Indosat Ooredoo Gandeng Ericsson Terapkan Teknologi Otomatisasi, ML dan AI Indosat Ooredoo Gandeng Ericsson Terapkan Teknologi Otomatisasi, ML dan AI ~ Teknogav.com

Indosat Ooredoo Gandeng Ericsson Terapkan Teknologi Otomatisasi, ML dan AI


Teknogav.com – Indosat Ooredoo dan Ericsson menandatangani kesepakatan kerja sama untuk menerapkan mesin otomatisasi operasi, Ericsson Operations Engine. Periode kerja sama tersebut akan berlangsung selama lima tahun dengan menerapkan model Ericsson yang didukung data AI  mulai Juli 2020.

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kinerja jaringan dan pengalaman pengguna, serta mengelola pusat operasi jaringan Indosat Ooredoo. Selain itu juga untuk kegiatan pemeliharaan lapangan di seluruh Indonesia. Ericsson akan menggunakan teknologi otomatisasi, pembelajaran mesin atau machine learning (ML) dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam melaksanakannya.

Kesepakatan yang baru ditandatangani tersebut merupakan perluasan kerja sama yang sudah terjalin lama antara Indosat Ooredoo dan Ericsson. Kontrak tersebut akan meningkatkan investasi global Ericsson dalam pengkinian teknologi jaringan terotomatisasi untuk mendorong daya saing Indosat Ooredoo. Teknologi tersebut akan meningkatkan efisiensi operasional, biaya dan energi serta penguatan jaringan.

“Pada tahun 2019, Indosat Ooredoo sudah meningkatkan jaringan secara signifikan. Kami dapat membangun pengaturan operasi jaringan yang efisien dan terotomatisasi sepenuhnya dengan teknologi hasil kerja sama dengan Ericsson. Teknologi tersebut mencakup AI terkini, sistem analitik berbasis data dan platform ML yang fokus pada mutu layanan dan pengalaman pengguna. Kami yakin model baru ini akan membantu mengelola peningkatan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan,” ucap Vikram Sinha, Chief Operation Officer Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo diharapkan dapat mendapat pengalaman menikmati layanan kelas dunia dengan teknologi Ericsson tersebut. Indosat Ooredoo pun dapat lebih fokus meningkatkan nilai bagi para pemegang saham mereka.

Ericsson Operations Engine mengonsolidasikan posisi kami sebagai pemimpin industri di jaringan managed services. Kemampuan Ericsson telah terbukti secara global dalam mengelola dan menjalankan multi-vendor dan multi-teknologi. Kontrak ini membuktikan kepercayaan berkelanjutan pada produk dan solusi end-to-end kami pada operasi jaringan Indosat Ooredoo. Kami akan terus meningkatkan wawasan berbasis data untuk menyajikan kinerja lebih baik yang fokus pada pengalaman pengguna,” ucap Jerry Sopper, Country Head Ericsson Indonesia.

Kerjasama Indosat Ooredoo dan Ericsson di Indonesia selama ini mencakup 2G, 3G, 4G dan uji coba 5G. Ericsson merupakan yang terdepan dalam hal ICT di mancanegara. Solusi-solusi Ericsson memberikan akses yang makin canggih dan peningkatan teknologi berkelanjutan bagi seluruh pelanggan di dunia.
Share:

Artikel Terkini