ChatAja Sediakan Konseling Psikologi Gratis dan Stiker Edisi Covid-19 ChatAja Sediakan Konseling Psikologi Gratis dan Stiker Edisi Covid-19 ~ Teknogav.com

ChatAja Sediakan Konseling Psikologi Gratis dan Stiker Edisi Covid-19


Teknogav.com – ChatAja, aplikasi berbasis cloud karya anak bangsa merilis beberapa pembaruan menarik yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Pembaruan tersebut adalah stiker unik dengan tema Covid-19 yang bertujuan mensosialisasikan pedoman kesehatan selama pandemi berlangsung dengan mudah dan menarik. Selain itu ChatAja juga menghadirkan tab khusus kesehatan pada fitur Jelajah. Tab ini memudahkan akses ke empat akun dank anal kesehatan resmi. Keempat akun dari tab kesehatan tersebut adalah DokterSehat, Awasi Covid-19, Chatbot RS BUMN dan Simply.

Pada bulan Februari, ChatAja telah meluncurkan lebih dari 100 stiker. Kini ChatAja meluncurkan tambahan stiker-stiker bertema Covid-19 untuk mendukung gaya edukasi hidup sehat selama karantina.

“Terdapat puluhan sitker dari paket stiker Covid-19 ini. Isinya imbauan untuk cuci tangan, selalu memakai masker, sampai imbauan membuka pintu dengan siku. Belakangan ini tersebar berbagai hoaks mengenai Covid-19 yang dapat membahayakan keselamatan. Kami menghadirkan tab Kesehatan dalam fitur jelajah untuk mengatasi hal tersebut,” ucap Reza Akhmad Gandara, Co-Founder & CEO ChatAja.

Tab Kesehatan

Pembaruan lain dari ChatAja adalah tab Kesehatan yang terdapat pada fitur Jeajah. Isi dari fitur Jelajah mencakup berbagai akun kanal berita, game gratis, layanan konseling, konsultasi karis dan lain-lain. Pada tab kesehatan terdapat empat akun resmi dana kun kanal kesehatan resmi yang berkaitan dengan Covid-19.

Akun pertama dari tab kesehatan adalah akun resmi DokterSehat yang memberikan layanan konsultasi kesehatan dengan dokter secara online. Kedua, ada akun kanal Awasi Covid-19 yang berisi informasi perkembangan pandemi virus SARS-CoV-2 terkini di Indonesia. Ketiga adalah akun resmi Chatbot RS BUMN yang menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Fitur utama chatbot ini adalah melakukan deteksi awal gejala-gejala Covid-19 yang dialami pengguna.

Keempat adalah akun Simply yang merupakan layanan curhat dan konseling gratis secara online yang tersedia eksklusif di aplikasi ChatAja. Konseling tersebut diasuh oleh enam psikolog profesional yang sudah memiliki Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP). Latar belakang kompetensi para psikolog tersebut adalah psikologi klinis, perkembangan dan pendidikan. Pengguna dapat mencurahkan perasaan ataupun konsultasi mengenai permasalahan emosional yang dialami selama pandemi via chat. Akses ke layanan chat Simply dapat dilakukan mulai dari hari Senin sampai Jumat pukul 9 pagi sampai 9 malam.

Pada akun Simply ini ada admin yang akan membantu para pengguna mendengarkan dan/atau memberi solusi permasalahan terlebih dahulu. Kualifikasi dari admin tersebut adalah sarjana psikologi yang telah disiapkan untuk dapat mengakomodasi layanan konsultasi ini di bawah supervisi psikolog. Jika terdapat kasus khusus, maka pengguna bisa berkonsultasi dengan psikolog langsung.

Layanan Akun Simply

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini berdampak pada penerapan imbauan physical distancing. Hal tersebut dapat berdampak pada kondisi psikis seseorang, seperti ketakutan dan kecemasan terhadap penyakit termasuk perubahan pola tidur dan makan. Kondisi kesehatan fisik dan mental yang memburuk pun bisa terjadi pada orang tua dan anak-anak. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkomunikasikan permasalahan tersebut kepada orang lain. Faktor tersebut menjadi awal mula inisiatif layanan konsultasi online via chat Simply.

“Sesuai poin kedua dari Imbauan 3 Hal Sederhana dari HIMPSI dan PDSKJI tentang pentingnya dukungan sesama, termasuk dukungan profesional ketika merasa tertekan, cemas, dan emosi-emosi negatif lainnya, maka PPFP dan APSI Wilayah Banten bekerja sama dengan ChatAja menghadirkan layanan gratis konsultasi online via chat ini melalui aplikasi ChatAja,” ungkap Tia.Rahmania, M.Psi, Ketua APSI Banten sekaligus Ketua Unit LPPM Paramadina Psychology for People (PPFP).

Layanan Simply dapat membantu mengurangi dan menyelesaikan beberapa masalah psikis yang timbul, tetapi tak bisa menggantikan layanan konsultasi psikologi klinis. Jika ada kebutuhan khusus, maka admin Simply akan mereferensikan pengguna untuk membuat jadwal konsultasi langsung. Konsultasi dapat dilakukan melalui telepon atau email dengan psikolog atau psikiater bersertifikat. Selain itu bisa juga diarahkan ke support system group yang dikelola psikolog bersertifikat.

Reza berharap pembaruan berupa stiker, tab Kesehatan dan layanan Simply dapat berperan membantu masyarakat Indonesia mengatasi masalah selama pandemi Covid-19. Aplikasi ChatAja dapat diunduh melalui situs resmi ChatAja, Google PlayStore dan App Store. Selain itu bisa juga mengakses layanan ini melalui web.chataja.co.id.
Share:

Artikel Terkini