Review UFO MAX MV007, MiFi 4G LTE untuk Semua Operator Review UFO MAX MV007, MiFi 4G LTE untuk Semua Operator ~ Teknogav.com

Review UFO MAX MV007, MiFi 4G LTE untuk Semua Operator


Teknogav.com – UFO MAX MV007 adalah modem WiFi 4G LTE Cat4 yang dirilis PT. Sentra Solusi Teknologi. Modem ini dijual secara open market atau non-bundling operator, sehingga bisa digunakan memakai seluruh operator telekomunikasi di Indonesia. Sebelumnya PT. Sentra Sentra Solusi Teknologi memproduksi dua modem WiFi dengan skema rebranding bersama operator telekomunikasi XL Axiata dan Bolt! Masing-masing produk tersebut adalah XL Go MV003 dan Juno, sudah tak asing lagi bukan? Nah, kini mari simak review UFO MAX MV007.

Kemampuan modem ini untuk menggunakan berbagai operator karena memang mendukung berbagai frekuensi, yaitu 3G (B1/3/8) dan 4G LTE Cat4 (B1/3/5/8/40). Modem ini menggunakan chipset Qualcomm 9207, yang performanya tidak perlu diragukan lagi baik untuk kecepatan, stabilitas dan ketahan baterai. Baterai modem ini sendiri memiliki kapasitas 3000 mAh.

Fitur-fitur MiFi UFO MAX MV007

MiFi UFO MAX merupakan modem WiFi 4G LTE yang mengadopsi teknologi LTE Cat4 dengan kecepatan internet hingga 150 Mbps. Selain itu tersedia juga fitur Wireless Storage untuk berbagi file melalui WiFi. Penyimpanan file untuk berbagi ini dilakukan pada Micro SD dengan kapasitas sampai 32 GB yang dipasang pada MiFi UFO MAX. Modem ini juga dilengkapi layar LCD berwarna berukuran 1,44 inci yang digunakan untuk mengetahui kekuatan jaringan, baterai dan informasi lainnya.

Perangkat MiFi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan komunikasi para pengguna, baik dalam keseharian maupun dalam menunjang produktivitas mereka. Modem ini sangat cocok untuk para pekerja yang Work from Home ataupun pelajar yang beraktivitas School from Home. Apalagi bagi mereka yang terkendala belum adanya jaringan internet kabel atau serat optik yang masuk ke tempat tinggalnya.

Seperti telah disinggung sebelumnya, MiFi ini bisa digunakan dengan berbagai operator, termasuk jaringan 4G LTE Cat4 mana pun. Hal ini membebaskan pengguna untuk memilih operator yang memiliki jaringan bagus di daerahnya. Pilihan paket yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Sama sekali tak ada penguncian perangkat atau persyaratan tertentu.

Harga dan Unboxing

kotak MV007 (Mada/teknogav.com)
kotak MV007 (Mada/teknogav.com)

MiFi UFO MAX ditawarkan dengan harga resmi Rp599 ribu (termasuk PPN). Pembelian modem bisa dilakuakn di marketplace Sentra Ponsel yang merupakan distributor resmi penjualan Modem WiFi UFO MAX MV007. Selain itu tersedia juga di beberapa toko gadget online lainnya. Kami pun membeli produk yang kami uji coba ini di Sentra Ponsel.

isi kotak MV007 (Mada/teknogav.com)

Ketika kotak dibuka, isinya terdiri dari unit Modem MiFi, baterai, kabel data, buku panduan penggunaan dan kartu garansi.  Setelah melakukan unboxing dan menyematkan kartu Smartfren, unit ini dapat langsung aktif tanpa harus melakukan pengaturan (Plug and Play). Pada paket penjualannya tidak termasuk Kartu Perdana Operator.

Slot SIM card dan micro SD di MV007 (Mada/teknogav.com)
 

Pengaturan dengan Aplikasi Movimax

Kami melakukan uji coba MiFi UFO MAX ini menggunakan aplikasi Movimax yang berfungsi untuk melakukan pengaturan perangkat MiFi. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store yang juga menampilkan nama developer aplikasi, yaitu We-wins. Personalisasi nama SSID dan kata sandi pun bisa dilakukan melalui aplikasi ini.
Tampilan Aplikasi Movimax (Mada/teknogav.com)

We-wins adalah original design manufacturer (ODM) dari perangkat MiFi UFO MAX dan beberapa MiFi Andromax, yaitu M2Y, M3Y dan M3Z. Ketiga perangkat MiFi Andromax tersebut sukses dirilis Smartfren beberapa tahun silam. Ini berarti modem WiFi UFO MAX diproduksi oleh ODM yang produk-produknya sudah terbukti kinerja dan kualitasnya.

Tes Baterai, Wireless Storage dan Kecepatan

Uji coba modem MiFi UFO MAX ini dilakukan dengan menghubungkan dua perangkat smartphone dan satu tablet. Hasilnya modem tersebut bisa bertahan lebih dari 10 jam penggunaan. Pengisian daya modem ini dari kondisi kosong sampai kembali penuh membutuhkan waktu sekitar empat jam.
Uji Coba Wireless Storage dengan Movimax (Mada/teknogav.com)

Ketika uji coba berbagi file melalui Wireless Storage, kami melepaskan kartu SIM untuk memastikan fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet. Proses menyimpan file foto, musik, video dan dokumen ke dalam Micro SD, serta pengunduhan file-file ke perangkat lain berjalan sukses. Semua dilakukan dengan aplikasi Movimax yang sangat mudah digunakan.
Perbandingan MV007 dengan Huawei E5577 (Mada/teknogav.com)

Kami pun melakukan perbandingan Speedtest antara MiFi UFO MAX dan Huawei E5577 dengan operator yang sama. Hasil Speedtest tersebut menunjukkan bahwa performa kecepatan UFO MAX lebih baik dan stabil.
Uji Speedtest (Mada/teknogav.com)

Spesifikasi Modem WiFi UFO MAX MV007

  • Desain layar LCD terbaru 1,44 inci
  • Chipset Qualcomm MDM9207 membuat koneksi lebih stabil dan hemat daya
  • Dimensi: Diameter 80 mm, Tebal 18,7 mm
  • Berat: 122 gram
  • Slot Sim Card: Micro SIM
  • Frekuensi Jaringan:
    • 3G: Band 1/3/8
    • 4G: Band 1/3/5/8/40
  • Bisa terkoneksi dengan 31 perangkat
  • WiFi 802.11/b/g/n 2.4 GHz (PC, Laptop, Tablet/Smartphone/Smart TV)
  • Kapasitas baterai 3000 mAh tahan hingga 10 jam pemakaian
  • Port charger dan data menggunakan Micro USB
  • Charger adapter tidak termasuk dalam paket penjualan
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email