Palo Alto Perkenalkan PAN-OS 10.0, Next-Generation Firewall berbasis Machine Learning Palo Alto Perkenalkan PAN-OS 10.0, Next-Generation Firewall berbasis Machine Learning ~ Teknogav.com

Palo Alto Perkenalkan PAN-OS 10.0, Next-Generation Firewall berbasis Machine Learning

Teknogav.com — Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak perubahan pada dunia. Perubahan tersebut termasuk serangan-serangan siber yang otomatis juga akan berubah. Sementara jumlah dan ragam perangkat baru meningkat dengan pesat, terutama perangkat-perangkat IoT. Wilayah serangan juga meningkat sangat cepat dengan semakin luasnya jaringan yang dibangun perusahaan-perusahaan seiring dengan semakin tingginya penerapan hybrid cloud. Palo Alto Networks berusaha mengatasi masalah-masalah tersebut dengan membuat Firewall generasi masa depan yang ditenagai machine learning pada PAN-OS 10.0.

PAN-OS versi 10.0 merupakan solusi keamanan Next-Generation Firewall (NGFW) yang ditenagai  Machine Learning (ML). Penggunaan teknologi ML pada inti firewall akan menerapkan pembelajaran terus menerus dan memblokir ancaman secara proaktif. Langkah proaktif ini tentunya dapat meningkatkan keamanan di semua lini dan siap melindungi perangkat-perangkat IoT. Teknologi ML yang mentenagai NGFW ini juga dapat merekomendasikan kebijakan-kebijakan keamanan untuk diterapkan di berbagai jaringan.

sumber: Palo Alto Networks
“Kami membuat gebrakan dengan menciptakan Next-Generation Firewall tiga belas tahun lalu. NGFW ini menghadirkan perubahan total di ranah keamanan jaringan. Peningkatan keamanan secara proaktif yang dilakukan PAN-OS versi 10.0 memungkinkan tim keamanan TI selalu berada selangkah di depan dari ancaman keamanan,” ucap Nir Zuk, pendiri dan CTO Palo Alto Networks.

Fitur-fitur PAN-OS 10.0

1.    ML-Based In-line Malware dan Phishing Prevention

sumber: Palo Alto Networks
Sering kali serangan yang ada memanfaatkan mesin-mesin canggih yang mengubah bentuk serangan secara otomatis. Kini ML-Powered NGFW dari Palo Alto Networks dapat mencegah serangan-serangan menggunakan model machine learning secara in-line.

2.    Zero-Delay Signature Updates

sumber: Palo Alto Networks
Palo Alto Networks dapat memangkas waktu respon ancaman. Jika sebelumnya mempersingkat waktu menjadi menit, kini bisa dilakukan sekitar lima detik saja atau zero-delay. Risiko pun bisa semakin diperkecil sampai 99,5% pada sistem yang terinfeksi.

3.    Integrated IoT Security Based on ML

Perkembangan perangkat IoT yang pesat terkadang tak disertai dengan kewaspadaan. Pengetahuan yang kurang akan keamanan membuat pengguna memakai perangkat IoT di jaringan yang tidak aman. ML pada Palo Alto Networks IoT Security menghadirkan visibilitas menyeluruh, termasuk ke perangkat terkini. Solusi tersebut akan mendeteksi anomali dan celah-celah keamanan kemudian merekomendasikan kebijakan yang tepat. Hal ini dilakukan tanpa menggunakan sensor atau infrastruktur tambahan.

4.    ML-Based Security Policy

sumber: Palo Alto Networks
Analisis data telemetri dalam jumlah yang sangat banyak dilakukan ML lalu merekomendasikan kebijakan untuk diterapkan lebih lanjut. PAN-OS 10.0 dan IoT Security memudahkan memantau dan menerapkan rekomendasi kebijakan IoT Security untuk mempertimbangkan perilaku perangkat yang aman. Langkah tersebut lebih menghemat waktu dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan pengguna, serta mendukung perlindungan keamanan perangkat IoT.
sumber: Palo Alto Networks
Keempat fitur pokok tersebut memungkinkan Palo Alto Networks ML-Powered NGFW mendukung perlindungan terhadap 95% malware. Pemberian rekomendasi secara otomatis untuk menerapkan kebijakan keamanan yang tepat pun bisa menghemat waktu dan meminimalkan terjadinya kesalahan pengguna. Solusi ini dapat beradapatasi dan menghadirkan proteksi secara real-time. PAN-OS 10.0 tidak membutuhkan sensor-sensor tambahan untuk meningkatkan visibilitas dan keamanan seluruh perangkat, termasuk perangkat-perangkat IoT yang tak dikelola langsung.

sumber: Palo Alto Networks
Palo Alto Networks juga memperkenalkan CN-Series yang merupakan NGFW pertama untuk Kubernetes. CN-Series ini merupakan versi yang dikontainerkan dari ML-Powered NGFW yang dirancang khusus untuk lingkungan Kubernetes. Solusi ini menyajikan lebih dari 70 kapabilitas baru yang inovatif. Beberapa di antaranya mencakup Data Processing Card (DPC) yang terbaru, DNS Security, high-availability clustering, kemudahan dekripsi trafik SSL/TLS, dan pencegahan ancaman atau threat.
sumber: Palo Alto Networks
PAN-OS 10.0 akan tersedia pada pertengahan Juli 2020 di semua pelanggan Palo Alto Networks. Informasi lebih lanjut mengenai PAN-OS versi 10.0 dan fitur-fiturnya dapat disimak di tautan ini. Selain itu tersedia juga event virtual yang digelar pada 23 Juni 2020 pukul 10.00 WIB. Bagi yang berminat dapat mendaftar di https://start.paloaltonetworks.com/intelligent-network-security.html.
Share:

Follow by Email