Elac Adante, Speaker dengan Konsep Interport Coupled Cavity Elac Adante, Speaker dengan Konsep Interport Coupled Cavity ~ Teknogav.com

Elac Adante, Speaker dengan Konsep Interport Coupled Cavity


Teknogav.com - Elac Adante adalah seri speaker rilisan perusahaan asal Jerman yang dikategorikan dalam speaker Stereo dan Home Theater. Speaker hasil karya perancang terkenal, Andrew Jones ini memiliki rancangan yang rumit. Pada kabinet terdapat rongga-rongga dan lubang udara internal yang menurutnya memberikan kinerja yang unggul dalam reproduksi nada rendah. Tantangan dalam industri loudspeaker adalah cara membuat speaker dengan desain baru, namun memiliki harga yang masih terjangkau. Ini yang membuat Jones bekerja dengan tolak ukur baru dan solusi tanpa kompromi.
desain rongga pada kabinet Elac Adante

Setiap kabinet Adante memisahkan kerja tweeter dan mid-range dalam ruangan tersendiri. Dua woofer aktif dan pasif dipasang bersamaan dalam ruangan berbeda, yang menggunakan dua port sebagai ventilasi. Ini merupakan hal yang sangat rumit dari perancangan dan penghitungan pada speaker ini.

Pria yang aktif di beberapa forum online ini menyebut konsep dari karyanya adalah Interport Coupled Cavity. Konsep tersebut menggunakan kabinet dengan lubang udara di dalam. Lalu mengapa memakai lubang udara di dalam? Nah, menurut Jones lubang udara di luar akan menghasilkan kebisingan dan distorsi ketika speaker bergerak melebihi kemampuannya. Berdasarkan pendapatnya tersebut, dia pun merancang speaker ini dengan lubang udara di dalam pada kabinet.

Woofer yang aktif justru dipasang di dalam kabinet, sehingga yang terlihat di luar adalah woofer pasif atau pasif radiator. Lubang angin mengalirkan energi bass dari belakang woofer aktif ke woofer pasif di depannya. Kinerja ini memberikan informasi nada rendah yang bulat, definitif dan extended. Semua hal rumit ini tersimpan "rahasia" dalam kabinet. Tidak nampak di mata tapi jelas di telinga.
Dual Woofer Aktif dan Pasif

Kinerja superior speaker Adante ini ditunjang dua woofer baru yang menyajikan kinerja frekuensi rendah yang luar biasa pada solusi kabinet dan driver yang tak rumit. Kedua woofer dirancang khusus untuk dapat bekerja dalam kabinet dengan desain Interport-Coupled Cavity ini. Woofer pertama merupakan driver aktif berukuran 6,5 inci dengan tanggapan frekuensi lebar. Driver aktif tersebut didampingi dengan radiator pasif 8 inci yang ringan.

Speaker konsentris ganda ini terdiri dari tweeter dan midrange berukuran 5,25 inci yang terbuat dari aluminium murni. Penggunaan aluminium murni pada midrange ini untuk memaksimalkan kekakuan dengan pewarnaan suara yang paling rendah. Kumparan 2 inci digunakan untuk menghasilkan tingkat keluaran lebih besar dan sensitivitas lebih tinggi dibandingkan desain konsentris yang lebih kecil. Ukuran kumparan yang 2 inci ini juga menyediakan ruang lebih untuk menempatkan tweeter rancangan baru di tengah.

Desain soft-dome pada tweeter menggunakan bahan kain baru dan menggunakan surround yang lebar. Hasilnya adalah keluaran dengan treble rendah yang lebih baik, frekuensi crossover dan resonansi lebih rendah. Keseluruhan sasis driver konsentris ini diisolasi secara mekanis dari driver lain dan kabinet Adante sendiri. Isolasi tersebut dilakukan dengan mounting anti-vibrasi yang menyingkirkan transmisi vibrasi di sepanjang loudspeaker.
Dual Konsentris Tweeter dan Midrange
Terminal keluaran speaker ini menggunakan model bi-wiring sehingga memungkinkan untuk mencoba pengalaman dengan berbagai macam kabel dan amplifier. Adante adalah produk besutan Elac yang mampu mereproduksi kebutuhan akan Stereo atau Home Theatre dengan sama bagusnya.

Terminal Multikabel

Spesifikasi Elac Adante AF-61 

Jenis Speaker
3-way, interport-coupled cavity
Tweeter
1 x soft dome 1 inci yang dipasang secara konsentris
Midrange
1 x cone aluminium 5,25 inci
Woofer
3 x cone aluminium 6,5 inci yang dipasang internal 
Radiator Pasif
3 x cone aluminium 8 inci
Frekuensi crossover
200 Hz/2.000 Hz
Rentang frekuensi
39 - 35.000 Hz
Sensitivitas
87 dB pada 2,83 v/ 1 meter
Daya amplifier yang disarankan
50 sampai 160 wpc
Peak Power Handling
160 wpc
Impedansi
6 ohm
Binding post
Dua pasang 5-way metal
Polesan akhir kabinet
Gloss Black, Gloss White, Rosewood Veneer
Aksesori
Binding post straps, manual, gloves, outrigger plate, spikes
Dimensi (W x H x D)
9,6 x 52,34 x 15,67 inci
Bobot
45,8 kg
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email