RAI Ganesha One, Speaker Perdana Persembahan Rumah Audio Indonesia RAI Ganesha One, Speaker Perdana Persembahan Rumah Audio Indonesia ~ Teknogav.com

RAI Ganesha One, Speaker Perdana Persembahan Rumah Audio Indonesia


Teknogav.com - Tepat pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-75, Asawendo Swissrianto sang pendiri Rumah Audio Indonesia (RAI) meluncurkan speaker perdananya. Mini monitor ini diberi nama RAI Ganesha One atau disingkat RAI-G1 yang dibaca sebagai Jiwan. Arti dari Jiwan sendiri adalah hidup atau eksistensi.  Peluncuran speaker hasil kreasi bangsa tersebut juga dilakukan secara online melalui Facebook Live akun Asawendo.

RAI-G1 hadir dalam dua versi, yaitu edisi classic dan deluxe. Edisi classic hadir dalam gaya retro vintage yang cocok untuk interior klasik. Polesan akhir dari speaker ini dibuat dari wood veneer atau kayu lapis berkualitas tinggi. Sementara edisi deluxe tampak elegan yang cocok untuk ruang dengan interior modern minimalis. Polesan akhir edisi deluxe ini menggunakan cat mobil berkualitas tinggi. Warna default dari edisi deluxe ini adalah merah dan putih, tetapi pelanggan bisa memilih warna lain sesuai selera.
RAI-G1 edisi classic
Asawendo mendedikasikan RAI-G1 bagi para pecinta musik dan memahami kualitas suara. Speaker tersebut dirancang untuk menghadirkan reproduksi musik yang hidup, terutama di area midrange dengan kualitas suara yang alami. Dimensi kedua varian tersebut memang sedikit berbeda. RAI-G1 edisi classic tampil lebih pendek dan lebar dengan dimensi 300 mm x 190 mm x 230 mm. Sedangkan RAI-G1 edisi deluxe sedikit lebih tinggi dan ramping dengan dimensi 340 mm x 130 mm x 200 mm.
Grafik tanggapan frekuensi RAI-G1, edisi classic sebelah atas dan edisi deluxe sebelah bawah

Driver Ganesha 8 ohm

Jeroan dari RAI-G1 menggunakan driver Ganesha hasil rancangan DR. Rishi S. Gurbani dari R.G Sound Labs. Beliau mengenyam pendidikan doktoral dari University of Manchester Science and Technology, Inggris. Beberapa driver OEM pabrikan loudspeaker home audio dan car audio speaker pun telah digarap oleh beliau.
Driver Ganesha 8 ohm
Driver Ganesha 8 ohm ini memiliki desain konsentris yang dirancang dari hasil penelitian dan pengembangan yang panjang. Pembuatannya dilakukan selama dua tahun. Maksud dari desain konsentris adalah penempatan sumbu axis woofer dan tweeter pada satu titik sumbu yang sama. Driver dengan desain demikian biasanya menghasilkan suara yang koheren dan tak banyak mengalami kesalahan phase.

Rentang frekuensi driver ini adalah 100 Hz - 20.000 Hz dengan impedansi 8 ohm. Sensitivitasnya 86,4 dB 1 watt pada 1 meter. Bagi pecinta audio yang ingin merancang speaker sendiri pun bisa membeli driver Ganesha ini. Berikut ini adalah spesifikasi dari driver Ganesha 8 ohm.

Desain driver Ganesha 8 ohm

Harga dan Cara Pembelian

dari kiri ke kanan - Hendra dari Audio Note Indonesia dan Asawendo, pendiri komunitas RAI
RAI-G1 dibanderol dengan harga Rp17.450.000 per pasang, baik untuk edisi classic maupun deluxe. Penjualan dilakukan dengan sistem pre-order dengan masa produksi satu bulan. Bagi pembeli pertama bisa mendapat bonus berupa kabel loudspeaker dari Audio Note. Rencananya pemesanan juga dibagi dalam beberapa batch dan dibatasi hanya lima pasang per batch.
serial number dan tanda tangan keautentikan di speaker RAI - G1

Bagi yang tertarik untuk membeli driver Ganesha 8 ohm, maka harga yang dibanderol adalah Rp10.475.000 per pasang. Harga tersebut sudah termasuk dengan crossover bawaannya. Baik speaker mapun driver yang dijual ini dijamin dengan garansi selama satu tahun. Pemesanan dapat dilakukan melalui WhatsApp ke nomor 0822-9174-1745. Setiap speaker tersebut memiliki nomor seri khusus dan tanda tangan sang kreator sebagai tanda keautentikannya. Sebelum diluncurkan, sudah ada tiga speaker yang terjual dari beberapa kota berbeda di Indonesia, yaitu Mataram, Tangerang dan Jakarta.
Share:

Follow by Email