FUJIFILM Luncurkan Lensa Wide Angle Prime Baru untuk Seri GFX FUJIFILM Luncurkan Lensa Wide Angle Prime Baru untuk Seri GFX ~ Teknogav.com

FUJIFILM Luncurkan Lensa Wide Angle Prime Baru untuk Seri GFX

Teknogav.com - Tepat akhir Juni 2020 lalu, PT. FUJIFILM Indonesia mengumumkan kehadiran lensa Wide Angle Prime “FUJINON GF30mmF3.5 R WR” dan update firmware untuk seri kamera GFX. Lensa GF30mmF3.5 R WR ini merupakan lensa premium interchangeable untuk kamera seri GFX. Seri GFX adalah kamera mirrorless medium format FUJIFILM yang memiliki sensor 55 mm diagonal (43,8 mm x 32,9 mm). Medium format disebut juga dengan large format, karena sensornya 70% lebih besar sekitar 1,7 kali lipat sensor full-frame 35 mm.

Lensa GF30mmF3.5 R WR yang baru diluncurkan FUJIFILM ini merupakan lensa premium interchangeable dengan lensa Wide Prime (sudut lebar). Focal length pada lensa sudut lebar tersebut setara dengan 24 mm (dalam format film 35 mm).

FUJINON GF30mmF3.5 R WR (sumber: https://www.fujifilm.com/)
Teknologi optik canggih FUJIFILM dan portabilitas yang sangat ringkas, menjadikan desain GF30mmF3.5 R WR tahan cuaca, tahan debu dan kelembaban. Lensa ini bahkan dapat digunakan pada suhu serendah -10° C. Berbagai keunggulan tersebut menjadikan lensa GF30mmF3.5 R WR mendukung berbagai gaya pemotretan. Hasil fotonya pun menyajikan detail yang kompatibel dengan sensor 100 MP.

Penggunaan sistem internal fokus memungkinkan proses autofokus (AF) yang cepat dan senyap, serta meminimalkan fokus hingga hanya 0,05%. Kelebihan ini menjadikannya lensa videografi yang hebat.

Bobot lensa ini hanya 510 gram dan ukuran 99,4 mm dengan diameter maksimum 84 mm. Pada spesifikasi lensa terdapat dua elemen asferis dan dua elemen ED berkinerja tinggi untuk mengontrol berbagai penyimpangan. Pengendalian penyimpangan tersebut terutama pada distorsi yang cenderung muncul pada lensa wide angle (sudut lebar).

Jika dipasangkan pada GFX100, lensa ini mampu menghasilkan detail yang mengesankan dengan kompatibilitas dengan sensor 100MP. Hal ini memungkinkan fotografer untuk menangkap suasana setiap adegan sesuai dengan rasa realitas. Tingkat detail ini memberikan kejernihan yang ditingkatkan untuk lanskap, arsitektur, serta foto saat bepergian.

Sampai artikel ini ditulis, FUJIFILM Indonesia belum memberikan konfirmasi untuk harga lensa GF30mmF3.5 R WR. Berikut beberapa hasil foto yang kami dapatkan dari X-Photographer bernama Jonas Rask.
(Sumber: Jonas Rask)
(Sumber: Jonas Rask)
(Sumber: Jonas Rask)
(Sumber: Jonas Rask)
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email