Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS Optimalkan Kinerja Overclock Intel Core Gen-10 Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS Optimalkan Kinerja Overclock Intel Core Gen-10 ~ Teknogav.com

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS Optimalkan Kinerja Overclock Intel Core Gen-10

Teknogav.com – Produsen motherboard dan kartu grafis Gigabyte Technology Co. Ltd. (Gigabyte) mengumumkan motherboard Z490 AORUS terkini untuk prosesor Intel Core Gen-10. Motherboard ini dirancang dengan daya digital sampai 16-fasa dan heatsink Fins-Array II yang canggih. Setiap fasa dapat menangani sampai 90 A. Motherboard ini mengelola daya dan termal sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja overclock prosesor Intel Core seri K 10-inti.

Topologi memori yang digunakan pada motherboard Gigabyte Z490 AORUS adalah Daisy Chain yang dirancang anti-gangguan untuk meningkatkan overclock dan kestabilan. Beberapa model tertentu lini motherboard ini juga menawarkan kualitas audio terbatas dan I/O yang kaya fitur dan dilindungi I/O terintegrasi. Selain itu motherboard ini juga dilengkapi dengan teknologi Thermal Guard II terkini. Motherboad Gigabyte Z490 AORUS menyajikan kinerja, manajemen daya dan termal, audio dan kemampuan komputasi tingkat lanjut terbaik.

Prosesor Intel Core gen-10 hadir dengan mikro arsitektur terbaru dan soket LGA 1200. Ini berarti platform lama tak kompatibel dengan prosesor ini, walau dilakukan pembaruan BIOS. Intel Core i9-10900K hadir dengan 10-inti dan 20 thread yang dilengkapi cache 200 MB dan TDP 125 W. Kecepatan clock prosesor ini bisa sampai 5 GHz di semua inti dengan Turbo Boost Max. Inti yang lebih banyak dan frekuensi standar tentunya mengkonsumsi daya lebih untuk mencapai kecepatan 5,3 GHz di semua inti. Jadi kemungkinan dibutuhkan TDP lebih dari 200 W.

Pengelolaan Daya dan Termal

Motherboard Gigabyte Z490 AORUS dirancang dengan daya digital 16-fasa, setiap fasa bisa menyimpan sampai 90 A. Desain Smart Power Stage yang mengelola daya langsung 12-fasa dipasangkan dengan Power Stage DrMOS yang lebih tahan lama. Perpaduan tersebut dapat menghasilkan maksimal 1.440 A sehingga menghasilkan keseimbangan daya terbaik.

Kestabilan penghantaran daya dipastikan juga oleh konektor pin daya solid pada motherboard. Konektor tersebut juga meningkatkan tanggapan transien VRM antara beban tinggi dan rendah. Prosesor pun dapat lebih stabil sehingga tak perlu khawatir adanya kegagalan overclock karena pasokan daya yang tak stabil.
Motherboard Gigabyte Z490 AORUS
Fokus motherboard Gigabyte Z490 AORUS adalah pada penyebaran panas. Pada lini Gigabyte Z490 AORUS PRO contohnya yang menggunakan teknologi Fins-Array II dengan heatsink tipe stack fin. Desain heatsink ini dirancang ulang sehingga luas permukaannya tiga kali lipat dibandingkan heatsink tradisional. Fin pun dirancang ulang agar dapat melepaskan panas lebih baik.

Teknologi Direct-Touch Heatpipe menggunakan heatpipe direct touch 8 mm lebih besar dengan jarak diperpendek dan area kontak diperluas dengan heatpipe. Desain ini dapat mempercepat transfer panas dari VRM ke heatsink sehingga menurunkan suhu secara signifikan.

Thermal pad LAIRD 7,5 W/mk generasi pun digunakan pada motherboard Gigabyte Z490 AORUS. Penyerapan panas termal pada tersebut empat kali lipat dibandingkan thermal pad tradisional. Kontak antara VRM dan thermal pad pun ditingkatkan yang sekaligus meningkatkan panas keseluruhan. Pada motherboard juga digunakan pelat metal fungsional yang menambah kekokohan motherboard. Selain itu terdapat juga lapisan nano karbon yang menyebarkan panas pada komponen di bagian belakang dan PCB dengan cepat.

Konfigurasi Memori

Motherboard Gigabyte Z490 AORUS memiliki konfigurasi memori mengesankan dengan kapasiitas 32 GB per modul. Konfigurasi memori motherboard ini dijamin sesuai kebutuhan pengguna berkat topologi memori Daisy Chain dan desain anti-gangguan yang unik dari PCB. Pada lapisan dasar PCB ditanamkan rangkaian memori, sementara lapisan luar metal PCB akan mengurangi gangguan elektromagnetik. Desain tersebut memaksimalkan kinerja overclock RAM kecepatan tinggi dan stabil pada konfigurasi kanal ganda sampai kecepatan DDR4 4800 MHz.

Gigabyte Z490 AORUS XTREME mengutamakan desain SMT Memoy DIMM eksklusif dengan teknologi solder pelekatan pada permukaan. Pada PCB tampak titik-titik solder di slot memori terpasang halus, sehingga mengurangi gangguan sinyal antara fiber cloths yang terbuka. Di bagian belakang slot memori terdapat kapasitor Polymer tantalum untuk meningkatkan kestabilan sinyal saat melakukan overclock frekuensi tinggi di XMP.

Media Penyimpanan dan Konektivitas

Motherboard Gigabyte Z490 menggunakan PCB kelas PCIe 4.0, slot PCIe, slot M.2, dan pengendali untuk kualitas bandwidth tertinggi. Pada umumnya motherboard hanya menggunakan heatsink SSD M.2 di satu sisi, walau menggunakan SSD di dua sisi. Nah, motherboard Gigabyte Z490 AORUS tertentu menggunakan Thermal Guard II yang menggunakan sistem pendinginan di kedua sisi M.2. Hal ini dilakukan untuk mencegah throttling termal saat dioperasikan dalam kecepatan tinggi.

Pelindung I/O fleksibel yang sudah dipatenkan pun digunakan pada beberapa motherboard Gigabyte AORUS Z490 tertentu. Keberadaan pelindung tersebut memberikan perlindungan tambahan pada panel belakang yang dilengkapi berbagai port. Beberapa port tersebut adalah slot USB 3.1 Gen2, Ethernet 2.5G dan 10G, konektor audio, dan antarmuka ekspansi Thunderbot 3.

Motherboard ini juga memiliki tombol-tombol QFLASH dan Clear CMOS untuk menangani masalah sistem atau pengkinian BIOS tanpa instalasi prosesor. Konektivitas ultra-cepat yang 2,5 kali lebih cepat dibandingkan Gigabit Ethernet pun disajikan oleh Intel 2,5 Gbps Ethernet pada motherboard. Selain itu terdapat juga adapter jaringan Intel® WiFi 6 802.11ax dan antena pintar AORUS high-gain WiFi yang kecepatannya sampai 2,4Gbps. Konfigurasi Ethernet dan WiFi ultra tersebut memberikan konfigurasi fleksibel dengan konektivitas internet ultra-cepat dan stabil.

Kepiawaian Gigabyte pada audio tentu saja tetap dipertahankan pada motherboard Gigabyte Z490 AORUS. Chip audio ALC 1220-VB dengan kombinasi kapasitor audio kelas-studio WIMA FKP2 digunakan model tertentu untuk menghasilkan audio Hi-Fi kelas studio. Desain audio eksklusif Gigabyte dengan ESS SABRE DAC terintegrasi sering dipakai pada perangkat-perangkat audio profesional. Penerapan DTS: X® Ultra menghasilkan audio Hi-Fi dengan pengalaman suara yang sangat imersif, saat gaming, menonton film atau mendengarkan musik.

Essential USB DAC diperkenalkan motherboard flagship Gigabyte Z490 AORUS XTREME. DAC tersebut menggunakan USB type-C dan konverter ESS SABRE HiFi ES9280C PRO terintegrasi. Pengguna pun bisa memakai slot USB sebagai output sumber suara sebagai pengganti jack audio 3,5 mm. Essential USB DAC juga bisa menggunakan smartphone atau tablet Android dengan antarmuka USB type-C untuk memberikan pengalaman audio yang lebih imersif.

Berbagai teknologi favorit pengguna pun dihadirkan kembali pada motherboard Gigabyte Z490 AORUS. Teknologi tersebut mencakup RGB Fusion, Smart Fan 5, USB TurboCharger untuk pengisian daya ultra-cepat perangkat lain, dan lain-lain. Gigabyte BIOS menggunakan antarmuka grafis baru yang lebih intuitif dan mudah digunakan. Antarmuka tersebut menampilkan informasi mengenai kecepatan, memori, perangkat-perangkat memori, status/pengaturan kipas, dan informasi perangkat keras penting lainnya. BIOS sistem pun dapat disimpan pada flash disk USB tanpa membutuhkan CPU, RAM, GPU dan periferal-periferal lain berkat dukungan teknologi Q-Flash Plus.

Berbagai fitur untuk gaming, overclock dan lain-lain ditawarkan oleh motherboard Gigabyte Z490 AORUS. Motherboard ini menyajikan teknologi Ultra-Durable dari GIGABYTE, kapasitor solid, desain daya digital dengan desain kendali kipas cerdas. Seluruh lini motherboard tersebut hemat daya dan ramah lingkungan dengan tetap menyajikan kinerja dan ketahanan terbaik.
Share:

Follow by Email