Solusi Hybrid AIR dan Interleaved AIR Ericsson Siap Tingkatkan 5G Solusi Hybrid AIR dan Interleaved AIR Ericsson Siap Tingkatkan 5G ~ Teknogav.com

Solusi Hybrid AIR dan Interleaved AIR Ericsson Siap Tingkatkan 5G


Teknogav.com - Ericsson memperkenalkan dua solusi antenna-integrated radio (AIR) terkini, yaitu Hybrid Air dan Interleaved AIR sebagai portofolio dari Ericsson Radio System. Solusi ini memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk mengimplementasikan jaringan 5G di pita frekuensi sedang. Implementasi tersebut dapat dilakukan lebih cepat dan skala lebih luas tanpa perlu menambah footprint atau ruang fisik di lokasi jaringan.

Keterbatasan ruang fisik di beberapa menara BTS merupakan tantangan yang dihadapi penyedia layanan komunikasi yang ingin memperluas jaringan dengan 5G. Solusi AIR dapat mengatasi tantangan tersebut dan memungkinkan untuk mengelola lokasi dan menara BTS makro yang makin kompleks. Footprint dan biaya optimasi jaringan pun bisa dikurangi.

Pada beberapa lokasi jaringan, ukuran perangkat merupakan hal yang penting. Penyedia layanan komunikasi global memiliki keterbatasan dalam menambah ruang fisik yang sudah dipenuhi peralatan jaringan. Keharusan untuk tetap bisa menyajikan kinerja prima bagi pelanggan harus bisa diatasi dengan solusi yang sesuai dengan ketersediaan ruang.

Solusi Hybrid AIR dan Interleaved AIR memungkinkan penyedia layanan komunikasi memberikan manfaat 5G Massive MIMO dengan cepat bagi pelanggannya. Pengimplementasian solusi AIR dengan teknologi Massive MIMO dapat menyediakan jaringan 5G di pita frekuensi sedang. Implementasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan dalam skala lebih besar.


Integrasi Solusi AIR dengan Kathrein Mobile Communication

Hybrid AIR dan Interleaved AIR dapat mengaktifkan 5G di frekuensi sedang dengan teknologi antena Kathrein Mobile Communication. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan antenna-integrated radio dengan teknologi antena multiband passive pada satu bidang fisik perangkat.

“Peluncuran solusi AIR juga menunjukkan efektivitas produk Kathrein Mobile Communication. Ini adalah penyedia teknologi antena dan filter terkemuka yang telah diakuisisi Ericsson pada Oktober 2019. Kathrein Mobile Communication terintegrasi penuh dalam Ericsson Radio System kami,” ucap Per Narvinger, Head of Product Area Networks, Ericsson.

Para ahli Erivsson melakukan simulasi yang menunjukkan peningkatan kapasitas pita dengan peningkatan ke Hybrid AIR atau Interleaved AIR. Jika dibandingkan dengan kapasitas yang disajikank antena multiband, maka kapasitas dengan Hybrid Air atau Interleaved AIR lebih besar tujuh kali. Peningkatan dihasilkan efisiensi spektral Frequency Division Duplex (FDD) yang ditingkatkan, pita FDD baru dan tambahan Massive MIMO di bandwidth sedang. Kapasitas 4G pun mengalami peningkatan berkat Solusi AIR baru.

Kemitraan dengan Swisscom dan Vodafone

Ericsson telah lama bekerja dengan Swisscom dan Vodafone Group untuk mengembangkan solusi AIR. Swisscom merupakan penyedia teknologi 5G pertama di Eropa dengan sudah menjangkau 90% penduduk di akhir tahun 2019.

“Kerja sama erat dengan Ericsson dan penerapan Hybrid AIR membantu kami meraih pencapaian. Kami sekarang menyediakan kapasitas pita frekuensi sedang yang luas, dengan memanfaatkan ruang yang sudah ada dan meminimalkan jejak tambahan. Usaha dan inovasi terus kami lakukan untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan 5G kami,” ucap Daniel Staub, Head of Mobile, Swisscom.

Vodafone bekerja sama dengan Ericsson untuk merancang platform antena Interleaved AIR. Platform ini menjadi pendorong utama peluncuran 5G di pita frekuensi sedang dengan mendukung pita lama menggunakan antena aktif 5G baru. Produk ringkas tersebut menghemat ruang dan menyederhanakan prasarana di lokasi jaringan seluler dan mengurangi biaya kepemilikan. Hal tersebut dijelaskan oleh Francisco Martin, Head of Radio Products, Vodafone Group.
Share:

Artikel Terkini