MediaTek MT3729, Chipset Data Center dan Infrastruktur 5G Hemat Daya MediaTek MT3729, Chipset Data Center dan Infrastruktur 5G Hemat Daya ~ Teknogav.com

MediaTek MT3729, Chipset Data Center dan Infrastruktur 5G Hemat Daya

Teknogav.com - MediaTek baru-baru ini memperkenalkan MT3729, MACsec retimer PHY 800GbE (400GbE port gand). Chipset ini ditujukan untuk data center dan infrastruktur 5G yang dirancang untuk kecepatan transmisi data ultra-cepat dan konsumsi daya ultra-rendah. Kebutuhan keamanan yang ultra ketat pun dapat dipenuhi oleh chipset ini.

Teknologi 56G PAM4 SerDes andalan MediaTek pun digunakan pada lini MT3729. Standar spesifik-aplikasi standalone (ASSP - standalone application-specific standard part) sudah dipenuhi teknologi tersebut. Penyedia layanan bisa melengkapi infrastruktur jaringan modernnya dengan kecepatan tinggi, keandalan dan transfer data yang aman menggunakan chipset ini.

Lini produk MT3729 ideal untuk line card atau switch fabric untuk membangun server, switch dan router jaringan multi-terabit. Jajaran produk ini dapat menyajikan koneksi data berkecepatan tinggi yang aman. Lini ini juga menyediakan fitur-fitur time-stamping precision time protocol (PTP) Class-C yang sangat akurat dan fitur-fitur enkripsi tingkat lanjut.

“MediaTek menjawab kebutuhan yang semakin tinggi akan infrastruktur jaringan generasi lanjutan pada bandwidth tinggi, daya ultra-rendah dan keamanan yang kokoh. Kami mengumumkan lini produk MT3729 800Gbe MACsec PHY generasi pertama melanjutkan teknologi 56G PAM4 SerDes yang pertama di industri. Lini produk MT3729 kami menggunakan enkripsi berbasis MACsec tercanggih di industri untuk keamanan komunikasi. Selain itu juga terdapat timestamping PTP yang sangat akurat untuk ketepatan waktu yang lebih baik. Semua fitur-fitur tersebut diperlukan infrastruktur backhaul nirkabel 5G,” ucap Jerry Yu, Corporate Senior Vice President, MediaTek.

Lini produk MT3729 memiliki empat modus operasi yang berbeda, yaitu:

  • Modus Retimer: Teknologi penguatan sinyal tertanam yang memperpanjang jarak koneksi dan transmisi SerDes ke edge untuk timestamping yang lebih tepat.
  • Modus Gearbox Maju/Mundur: Dukungan translasi bit rate antara 56G dan 28G yang memampukan switch-switch generasi lanjutan mudah terhubung dengan infrastruktur yang sudah ada.
  • Modus MUX/DeMUX: Perpindahan MUX dan broadcast hitless menjawab persyaratan redundansi jaringan.
  • Modus MACsec: Dukungan MACsec IEEE 802.1AE untuk keamanan komunikasi dengan enkripsi AES-128 dan AES 256 dari 1G sampai 400G per port.

Dukungan yang tersedia pada lini produk MT3729 mencakup:
  • Sampai 16 sambungan di bi-directional 56G PAM4
  • Sampai 28G NRZ SerDes dan 1G SGMII
  • IEEE 1588v2 dan SyncE sampai class-C untuk akurasi lebih tinggi dan lebih fleksibel dengan format-format timestamping. Dukungan ini diberikan karena jaringan-jaringan 5G mensyaratkan sinkronisasi timing yang lebih ketat
Sampai akhir tahun 2020, diperkirakan kebutuhan data center untuk jaringan 400GbE dan di atasnya akan tumbuh tinggi. Para analis industri memprediksi pengiriman sampai tahun 2024 akan melampau 25%. Kini lini produk MediaTek MT3729 sudah tersedia, dengan produk-produk pertama sedang dalam pengembangan.
Share:

Follow by Email