Gelar Virtual Career Fair, Niagahoster Ungkap Pengelolaan Talenta Digital Gelar Virtual Career Fair, Niagahoster Ungkap Pengelolaan Talenta Digital ~ Teknogav.com

Gelar Virtual Career Fair, Niagahoster Ungkap Pengelolaan Talenta Digital


Teknogav.com - Niagahoster Virtual Career Fair digelar pada 28-30 Agustus 2020. Pada ajang ini akan digelar serangkaian acara yang mencakup seminar dan konseling karir yang dilakukan secara virtual. Acara ini digelar untuk menarik minat paara talenta mudah digital untuk bergabung. Niagahoster juga berbagi insight bagi masyarakat, perusahaan dan instansi lain mengenai pengelolaan talenta di masa pandemi.

Peningkatan Kebutuhan Go Online

Ketika pandemi COVID-19 melanda  dunia, banyak bisnis yang go online dan juga menerapkan kebijakan work from home (WFH).  Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja, Imigrasi dan Energi DKI Jakarta bulan Maret 2020, lebih dari 1 juta pekerja melakukan WFH. Tentu saja hal ini membuat kebutuhan go online meningkat,
peningkatan pelanggan Niagahoster

Niagahoster merupakan perusahaan penyedia layanan web-hosting, domain dan server untuk menyimpan data-data website agar bisnis dapat go online. Tentu saja sebagai perusahaan penyedia layanan yang bergerak di bidang teknologi informasi, Niagahoster mengalami peningkatan permintaan pelanggan. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Niagahoster harus menambah pasukan sumber daya manusi mereka.

“Kami menerapkan 100% online hiring, on-boarding, dan working. Ini berlaku untuk semua calon karyawan dan karyawan yang bekerja saat ini.” ucap Rheinjani Dora, Head of People and Office Operation Niagahoster.


Peningkatan Angka Pengangguran

Di sisi lain perusahaan-perusahaan lain mengalami pengurangan permintaan, sehingga harus melakukan efisiensi, termasuk mengurangi jumlah karyawan. Sampai bulan April 2020, tercatat lebih dari 1,9 juta pekerja di-PHK. Beberapa karyawan yang masih tetap bisa bekerja pun mengalami pengurangan gaji demi efisiensi perusahaan.
pandemi COVID-19 berdampak pada PHK
Berdasarkan data Bappenas, angka pengangguran terbuka diperkirakan akan naik 4-5,5 juta orang. Permerintah pun melakukan upaya untuk mempersiapkan SDM yang terampil dan bersaing, termasuk dengan meluncurkan Kartu Prakerja. Tantangan mengelola talenta di internal perusahaan secara adaptif dan inovatif pun menjadi tantangan bagi sektor industri.

Pada April-Juni 2020, Niagahoster menerima 7.500 dokumen curriculum vitae (CV), angka tersebut meningkat 40% dari biasanya. Peningkatan tersebut tentunya menunjukkan betapa ketatnya persaingan.
ketatnya persaingan kerja

Kendala Saat WFH

Kendati beberapa perusahaan masih bisa melanjutkan usahanya dengan menerapkan WFH, ternyata WFH memiliki tantangan tersendiri. Weforum mengutip data organisasi buruh internasional atau International Labour Organization (ILO) tahun 2017 mengenai persentase tingkat stress pekerja jarak jauh. Pada kutipan tersebut diungkapkan bahwa 41% pekerja jarak jauh memiliki tingkat stress tinggi dibandingkan dengan pekerja kantoran yang hanya 25%.

Baik karyawan maupn perusahaan menghadapi tantangan untuk menjadikan rumah sebagai tempat kerja yang nyaman dan produktif. Niagahoster sendiri sudah menerapkan 100% remote working, bahkan 48% karyawan mereka berada di luar Yogyakarta, padahal basis mereka di Yogyakarta.

“Empati, adaptasi, dan over komunikasi adalah kunci utama pengelolaan karyawan di masa pandemi hingga new normal. Para stakeholders perusahaan harus memahami karyawan dari sisi personal, tidak hanya professional,” lanjut Rheinjani Dora.

Dua fokus utama perusahaan dalam menerapkan WFH adalah produktivitas dan emosional karyawan. Hal tersebut dapat ditangani dengan melakukan upaya aktif seperti penyediaan layanan psikolog, kegitan bincang santai virtual, karaoke online dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu untuk menghilangkan kejenuhan saat bekerja di rumah.

Niagahoster merasa masa pandemi merupakan saat yang tepat bagi industri untuk berbenah, baik dari sisi penyerapan tenaga kerja sampai pengelolaannya.  Nah, bagi yang ingin ikut serta dalam Virtual Career Fair ini, bisa mendaftarkan diri melalui http://bit.ly/REGISTRASINVCF3.

“Pandemi menyadarkan kita bahwa peran industri bukan hanya untuk menyerap tenaga kerja, tetapi juga mengembangkan dan mengelola karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut,” ucap Ayunda Zikrina, Head of Brand & Reputation Management Niagahoster.

Kontribusi Perusahaan TI

Selama pandemi, perusahan TI juga bisa berkontribusi untuk menggerakkan pereokonomian dengan melakukan hal-hal berikut:
  1. Membantu bisnis untuk mampu go online
  2. Menyerap tenaga kerja
  3. Mendorong  employee capacity building di dalam perusahaan
Beberapa hal yang sudah dilakukan Niagahoster untuk masyarakat mencakup:
  1. Kampanye #DiRumahAja melalui media sosial, membantu promosi usaha milik pelanggan Niagahoster
  2. Menggelar event online seperti Niagahoster Lite Bites, Kelas WhatsApp Niagahoster, Webseries dan lain-lain
  3. Menghasilkan artikel blog dan video untuk membantu semua orang meraih kesuksesan online untuk bisnisnya
Share:

Follow by Email