Chipset NB-IoT MT2625 Siap Beroperasi di Jaringan Selular SoftBank Jepang Chipset NB-IoT MT2625 Siap Beroperasi di Jaringan Selular SoftBank Jepang ~ Teknogav.com

Chipset NB-IoT MT2625 Siap Beroperasi di Jaringan Selular SoftBank Jepang


Teknogav.com – MediaTek mengumumkan ketersediaan komersil chipset NB-IoT MT2625 secara global pertama. Chipset tersebut sudah divalidasi untuk Lightweight Machine-to-Machine over Non-IP Data Delivery (LwM2M over NIDD) di jaringan selular SoftBank Corporation Jepang. Fitur andalan dari chipset mampu menyajikan pengalaman komunikasi ultra-aman dan konsumsi daya yang rendah.

MT2625 merupakan SoC dengan NB-IoT R14 yang memungkinkan daya ultra-rendah dan hemat biaya di perangkat IoT. Penerapannya mencakup rumah, industrial atau mobile seperti smartphone. Desain chipset ini terintegrasi dengan DSP modem NB-IoT, antena RF dan base-band analogue front-end.

Komponen lain yang terintegrasi dengan SoC ini mencakup MCU ARM Cortex-M dengan RAM internal, Flash, PSRAM dan power management unit (PMU). Selain itu juga tersedia ektensi I/O perifeal yang mencakup SDIO, UART, I2C, I2S, SPI dan PCM. Fungsionalitas SoC yang tinggi tersebut dikemas dengan ukuran kecil yang bisa diaplikasikan pada banyak hal.

Real time operation system
(RTOS) base yang diterapkan pada SoC ini memudahkan untuk dikustomisasi untuk berbagai aplikasi. Perangkat-perangkat yang bisa menggunakan SoC ini mencakup automasi rumah, cloud, smart metering, pendeteksi asap, pelacak logistik, kota cerdas dan berbagai pernerapan IoT lain, baik statis maupun bergerak. Lebih dari 50% use case 5G melalui perangkat-perangkat tersebut dipicu oleh IoT (mMTC – massive Machine Type Communications). NB-IoT (Narrowband IoT) berperan penting dalam ekosistem IoT yang menghubungkan berbagai perangkat IoT secara hemat data. 

MT2625 merupakan salah satu chip NB-IoT terdepan dengan dukungan wideband untuk operasional hingga empat-pita. Chipset ini memungkinkan satu rancangan digunakan di seluruh dunia dengan lebih hemat biaya dan waktu pengembangan. MCU yang ultra-efisien ini menyediakan banyak periferal I/O dalam ukuran paket mungil di berbagai perangkat. Chipset tersebut sudah tersedia bagi produsen perangkat dan pengembang aplikasi komersil NB-IoT.

Kesiapan komersil chipset NB-IoT MT2625 untuk LwM2M over NIDD ini merupakan prestasi bagi MediaTek. Para operator di seluruh dunia telah menggunakan teknik LwM2M over NIDD yang menyajikan komunikasi IoT aman dan ultra-efisien. Teknik LwM2M over NIDD memang memiliki keandalan dalam hal peningkatan keamanan, skalabilitas hemat biaya dan konsumsi daya lebih rendah.

Kolaborasi antara MediaTek dengan SoftBank Corporation di Jepang tentunya membangun landasan yang kuat bagi industri IoT di Jepang. Sinergi yang mereka lakukan tentunya bisa membuka jalan untuk berbagai aplikasi dan layanan IoT baru. Pertumbuhan pasar di negara tersebut pun bisa semakin cepat.

Revolusi IoT 5G dilakukan MediaTek yang menghubungkan miliaran perangkat dengan chipset MT2625. Kemampuan NB-IoT chipset tersebut terdepan dan didukung operator global. Para operator terkemuka di Asia, Amerika Serikat dan Eropa menggunakan standar LwM2M secara luas. NIDD menyajikan protokol komunikasi yang penggunaan data dan dayanya sangat efisien, serta lapisan keamanan tambahan melalui pre-defined routing.

Informasi lebih lanjut mengenai MediaTek MT2625 dapat dilihat di situs resmi MediaTek, sedangkan untuk LwM2M dapat dilihat pada tautan ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email