Turnitin dan NewsGuard Bantu Literasi Digital dan Periksa Kredibilitas Situs Turnitin dan NewsGuard Bantu Literasi Digital dan Periksa Kredibilitas Situs ~ Teknogav.com

Turnitin dan NewsGuard Bantu Literasi Digital dan Periksa Kredibilitas Situs



Teknogav.com – Teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi tumpuan saat dunia sedang dilanda Covid-19 seperti saat ini. Begitu banyak informasi bertebaran di ranah digital, baik informasi bermanfaat, maupun informasi yang keliru. Nah, demi menghindari informasi yang salah, Turnitin dan NewsGuard berkolaborasi untuk membantu siswa dan guru memilah informasi tersebut. Kemitraan tersebut juga membantu siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan riset dan literasi media.

Turnitin adalah penyedia alat untuk mencegah plagiarisme, menyampaikan masukan yang formatif dan sumatif, serta mengemukakan laporan yang berkelanjutan. Alat ini pun mampu meyelidiki perbuatan akademik yang tidak terpuji. Kemitraan Turnitin dengan NewsGuard memungkinkan pengguna Turnitin mengakses ekstensi browser dan aplikasi NewsGuard secara bebas. Jutaan siswa dan guru pun kini bisa membaca tingkat kredibilitas NewsGuard.

NewsGuard sendiri adalah layanan yang memperkerjakan jurnalis untuk menilai setiap situs berdasarkan sembilan kriteria jurnalistik praktis non-politik. Kriteria tersebut termasuk frekuensi situs mempublikasikan konten palsu, rutinitas situs memberikan klarifikasi, dan apakah situs tersebut menghindari judul yang menipu. Berdasarkan kriteria tersebut, setiap situs menerima nilai kepercayaan mulai dari 0 sampai 100. Tersedia juga peringkat keseluruhan, jika berwarna hijau maka situs tersebut bisa diandalkan, sedangkan jika tak bisa diandalkan akan berwarna merah. Jurnalis berpengalaman NewsGuard telah mengulas lebih dari 4.000 portal berita yang bertanggung jawab atas 95% keterlibatan online.

“Selama masa pandemi Covid-19, sangat penting untuk dapat mengandalkan informasi akurat dari sumber berita, bagi siswa dan pendidik. Turnitin selalu berkomitmen mempromosikan integritas dalam melakukan riset dan penulisan. Kerjasama dengan NewsGuard memperkuat komitmen dengan menawarkan  alat untuk membantu mengevaluasi integritas dari sumber berita yang digunakan siswa dan guru. Layanan dari kami sangatlah tepat bagi mereka,” ucap Valerie Schreiner, Chief Product Officer Turnitin.

Turnitin sudah digunakan lebih dari 34 siswa di 15.000 institusi pendidikan menengah dan lanjut di 140 negara. Sementara NewsGuard telah diterima oleh pustakawan dan guru di seluruh dunia sebagai sumber literasi media untuk mengajarkan riset. Lebih dari 700 perpustakaan umum di seluruh dunia menggunakan ekstensi browser NewsGuard di komputer yang biasa digunakan para mentor. Perpustakaan tersebut mencakup Perpustakaan Umum Los Angeles dan Perpustakaan Milan di Italia. Turnitin juga akan memberikan rancangan pelajaran literasi berita miliki NewsGuard dan materi lain ke sekolah-sekolah.

“Kami melihat Turnitin dan NewsGuard sebagai pasangan sempurna. Misi kami adalah membantu banyak orang untuk membedakan sumber yang dapat dipercaya dan yang mempublikasikan informasi tak benar. Para guru menginformasikan mengenai peran penting NewsGuard membantu siswa menemukan sumber yang berisi berita benar dan berintegritas saat membuat riset. NewsGuard juga memungkinkan menghindari sumber yang tidak baik. Peran memberikan informasi tersebut kini dapat dilakukan bagi jutaan siswa dan guru. Turnitin adalah langkah penting kami untuk meningkatkan misi selanjutnya,” ucap Gordon Crovitz, co-CEO NewsGuard.

Satu pengguna Turnitin dan NewsGuard.adalah Lisa Brake, seorang guru Bahasa Inggris di SMA Sweet Home di Amherst, New York. Dia mengungkapkan bahwa para siswa di sekolah tempatnya mengajar terbantu menjadi lebih wawas mencerna berita berkat bantuan NewsGuard. Fitur Nutrition Label memungkinkan untuk mengarahkan ke diskusi bermanfaat dan pertanyaan mengenai agenda dari sumber berbeda.

Seiring dengan bertebarannya informasi salah yang berkaitan dengan pandemi Covid-19, NewsGuard menghapus biaya ekstensi browser sebesar USD2,95 per bulan. Biaya tersebut jika dirupiahkan sekitar Rp44 ribu. Kini ekstensi tersebut bisa digunakan secara gratis hingga 1 Juli 2020, dengan mengunjungi https://www.newsguardtech.com/turnitin/.

Setelah 1 Juli, sekolah dan universitas yang menggunakan Turnitin akan mendapatkan akses gratis. Siswa dan fakultas dapat terus menggunakan NewsGuard tanpa biaya hingga akhir 2020. Tersedia juga pilihan untuk memperpanjang akses gratis ini hingga akhir tahun ajaran 2021.

 “Ketika kami menarik bayaran atas ekstensi browser  awal tahun ini, kotak pesan kami dihujani pesan dari guru-guru dan pustakawan. Mereka menyampaikan betapa berharganya rating dan ulasan NewsGuard bagi siswa dan mentor. Kami senang kemitraan dengan Turnitin akan membuat banyak murid untuk terus menggunakan NewsGuard sebagai tool pendidikan,” ucap Steven Brill, co-CEO dari NewsGuard.

Kemampuan literasi media sangat penting bagi demokrasi yang sehat, sayangnya tak semua siswa memiliki kemampuan ini. Siswa perlu diajari sejak dini untuk menilai sumber yang bisa dipercaya. Mereka harus mengenali tindakan yang sedang mencoba menipu. Sarah Brand, Vice President dari News Literacy Programs NewsGuard mengungkapkan usahanya membangun kepercayaan antara media, institusi dan satu sama lain.

Informasi lebih lanjut mengenai kemitraan antara Turnitin dan NewsGuard dapat dilihat pada situs resmi Turnitin. Situs tersebut juga menyediakan akses gratis ke sumber yang dapat membantu para pendidik mengikutsertakan pelajaran literasi media ke dalam kelas. Pelajaran tersebut termasuk Source Credibility Packet dari Turnitin dan Covid-19 Media Literacy Teacher Packet dari NewsGuard.
Share:

Follow by Email