TikTok Tawarkan Hadiah Rp700 Juta dengan Membuat Video Berbagi Ilmu TikTok Tawarkan Hadiah Rp700 Juta dengan Membuat Video Berbagi Ilmu ~ Teknogav.com

TikTok Tawarkan Hadiah Rp700 Juta dengan Membuat Video Berbagi Ilmu


Teknogav.com – TikTok mendukung sektor pendidikan Indonesia dengan meluncurkan program #SamaSamaBelajar pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020 lalu. Pada program ini terdapat serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan dan menginspirasi orang untuk berbagi konten berbasis edukasi. Program ini akan terus berlangsung sampai tahun 2021 dan diharapkan dapat menjadi gebrakan dalam menyajikan kegiatan belajar yang berbeda. Salah satu kegiatan tersebut adalah #BerbagiIlmu yang mengajak pengguna di Indonesia membuat video berbasis ilmu pengetahuan. Tersedia hadiah tunai senilai Rp 700 juta bagi pengguna yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Video singkat merupakan masa depan platform edukasi, sehingga konten TikTok merupakan alat edukasi yang interaktif dan menarik. TikTok meluncurkan program #SamaSamaBelajar dengan dukungan Creative Learning Fund. Puluhan juta pelajar di dunia tak dapat bersekolah akibat pandemi Covid-19 sehingga membutuhkan fasilitas untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. TikTok Creative Learning Fund diluncurkan secara global untuk memberikan dukungan bagi semua orang yang tertarik berbagi kemampuan melalui platform TikTok.

“Selama pandemi COVID-19, para profesional pendidikan terpaksa mencari cara baru untuk terhubung dengan orang-orang yang bergantung pada jasa mereka. Konten edukasi yang kreatif di platform seperti TikTok dapat membantu. Kami menyediakan dukungan terhadap pendidik, tenaga ahli profesional dan nirlaba melalui #SamaSamaBelajar dengan format pembelajaran jarak jauh yang mudah dicerna,” ucap Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina.
Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations, TikTok Indonesia
Program #SamaSamaBelajar juga mencakup kerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) untuk mendukung program pemerintah.

“Di tengah pandemik COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut kerjasama dari semua sektor untuk memastikan proses pendidikan tetap berjalan. Salah satu kerja sama tersebut adalah #SamaSamaBelajar dengan TikTok. Kami berharap kerjasama ini bermanfaat dan menginspirasi para guru dan pelajar selagi belajar di rumah,” ucap Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Kolaborasi dengan Kemendikbud

  • Tantangan berjudul #SamaSamaBelajar mengajak pengguna TikTok mengunggah konten edukasi berbasis informasi yang memungkinkan pengguna lainnya dapat belajar. Tagar #SamaSamaBelajar tersebut sudah disaksikan lebih dari 300 juta kali, dengan berbagai topik. Topik tersebut bisa mencakup bahasa asing, kesehatan, kebudayaan, matematika, teknologi sampai tips menarik.
  • Serangkaian lokakarya bersama Kemendikbud dengan topik keamanan digital. Lokakarya pertama sudah diselenggarakan di Bandung pada Februari 2020 lalu. Jika situasi sudah kondusif maka akan dilanjutkan juga ke kota-kota lain. Selain itu digelar pengembangan konten kreatif bagi 3000 mahasiswa dan pelajar SMA di 15 kota di Indonesia, hingga tahun 2021.
  • Kemendikbud akan menyediakan berbagai konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar melalui akun @kemendikbud.ri di aplikasi TikTok, Konten tersebut dapat digunakan oleh pengguna untuk belajar dan mendapatkan informasi yang inspiratif. 
I Made Andi Arsana, Dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Kompetisi Video #Berbagi Ilmu

Syarat untuk ikut serta dalam kegiatan membuat video singkat #BerbagiIlmu adalah berusia minimal 18 tahun. Video dibuat dengan menggunakan suara asli, fitur teks atau keduanya dengan durasi minimal 15 detik. Konten video tersebut harus mengandung ilmu pengetahuan, baik itu kesehatan, dance, fitness, umum, teknologi, tips kehidupan atau pengetahuan lain. Jangan lupa untuk memakai tagar #samasamabelajar dan #berbagiilmu pada caption dan paling telat mengunggah video tanggal 1 Juni 2020.
Share:

Artikel Terkini