Tingkatkan Customer Experience dan Cegah Fraud, BCA Gunakan Platform Cloudera Tingkatkan Customer Experience dan Cegah Fraud, BCA Gunakan Platform Cloudera ~ Teknogav.com

Tingkatkan Customer Experience dan Cegah Fraud, BCA Gunakan Platform Cloudera


Teknogav.com — Bank Central Asia (BCA) tingkatkan kemampuan analisis data nasabah menggunakan platform Cloudera. Hal ini sesuai kultur BCA yang fokus pada kebutuhan nasabah. Cloudera memungkinkan perusahaan perbankan tersebut untuk berinovasi dalam meningkatkan customer experience dan mencegah fraud.

Fokus BCA terletak pada transasksi perbankan, penyediaan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi nasabah individu dan korporasi. Puluhan juta transaksi ditangani BCA setiap hari, sehingga membutuhkan waktu berhari-hari untuk menganalisis semua transaksi menggunakan platform pengolahan data sebelumnya. Bank pun sulit mendapatkan keakuratan profil nasabah secara tepat waktu.

Cloudera digunakan BCA sebagai platform big data dan machine learning, sehingga dapat mengolah seluruh data, baik terstruktur maupun tak terstruktur. Data tersebut bisa berasal dari call center, email dan media sosial. Proses query data pun dapat dipersingkat dari beberapa hari menjadi beberapa jam, bahkan beberapa menit saja. Berkat Cloudera, unit bisnis bisa mendapat gambaran menyeluruh tentang nasabah. Informasi penting yang bisa didapat secara real-time tersebut pun bisa dipakai untuk pertimbangan menawarkan produk sesuai profil nasabah.

Platform Cloudera juga dapat digunakan untuk otomatisasi proses menggunakan model machine learning. Akses data nasabah pun bisa dilindungi dari penyalahgunaan, sehingga Cloudera juga memperkuat keamanan data. Bank dapat menjalankan sistem deteksi fraud untuk mendeteksi anomali pada pola transaksi.

“Prioritas utama bisnis kami adalah memahami kebutuhan nasabah. Cloudera telah menjadi bagian dari solusi kami untuk meberdayakan data dalam mendukung penawaran berbagai produk dan layanan perbankan yang inovatif. Hal ini sejalan dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang. Kemampuan ini berdampak positif pada peningkatan kepuasan dan loyalitas nasabah,” ucap Dirgo Vanto, Head of Data Management, PT. Bank Central Asia.

Selama beberapa tahun terakhir ini BCA telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai Bank Terbaik di Indonesia versi Euromoney. Sementara itu FinanceAsia menobatkan BCA sebagai Bank Terbaik di Asia. Cloudera akan mendukung BCA menerapkan hybrid cloud untuk mendukung digital banking dan contactless banking di Indonesia.

“Kebutuhan nasabah terus berkembang, sehingga bank harus terus melakukan inovasi produk dan layanan yang berkelanjutan untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Platform Cloudera dapat membantu perbankan di Indonesia mencapai hal tersebut dengan memungkinkan menggunakan analisis multifungsi seperti penggunaan machine learning. Teknologi ini memungkinkan untuk mengubah data kompleks menjadi informasi penting yang jals dan bisa ditindaklanjuti,” ucap Remus Lim, Managing Director of ASEAN and India, Cloudera.

Semua informasi penting yang disajikan secara tepat waktu bisa dipakai untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung model-model bisnis baru. Hubungan dengan nasabah pun dapat dipererat, sehingga perbankan dapat memberikan pengalaman nasabah yang memuaskan sehingga meningkatkan daya saing.
Share:

Artikel Terkini