Terus Catatkan Pertumbuhan Positif, Laju Pertumbuhan realme Tercepat di Dunia Terus Catatkan Pertumbuhan Positif, Laju Pertumbuhan realme Tercepat di Dunia ~ Teknogav.com

Terus Catatkan Pertumbuhan Positif, Laju Pertumbuhan realme Tercepat di Dunia

Teknogav.com - Laporan semester pertama tahun 2020 realme baru saja dirilis. Tampak tingkat pertumbuhan realme di tahun 2020 terus positif, dengan angka 11% pada Q2. Sementara secara year-on-year, realme mengalami pertumbuhan sebesar 157%. Prestasi ini menjadikan realme sebagai brand teknologi dengan pertumbuhan positif dua digit. Berdasarkan riset Counterpoint, realme juga menjadi brand smartphone dengan perkembangan tercepat di dunia selalma empat kuartal berturut-turut.

Data penelitian Counterpoint Research dan IDC juga menunjukkan pertambahan 15 juta pengguna baru realme di seluruh dunia pada H1 2020. Jumlah pengguna global realme pun melampaui angka 35 juta per awal Mei 2020. Angka tersebut kembali mengalami peningkatan sebesar 5 juta dalam dua bulan menjadi 40 juta. Target yang ditetapkan realme selama dua sampai tiga tahun ke depan adalah meraih 100 juta penjualan smartphone.
Prestasi realme
“realme berdiri sejak tahun 2018, dan kini sudah meraih 40 juta pengguna. Pencapaian ini berkat tim realme yang terdiri dari individu-individu yang kuat, muda dan menyeluruh secara global. Usia rata-rata anggota tim realme adalah 29 tahun, ini menunjukkan keberanian mereka melompat ke depan. Mereka juga membuktikan eksistensi kekuatan kaum muda di pasar yang kompetitif,” ucap Li Bingzhong, CEO realme.

Ekspansi dan Peringkat realme

Ekspansi yang dilakukan realme pada awal Januari sudah mencapai 27 negara di dunia. Hanya dalam setengah tahun, realme melakukan ekspansi bisnis sampai mencapai 59 negara di luar Amerika Utara. Kini realme menduduki peringkat lima besar di berbagai segmen pasar. Pencapaian ini sesuai komitmen realme yang selalu melihat kebutuhan pasar dan kemampuan pengembangan produk yang kuat. Selain itu realme juga mempunyai proses  binis yang pendek, fokus pada e-commerce dan model bisnis aset ringan.

Pada beberapa negara di Asia Tenggara, realme juga menduduki posisi lima besar yang dicapai hanya dalam waktu setahun. Beberapa negara tempat realme mencetak prestasi tersebut mencakup Filipina, Indonesia, Myanmar, Thailand dan Vietnam. Agresifnya ekspansi realme tampak jelas di Kamboja, dengan meraih posisi lima besar dalam waktu satu kuartal saja. Jangkauan negara-negara tersebut melampaui 80% pasar smartphone di Asia Tenggara. realme pun telah menjadi pemain terkemuka di Asia Tenggara.

Hebatnya lagi, realme bahkan dapat bertahan di peringkat lima teratas di pasar India dalam waktu yang lama. Sementara itu posisi posisi empat besar diraih realme di pasar Mesir hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Persaingan realme di pasar 5G pun sangat sengit dengan meluncurkan realme X50 Pro. Smartphone tersebut menjadi pelopor smartphone 5G dengan harga kurang dari USD1.000 di India, Kamboja dan Thailand.

Strategi Smartphone + AIoT

Ketika perekonomian menurun akibat dampak pandemi Covid-19, realme berhasil meluncurkan berbagai produk AIoT di tahun 2020. Peluncuran produk AIoT tersebut sebagai penerapan strategi ‘Smartphone + AIoT’ yang diterapkan realme di tahun ini. Targetnya, lebih dari 100 produk AIoT akan dihadirkan di tahun mendatang.

Strategi AIoT realme di tahun 2020 didefinisikan dengan “1+4+N”. Maksud strategi ini untuk menambah portofolui pada produk smartphone dan AIoT. Rumusan 1 mengacu pada satu produk inti smartphone. Lalu angka 4 merupakan empat kelompok utama perangkat AIoT pendukung gaya hidup, yaitu speaker, earphone, smartwatch dan TV. Produk pelengkap tersebut juga mencakup ‘N’ yang berupa aksesori pintar lain. Tujuan strategi tersebut adalah untuk menjadi merek AIoT dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Visi dan tujuan realme
Di India, realme menjadi pendatang baru pasar audio pada kuartal pertama tahun 2020. Berdasarkan riset Canalys, realme berhasil meraih posisi ketiga yang membuktikan kualitas produknya.

“Saat kami terus membangun kinerja kami untuk bisa menjual 100 juta smartphone dalam 3 tahun sejak didirikan. Kami berencana untuk melanjutkan rencana ekspansi internasional kami, di mana kami yakin akan mengalami pertumbuhan yang besar. realme telah berkembang dengan baik di hampir 60 negara dan wilayah yang berbeda. Ini merupakan bentuk konkrit misi dan strategi kami mengajak kaum muda untuk Dare to Leap di luar batas mereka,” lanjut Li Bingzhong.

Inovasi pun dilakukan pada produk realme pada dunia desain. Hal ini dilakukan dengan kolaborasi yang dilakukan realme Desain Studio dengan desainer terkemuka dunia pada tahun 2020. Para desainer tersebut adalah Naoto Fukasawa dan José Lévy sebagai Cooperated Designer of Hermès. Kolaborasi tersebut ditujukan untuk menghasilkan trendsetting design terbaru pada produk realme.

Red Dot Design Award pun diraih realme untuk produk realme X2 Pro Master Edition. Smartphone tersebut menjadi penantang baru dalam persaingan dengan merek-merek smartphone lainnya. Komitmen realme tak hanya pada desain, tetapi juga menciptakan trendsetting technology dan menjadi pelopor teknologi di bidang pengisian daya cepat. Hal ini dilakukan dengan meluncurkan pengisian daya cepat 125 W pertama di dunia.
Share:

Artikel Terkini