Huawei Digital Payment Cloud Solution Dukung Ekosistem Pembayaran Terpusat Huawei Digital Payment Cloud Solution Dukung Ekosistem Pembayaran Terpusat ~ Teknogav.com

Huawei Digital Payment Cloud Solution Dukung Ekosistem Pembayaran Terpusat


Teknogav.com - Salah satu komitmen Huawei adalah mempercepat peningkatan inklusi finansial digital di pasar yang sedang berkembang. Komitmen tersebut diwujudkan dengan inovasi terkini berupa Digital Payment Cloud Solution. Huawei merancang solusi ini untuk membantu penyedia layanan pembayaran digital dalam membangun ekosistem pembayaran terpusat di super app.


“Berdasarkan laporan GSMA, penggunaan mobile money atau uang ponsel sudah berkembang 10 tahun dan mencapai 1 miliar pengguna terdaftar. Kendati demikian sistem pembayaran menggunakan ponsel di kalangan pedagang atau merchant masih dalam tahap awal. Kunci keberhasilan bisnis pembayaran dengan ponsel bergantung pada ekosistem. Super app adalah platform kritikal dan titik untuk merangkul mitra-mitra ekosistem dan menyediakan marketplace merchant yang efisien. Digital payment cloud dari Huawei dirancang untuk menyediakan platform pembayaran dan super app. Solusi ini membantu operator pembayaran ponsel membangun ekosistem dengan cepat dan efisien,” ucap Ryan Wu, Director Software Marketing & Solution Sales Dept. Huawei.

Tiga Aspek Manfaat Huawei Digital Payment Cloud Solution

Para penyedia layanan digital dapat memperoleh nilai manfaat dari solusi cloud untuk pembayaran digital yang dikembangkan Huawei. Tiga aspek manfaat nilai manfaat tersebut adalah:
  • Pengalaman digital yang memungkinkan untuk membuka data transaksi oleh pengguna secara real-time berkat arsitektur digital yang digunakan. Pengguna dan merchant dapat merasakan manfaat ini secara langsung. Risiko pun bisa dikendalikan secara real-time berkat kapabilitas analisis berbasis AI yang mampu mengidentifikasi transaksi-transaksi palsu dan menghindari risiko cash-out.
  • Mempercepat kesiapan waktu (time-to-market) layanan dengan adanya ekosistem terbuka. Solusi ini menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi atau application protocol interface (API), H5, mini apps dan teknologi-teknologi UI bricks. Komponen-komponen tersebut memungkinkan para mitra dapat menghadirkan layanan super app hanya dalam waktu seminggu. Kampanye pemasaran pun mulai dari penyusunan ide sampai peluncuran bisa dilakukan hanya dalam waktu tiga minggu.
  • Iterasi yang gesit dapat dilakukan dengan platform cloud native. Solusi ini mendukung auto-scaling, container atau micro-service, grayscale release dan memampukan terlaksananya update perangkat lunak dalam hitungan hari.
Salah satu solusi yang berhasil digarap adalah KBZ Pay di Myanmar sebagai hasil kolaborasi Huawei dengan KBZ Bank. Solusi ini telah memiliki 6 juta pengguna yang terdaftar hanya dalam 18 bulan. Ekosistemnya mencakup 1000 mitra dan lebih dari 290 merchant. Total transaksi di KBZ Pay ini sudah mencapai lebih dari USD1 miliar atau sekitar Rp14,7 triliun. Jumlah tersebut menjadikan KBZ berada di posisi puncak daftar penyedia layanan pembayaran digital di Myanmar.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email