan melakukan gotong-royong digital untuk mendukung para tenaga medis berjuang melawan pandemi. Bagi Dr. Moh. Adib, penggalangan dana secara nontunai juga mengurangi risiko penyebaran virus yang mungkin terjadi melalui perputaran uang fisik.

Aksi penggalangan dana Habitat for Humanity Indonesia untuk #tempatSinggahPejuangMedis pun diapresiasi Andy F. Noya, Pendiri Benihbaik.com.  Menurutnya aksi kemanusiaaan tersebut sejalan dengan peran Benihbaik.com yang menjadi jembatan kebaikan yang menghubungkan dengan orang yang membutuhkan dukungan. Pandemi Covid-19 justru membangkitkan semangat saling membantu dengan berdonasi. Semua bisa berdonasi berapa pun jumlahnya.

“Kami terus mengembangkan teknologi untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam menggerakkan partisipasi masyarakat ke dalam setiap aksi kebaikan. Salah satu kegiatan tersebut adalah #TempatSinggahTenagaMedis. Kami optimistis masyarakat luas, khususnya pengguna DANA yang kini berjumlah 37 juta terus memberikan dukungan bagi para tenaga medis,” ucap Vincent Iswara, CEO dan salah satu founder DANA.

Bagi yang ingin ikut serta berdonasi untuk berpartisipasi dalam gerakan #TempatSinggahPejuangMedis, berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  • Pada halaman muka aplikasi, tekan ikon ‘Covid-19 Info’ untuk masuk ke dalam miniprogram Siap Siaga Covid-19
  • Kemudian pilih ‘Bantu Sesama Lawan Corona’  dan pilih ‘Tempat Singgah Pejuang Medis Melawan Covid-19
  • Setelah masuk ke menu pilihan donasi, tekan ‘Donasi Sekarang’, kemudian tentukan nominal donasi, bisa dengan memililh atau mengetik jumlah nominal.
  • Masukkan informasi donatur dengan mengetik nama dan nomor WhatsApp atau email, bisa juga untuk menyembunyikan nama dan menambah komentar.
  • Setelah itu tekan ‘Lanjutkan Pembayaran’ dan ‘Konfirmasi Pembayaran
Selain berpartisipasi melalui aplikasi dompet digital DANA, para dermawan bisa juga berdonasi langsung melakui situs kitabisa.com dan benihbaik.com.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email