Tips Manfaatkan Peluang dan Passion dari Awkarin Tips Manfaatkan Peluang dan Passion dari Awkarin ~ Teknogav.com

Tips Manfaatkan Peluang dan Passion dari Awkarin


Teknogav.com – Karin Novilda atau yang biasa dikenal sebagai Awkarin berbagi pengalaman dan tips pada sesi POWER UP Talks yang digelar Smartfren. Acara ini ditayangkan secara live pada Rabu, 8 Juli 2020 di akun YouTube Smartfren. Awkarin menceritakan pengalamannya dalam mengenali jati diri dan passion sampai akhirnya memanfaatkan peluang di dunia bisnis.

Nama Awkarin mulai dikenal tahun 2013, sejak meraih prestasi sebagai peraih nilai Ujian Nasional tertinggi nomor 3 di kepulauan Riau. Keluarga Karin pun menyarankan untuk melanjutkan kuliah kedokteran, tetapi dia merasa passion yang dimiliki berbeda. Hobi mengunggah foto di media sosial membuatnya sangat populer. Akun Instagram Awkarin pun mencapai lebih dari lima juta pengikut. Lalu dia memanfaatkan popularitasnya tersebut menjadi bisnis dengan berbekal kemampuan mengasah kemampuan diri.

Passion pada seni lukis menginspirasinya untuk melanjutkan belajar di sekolah bisnis fashion. Kepopulerannya tak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan pribadi saja, namun juga untuk mengkampanyekan aksi kemanusiaan. Aksi tersebut dilakukan mulai dari menjadi relawan saat gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Dia pun terlibat dalam pemadaman kebakaran hutan di Kalimantan.
Karin Novilda, selebgram influencer
Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan Karin dari pengalamannya mengembangkan diri dan mengikuti passion.
  1. Pendidikan itu penting
    Saat ini anak muda yang memiliki passion membuat konten dan bercita-cita menjadi influencer media sosial atau vlogger memutuskan berhenti sekolah. Karin merasa sekolah tetap penting, karena pendidikan yang bagus memungkinkan untuk berkontribusi lebih baik bagi masyarakat. Jika ketenaran tidak dipadukan dengan pendidikan, hanya akan berujung pada viral yang tidak jelas. Kemampuan untuk mengelola dan mengarahkan ketenaran pun tak ada. Baginya perpaduan ketenaran dan pendidikan yang  bagus dapat menyumbangkan sesuatu yang baik bagi komunitas.

  2. Konversi kekurangan menjadi peluang
    Mengenali diri sendiri merupakan langkah yang penting untuk mengenali kekurangna dan passion. Kemudian kenali kekurangan yang berpotensi dikembangkan menjadi peluang, dan selalu tekun menjalani passion. Jika dikritik, jangan lantas putus asa, sebaiknya gunakan kritik yang membangun untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. Sedangkan untuk kritik yang tak membangun, sebaiknya diabaikan.

    “Dulu saya mau pesan makanan di restoran saja sampai minta tolong mama karena terlalu awkward. Akhirnya saya coba bicara dengan diri saya sendiri di cermin, mencoba mengenali diri sendiri terlihat seperti apa ketika bicara. Lalu latihan terus sampai bisa lebih lancar bicara. Practice make perfect. Pada akhirnya kita harus banyak latihan untuk bisa semakin baik, supaya kekurangan bisa menjadi peluang,” ucap Karin.

  3. Konsisten menjalani passion
    Mewujudkan mimpi dengan menjalani mimpi tak bisa instan, melainkan perjalanan panjang yang harus ditempuh perlahan dan konsisten. Tentukan visi dan misi dalam hidup, lalu susun cara untuk menjalani dan mencapainya. Semua dapat dilakukan langkah demi langkah, tak ada kata terlambat. Hal yang penting adalah tahu apa yang dimau dan konsiten mencapainya.
Konten digital buatan Awkarin berhasil mengajak ke arah kebaikan dan berdampak besar bagi masyarakat. Kisah Karin merepresentasikan visi mengenai mimpi, kerja keras, passion dan keberanian membuka peluang. Visi tersebut memberikan visi bagi Smartfren untuk menciptakan Exclusive Membership Plan POWER UP. Keanggotaan tersebut pun diperkenalkan ke publik bersama Karin yang merupakan salah satu POWER UP Muse untuk POWER UP. 

Sesi POWER UP Talk sebelumnya menghadirkan Arief Muhammad yang dikenal juga dengan akun Twitter @Poconggg. Arief memberikan tips untuk sukses menjadi content creator dan entrepreneur. Berikut in adalah sesi POWER UP Talk “Mengubah Keterbatasan Jadi Kekuatan” bersama Karin Novilda. 

Pendaftaran menjadi anggota POWER UP dapat dilakukan di www.smartfren.com/powerup atau di aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store ataupun Google Play Store. Setelah mendaftar dan membayar, maka kartu perdana akan dikirim langsung ke alamat pelanggan. Informasi mengenai keanggotaan ini dapat dilihat langsung dari tautan ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email