Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6 Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6 ~ Teknogav.com

Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6

Teknogav.com – Canon EOS R5 dan EOS R6 merupakan kamera mirrorless full-frame terkini di jajaran EOS R.  Kedua kamera ini dirancang khusus untuk menyajikan pengalaman luar biasa bagi para fotografer dan videografer. Fitur-fiturnya mencakup prosesor gambar DIGIC X, sistem AF terkini, teknologi 5-axis in-body IS, dan kecepatan continuous shooting sampai 20 fps. Perpaduan fitur-fitur tersebut siap menyajikan kinerja dan gambar berkualitas tinggi.“Kami percaya kehadiran Canon EOS R5 dan EOS R6 akan membuka ruang kreativitas baru bagi para pencinta fotografi dan videografi. Canon EOS R5 adalah kamera mirrorless full-frame Canon pertama yang dapat merekam video dengan kualitas 8K. Pengguna pun dapat lebih leluasa berkreativitas menghasilkan karya terbaik mereka,” ucap Merry Harun, Canon Business Unit Director, pt. Datascrip.

Kinerja Prosesor dan Sensor yang Luar Biasa

Seperti telah disinggung sebelumnya, Canon EOS R5 dan EOS R6 menggunakan prosesor DIGIC X yang merupakan prosesor gambar generasi terbaru. Prosesor ini juga digunakan pada kamera DSLR flagship Canon EOS-1DX Mark III.  Kemampuan prosesor dalam mengurangi noise yang lebih baik memungkinkan EOS R5 dapat memotret sampai ISO 51.200  yang ditingkatkan sampai 102.400.
Canon EOS R5
Canon EOS R5 dapat menghasilkan karya visual dalam format cetakan besar berkat sensor CMOS full-frame 45 MP yang mendekati resolusi kamera medium format. EOS R6 menggunakan CMOS full-frame 20 MP yang bisa memotret sampai 102.300 dan bisa ditingkatkan sampai 204.800.

Electronic Shutter di EOS R5 dan EOS R6 dapat memotret pada mode continuous shooting hingga 20 fps pada resolusi penuh. Pemotretan ini bahkan bisa dilakukan dalam kondisi AutoFocus (AF) dan Auto Exposure (AE) yang aktif. Teknologi electronic shutter tersebut sangat mendukung pemotretan objek dengan gerakan cepat seperti fotografi olahraga atau satwa liar. Berkat teknologi tersebut, kedua kamera ini menjadi kamera mirrorless-full frame tercepat di kelasnya.

Teknologi Dual Pixels CMOS AF II – Face and Animal Detection AF

Selama bertahun-tahun, kamera digital Canon mengandalkan teknologi Dual Pixel CMOS AF berkecepatan tinggi dan presisi tinggi. Teknologi ini makin disempurnakan pada EOS R5 dan EOS R6, namanya pun menjadi Dual Pixel CMOS AF II. Kecepatan autofokus kedua kamera pun meningkat signifikan berkat perpaduan fitur Dual Pixel CMOS AF II dengan kecepatan prosesor DIGIC X.

Teknologi Face Detection dan Eye Detection AF pun sudah dibekali pada kamera EOS R5 dan EOS R6. Sebelumnya teknologi ini digunakan pada EOS R dan EOS RP. Mode AF Priority pada EOS R5 dan EOS R6 memungkinkan untuk memilih prioritas fokus pada manusia atau hewan. Ini dapat dilakukan berkat perpaduan teknologi Face Detection, Eye Detection AF dan CMOS AF II. Tak hanya mampu mengenali tubuh, Autofocus juga mengenali kepala dan mata subjek sehingga cocok untuk fotografi olahraga atau satwa liar yang membutuhkan kecepatan fokus maksimal.
Canon EOS R5
Jangkauan AF pun diperluas sampai mencakup seluruh permukaan sensor, 100% vertikal dan 100% horisontal. Kemampuan ini menyediakan titik fokus pada bagiam mana pun di layar, sehingga mempermudah dan mempercepat pencarian fokus pada subjek. Kini ada 1.053 titik AF pada mode otomatis kedua kamera, atau meningkat tujuh kali lipat dibandingkan seri EOS R. Pada EOS R5, ada 5.940 titik posisi AF yang bisa dipilih secara manual, sedangkan pada EOS R6 ada 6.072 titik.

Ketika berada di kondisi gelap, momen penting tak akan terlewatkan berkat deteksi AF yang sampai EV -6 pada EOS R5. Pada EOS R6 bahkan kemampuan deteksi AF ini sampai EV -6,5. Padahal mata manusia saja sudah sulit melihat di tingkat kegelapan tersebut.

Stabilisasi Gambar Pada Canon EOS R5 dan R6

Perpaduan teknologi 5-axis in-body image stabilizer (in-body IS) dengan algoritma baru DIGIC X, pembacaan data sinyal gyro dapat cepat dilakukan. Proses ini menghasilkan efek stabilisasi gambar yang lebih tinggi. Kinerja stabilisasi gambar bahkan bisa mengompensasi kecepatan rana sampai 8-stop ketika dipasang kamera berteknologi Optical Image Stabilizer (Optical IS).

Desain dan Media Penyimpanan

Rangka Canon EOS R5 dan EOS R6 dibuat menggunakan magnesium alloy dengan bentuk yang ringkas dan bodi yang ringan. Desain kamera ini dirancang untuk tahan debu dan cipratan air. Kendati ringkas, kedua kamera ini disertai dengan dua slot kartu memori untuk membuat ruang penyimpanan di kamera lebih lapang.

Pada Canon EOS R5 terdapat slot untuk kartu CFexpress dan kartu SD. Kartu CFexpress mendukung transfer data berkecepatan tinggi, sehingga kamera dapat memotret foto 45 Mp terus menerus dengan kecepatan 20 fps. Hasil perekaman video 8K RAW pun mampu ditampung kartu memori eksternal tersebut tanpa membutuhkan perangkat perekam tambahan. Sementara pada Canon EOS R6, kedua slot kartu tersebut mendukung kartu memori SD.
Canon EOS R6
Tirai rana pada kamera dapat dikonfigurasikan untuk tetap terbuka atau menutup demi mencegah debu memasuki ruang sensor saat mengganti lensa. Daya tahan EOS R5 adalah sebanyak 500 ribu cycles shutter atau setara EOS 1D X Mark III. Sedangkan daya tahan EOS R6 sampai 300 ribu cycles shutter.

Pada bagian atas EOS R5 terdapat panel LCD sentuh vari-angle, sedangkan EOS R6 dilengkapi mode dial. Electronic Viewfinder (EVF) pada EOS R5 berukuran 0,5 inci dan resolusi tinggi dengan 5,76 juta titik. Sedangkan EOS R6 memiliki EVF dengan 3,69 juta titik. Kedua kamera tersebut memiliki multi-controller dan quick control dial yang populer dan tersedia pada seri EOS 5D. Fitur-fitur tersebut memudahkan pemilihan titik AF dan pengubahan pengaturan yang lebih cepat.

Konektivitas

Port HDMI yang tersedia pada kedua kamera dapat digunakan untuk memasang monitor dan perekam eksternal. Perekaman dapat dilakukan sampai 4K 60 fps dengan kualitas 10 bit, 4:2:2. Kedua kamera juga mempunyai fitur PQ dan Canon log untuk pemotretan HDR dan perekaman konten HDR secara fleksibel.

Tak perlu aksesori tambahan untuk bisa terhubung melalui koneksi nirkabel LAN 2,4 GHz. Konektivitas tersebut mendukung pentransferan data gambar dari kamera ke perangkat pintar, PC atau bahkan ke server FTP/FTPS. Ketika dibutuhkan kecepatan lebih cepat atau SFTP dengan LAN yang aman, maka bisa memasang WFT-R10 yang tersedia secara opsional.
Canon EOS R6
Konektivitas nirkabel lainnya adalah Bluetooth Low Energy (BLE) yang dapat bekerja sepenuhnya dengan platform image.canon cloud. Kamera bisa otomatis mengunggah file foto dan video sekaligus menyimpannya di image.canon cloud setelah dikonfigurasi dengan koneksi Wi-Fi. Penyimpanan pada Image.canon cloud ini berlaku sampai 30 hari tanpa batasan jumlah dan ukuran foto atau video yang diunggah. Berbagai jenis file dapat disimpan pada penyimpanan awan tersebut, termasuk file RAW dan video 8K.

Image.canon juga bisa dikonfigurasi untuk dapat mentransfer data foto asli ke berbagai platform cloud secara otomatis. Beberapa platform cloud tersebut mencakup Adobe Creative Cloud, Google Drive atau Google Photos.

Kualitas Perekaman Video

Dukungan kartu CFexpress memungkinkan prosesor DIGIC X pada Canon EOS R5 merekam video beresolusi 8K tanpa crop pada 30 fps. Format 8K memberikan keleluasaan saat proses pascaproduksi, termasuk untuk membuat video 4K dengan berbagai efek seperti zoom dan panning. EOS R5 juga memungkinkan untuk merekam video 8K RAW secara internal tanpa tambahan memori eksternal. Perekaman video 4K pada mode 120 fps bisa memberikan efek slow motion yang halus dengan kualitas tinggi.

Pada EOS R6, fitur perekaman video 4K sampai 60 fps. Kamera ini juga memiliki fitur slow motion pada 120 fps dalam Full HD tanpa crop. Kedua kamera mendukung berbagai format file video, termasuk RAW, H.265 HEVC dan H.264 MP4.

Pengambilan gambar foto dan video pun bisa lebih lama berkat baterai LP-E6NH yang kapasitasnya lebih tinggi dari baterai LP-E6N. Kendati demikian, kedua kamera tetap kompatibel dengan baterai LP-E6N dan LP-E6.

Harga

Pemasaran Canon EOS R5 dan EOS R6 dilakukan oleh pt. Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia. Kedua produk tersebut dijual dalam beberapa pilihan yang mencakup pilihan atau paket yang sudah disertai dengan lensa. Berikut ini adalah daftar harga yang dibanderol pada kedua produk tersebut:
Canon EOS R5 Body Only 
Rp69.883.000
Canon EOS R5 with lens 24-105mm L IS USM
Rp88.648.000
Canon EOS R6 Body Only 
Rp47.883.000
Canon EOS R6 with lens 24-105mm L IS USM
Rp67.036.000
Canon EOS R6 with lens 24-105mm IS STM
Rp54.353.000
Share:

Artikel Terkini