Dibanderol Rp4 Jutaan, Ini Desain dan Keunggulan Kamera OPPO Reno4 Dibanderol Rp4 Jutaan, Ini Desain dan Keunggulan Kamera OPPO Reno4 ~ Teknogav.com

Dibanderol Rp4 Jutaan, Ini Desain dan Keunggulan Kamera OPPO Reno4


Teknogav.com - Pada 31 Juli lalu, Teknogav.com telah mengulas mengenai prosesor dan perangkat lunak yang diusung OPPO Reno 4 pada pasar Indonesia. Segmen pasar Reno4 adalah mereka yang kisaran usianya 20-30 tahun dengan pendapatan menengah ke atas dan pendidikan menengah ke atas. Selain para pekerja kantoran, OPPO Reno4 juga ditujukan bagi pelajar yang mengikuti tren. Kini OPPO Reno4 telah resmi diluncurkan dengan harga Rp4.999.000. Mari simak desain dan keunggulan kamera yang diusung Reno4.

Pada umumnya, perilaku dari segmen pasar tersebut senang merekam dan berbagi keseharian mereka. Selain itu mereka juga fokus pada hal-hal baru dan suka menonton video dan bermain game. Berdasarkan hal tersebut, OPPO menghadirkan Reno4 dengan desain yang trendi dan fokus pada kemampuan kamera smartphone.

Desain OPPO Reno4

Perbandingan dimensi OPPO Reno4 dan OPPO Reno3
OPPO Reno4 dirancang agar tetap ringkas dengan ketebalan hanya 7,7 mm dan ringan dengan bobot 165 gram. Dimensi tersebut lebih tipis dari Reno3 yang ketebalannya 7,9 gram dan lebih ringan 5 gram dibandingkan Reno3. Perancangan yang dilakukan tim riset dan pengembangan ditujukan agar lebih ergonomis saat digenggam. Reno4 juga memakai Hiden Fingerprint Unlock 3.0 yang tebalnya hanya 0,27 mm.

OPPO Reno4 Space Black dan Galactic Blue
Saat diluncurkan nanti Reno4 tersedia dalam dua warna pilihan, yaitu Galactic Blue dan Space Black. Galactic Blue memiliki tekstur matte yang berkilau dan tampak premium berkat banyak lapisan dengan campuran warna biru. Pada warna Space Black yang gelap, cover belakang tetap terlihat mengilap ketika terkena efek cahaya. Logo OPPO berupa monogram disematkan di bagian bawah yang memberikan kesan elegan. Penampang bagian belakang smartphone ini juga diperkuat dengan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Kamera OPPO Reno4

Konfigurasi Kamera OPPO Reno4

Kendati tampak hanya terdiri dari tiga kamera, sebenarnya kamera utama Reno4 menggunakan konfigurasi empat kamera. Kamera tersebut disematkan pada bingkai persegi panjang yang tampak sedikit menonjol di bagian belakang sehingga terlihat futuristik.

AI Color Portrait Mode

Contoh foto dengan fitur AI Color Portrait Mode
Fitur AI Color Portrait Mode bisa digunakan untuk memotret atau pun merekam video. Efek yang ditimbulkan fitur ini adalah membuat latar belakang menjadi hitam dan putih, namun menjaga warna sebenarnya pada objek manusia. Hasil foto dan rekaman video terlihat berseni dengan warna yang jelas dan kontras, tentunya akan menjadi tren di kalangan anak muda.

Monochrome Video

Tiga jenis filter video digabungkan menjadi video monokrom untuk menambah efek mirip film layar lebar. Efek ini hanya mempertahankan warna merah, hijau atau biru dari objek, sedangkan sekitarnya berwarna hitam dan putih. Ketika ingin merekam pun bisa melakukan pratinjau terlebih dahulu secara real-time sebelum melakukan perekaman yang sesungguhnya.

Night Flare Portrait

Contoh foto dengan fitur Night Flare Portrait
Algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh mendukung fitur Night Flare Portrait untuk menghasilkan efek neon di latar belakang foto. Efek ini terasa jelas saat memotret di suasana yang penuh gemerlap lampu perkotaan, sehingga objek foto terlihat lebih cerah.

960fps Smart Slow Motion

Sebanyak 960 frame bisa ditangkap dalam satu detik dengan fitur 960 fps Smart Slow Motion. Fitur ini bisa menangkap bidikan gerak lambat di tengah video aksi berupa ekspresi mikro sepersekian detik atau percikan air dan bubuk bewarna. Kamera belakang Reno4 juga bisa merekam video gerakan lambat dalam 480fps @ 1080P, 240fps @ 720P, dan 120fps @ 1080P. Sementara kamera depan Reno4 dapat merekaml video gerak lambat dalam 240fps @ 720P dan 120fps @ 1080P.

Ultra Steady Video 3.0

OPPO menghadirkan mode ultra steady pertama kalinya di kamera depan pada Reno4 yang menggunakan algoritma Electronic Image Stablization. Front Ultra Steady Video juga bisa menggunakan sebagian besar filter pada 30fps @ 720P dan 30fps @ 1080P. Selain itu juga bisa menggunakan bokeh dan fitur percantik video di 30fps @ 720P.  Kegiatan berintensitas tinggi dapat direkam dalam hasil video yang stabil dengan Ultra Steady Video 3.0 yang menggunakan penyempurnaan stabilisasi gambar. Kamera belakang dilengkapi Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro untuk merekam video lebih stabil ketika bersepeda ataupun lari.


Ultra Dark Mode dan Ultra Night Selfie Mode

Contoh foto dengan fitur Ultra Dark Mode

Pemotretan di suasana temaram dengan kamera belakang pun bisa menghasilkan hasil foto yang jelas berkat fitur Ultra Dark Mode. Kamera akan otomatis menerangi lingkungan yang gelap sehingga foto tampak cerah dan jelas walau hanya 1 lux cahaya. Satu lux cahaya ini stara dengan sebatang lilin yang menyala di ruangan gelap. Swafoto di malam hari pun bagus hasilnya berkat fitur Ultra Night Selfie Mode pada kamera depan 32 MP. Fitur ini akan mencerahkan lingkungan kurang cahaya dan objek foto, terutama di bagian wajah.


Ultra Clear 180MP Image

Contoh foto dengan fitur Ultra Clear 108 MP
Saat memotret di siang hari, kamera pada Reno4 dapat menghasilkan foto sampai 108 MP dengan algoritma resolusi tinggi. Foto tersebut akan menonjolkan gambar dengan tingkat retina untuk menangkap detiail dan tekstur yang kaya seperti memotret makanan secara close-up.


SoLoop

Penyuntingan video pun mudah dilakukan dengan SoLoop, perangkat lunak penyunting video pintar yang merupakan bawaan dari ColorOS 7.2. Berbagai fitur menarik yang diperbarui akan mempermudah pembuatan video hanya dalam sekali ketuk. Aplikasi ini juga menyediakan editor musik yang otomatis memotong rekaman dan melakukan sinkronisasi dengan perubahan melodi musik. Hal ini dilakukan SoLoop dengan algoritma AI yang dengan pintar memilih bagian paling menarik pada potongan video.

Demikianlah beberapa fitur andalan yang disung Quad Camera dan kamera depan OPPO Reno4, berikut ini spesifikasi dari smartphone tersebut.

Harga dan Ketersediaan

Pre-order OPPO Reno4 sudah dimulai sejak hari ini, 6 Agustus 2020 dan akan ditutup pada 14 Agustus 2020. Pada pemesanan selama periode tersebut, pembeli akan mendapat bonus berupa smart bracelet, bluetooth headset dan smartphone standing holder. Total hadiah yang akan diperoleh konsumen tersebut sebesar Rp1 juta. Selain itu tersedia juga tambahan kuota Telkomsel TAU sampai 30 GB. Penjualan perdana smartphone ini akan dimulai pada 15 Agustus 2020.

Spesifikasi OPPO Reno4

Dimensi
16,3 mm × 73,9 mm× 7,7 mm
Bobot
165 gram
Layar
AMOLED 6.4''
Dual Punch-hole Display
screen ratio: 20:9;
resolution FHD+: 2400 x 1080;
PPI: 409
Protection
Front: Corning® Gorilla® Glass 5
Back: Corning® Gorilla® Glass 3
Platform
Qualcomm Snapdragon 720G SoC, 2,3 Ghz,
proses pabrikasi 8 nm
RAM
LPDDR4x 8 GB
Media Penyimpanan
128 GB (dapat ditambah dengan micro SD sampai 256 GB)
Jaringan
4G, VoLTE supported
SIM Card
Dual Nano SIM Card
Pengisian daya cepat
30W VOOC 4.0
4015 mAh (penuh dalam 57 menit)
Sensor sidik jari
Hidden Fingerprint Unlock 3.0
Kamera Belakang
48MP High-Definition Main Camera, 1/2" Sensor, F1.7
8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4" Sensor, F2.2
2MP Macro Camera, 1/5" Sensor, F2.4
2MP Mono Camera, 1/5" Sensor, F2.4
Kamera Depan
32MP Single Camera, 1/2.74" Sensor, F2.4
Fitur Sensor Smart AON Depan
Smart Spying Prevention
Smart Air Control
Smart Always on Display
Fitur Kamera Belakang 
Ultra Steady Video 3.0
Ultra Dark Mode
Ultra 108MP Clear Image
AI Color Potrait Mode
Monochrome Video
Slow Motion : 960fps@720P, 480fps@1080P, 240fps@720P, and 120fps@1080P
Fitur Kamera Depan
Ultra Steady Video
Ultra Night Selfie
AI Color Potrait Mode
Slow Motion : 240fps@720P and 120fps@1080P
Front Ultra Steady Video : work with most filters at 30fps@720P and 30fps@1080P, and with bokeh and beautification at 30fps@720P
Antarmuka
ColorOS 7.2 berbasis Android 10
Fitur-fitur Sistem Operasi
Super Power Saving Mode
Super Night Time Standby
Icon Pull Down gesture
Quick Return Bubble
Gravity Wallpaper
OPPO LAB
Warna
Space Black/Galactic Blue

Share:

Follow by Email